Menu

Minggu, 08 September 2019, 12:44 WIB

Melihat Semangat Alumni Fakultas Kedokteran Unpad Bersih-bersih Pantai Cibuaya Sukabumi

Alumni Fakultas Kedokteran Unpad Bandung angkatan 1985 melaksanakan bersih-bersih pantai di Pantai Cibuaya, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Minggu (8/9/2019). | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Alumni fakultas kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung 1985 melaksanakan bersih-bersih Pantai Cibuaya, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Minggu (8/9/2019). Tak sekedar baksos, alumni kedokteran Unpad 1985 ini juga membangun MCK di pantai tersebut. 

Kegiatan bersih-bersih ini melibatkan pelajar SMAN 1 Ciracap, anggota Posmat TNI AL Ujunggenteng, anggota FKPPI kemudian Balawista 014 Cibuaya serta unsur Pemerintah Desa (Pemdes) Pangumbahan serta jajaran guru dan siswa SDN Cipaku.

BACA JUGA: UPTD PU Jampang Kulon Bersih-bersih Pantai Sukabumi Selatan

Ketua panitia kegiatan, Rudi Wisaksana, menyatakan yang menjadi sasaran dalam kegiatan bertema 'Save Earth' ini  adalah sampah di tepi pantai terutama sampah plastik. 

Dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung ini menuturkan Indonesia merupakan penghasil sampah plastik peringkat kedua terbesar dunia, maka dari itu kegiatan bersih-bersih pantai ini sekaligus mengkampanyekan gerakan mengurangi sampah plastik.

Kegiatan dilaksanakan di Pantai Cibuaya, sebab daerah yang masuk wilayah Geopark ini merupakan binaan Alumni fakultas kedokteran Unpad. Sehingga mereka merasa bertanggungjawab untuk menjaganya. Terlebih ada alumni kedokteran Unpad 1985 ini yang menjadi perwakilan untuk komunikasi perkembangan Desa Pangumbahan.

BACA JUGA: Lagi, DLH Featuring Ribuan Masyarakat Bersihkan Sampah di Pesisir Pantai Loji

"Apalagi Desa Pangumbahan merupakan binaan kami. Dengan potensi wisatanya dan masuk wilayah Geoprak Ciletuh Palabuhanratu, tentunya harus bisa terbebas dari sampah plastik, hari ini pun kami melaksanakan baksos dengan memakai plastik yang bisa didaur ulang," jelasnya.

Selain aksi bersih pantai, alumni fakultas kedokteran Unpad 1985 ini juga membangun MCK di Pantai Cibuaya.

Selain bersih dari sampah, dengan adanya MCK yang dibangun alumni fakultas kedokteran Unpad ini, maka Pantai Cibuaya akan semakin nyaman untuk dikunjungi. "Selain itu kami pun sudah membangun MCK di Pantai Cibuaya yang sudah siap untuk dimanfaatkan. Lalu kami juga memberi lima sak semen untuk papan nama Pantai Cibuaya," ujar Rudi.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya