Menu

Minggu, 07 Juli 2019, 13:05 WIB

Lestarikan Sungai, Puluhan Ribu Benih Ikan Tawar Dilepas Liar di Tegalbuleud Sukabumi

Kapolsek Tegalbuleud bersama aparatur desa dan masyarakat menanam ikan di sungai Tegalbuleud. | Sumber Foto:Ragil Gilang.

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan ribu benih ikan air tawar jenis nilem dan tawes dilepas liar di sungai yang melintasi Desa Sumberjaya, Desa Tegalbuleud, Desa Calingcing serta Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi. Aksi ini dilakukan sejumlah komunitas peduli lingkungan dalam rangka HUT Bhayangkara ke 73.

Kapolsek Tegalbuleud AKP Djoko Supono, bahwa kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Dinas Kelautan dan Perikanan DKP Kabupaten Sukabumi dan warga setempat.  Aksi yang dilangsungkan disejumlah titik ini melepas liar, 18.000 benih ikan nilem dan tawes di Sungai Curug Dengdeng, Sungai Cigugel Desa Sumberjaya, serta Sungai Ciparanje Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud.

BACA JUGA: 23.000 Ikan Langka Disebar di Situ Zen Sukabumi

Sehari sebelumnya, Sabtu, (6/7/2019) dilepas liar 50.000 benih ikan nilam dan tawes dari Balai Besar Budidaya Air Tawar Kota Sukabumi, di Sungai Ciparanje Desa Tegalbuleud, Sungai Curug Dengdeng Desa Sumberjaya, Sungai Cibunguak dan Sungai Ciganggeng Desa Calingcing, Sungai Bulenglang Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud. 

Menurut Djoko, sebagai pelestarian alam masyarakat diminta lebih peduli terhadap lingkungan, khususnya keberadaan ikan air tawar agar masih bisa dinikmati oleh anak cucu dimasa yang akan datang.

BACA JUGA: Pelajar dan Ormas Tebar Benih Ikan di Sungai Cimahi Sukabumi

"Untuk masyarakat silahkan untuk memancing ikan tersebut seandainya sudah berusia 4 - 5 bulan, dan tidak diperbolehkan menangkap ikan dengan cara di strum, pakai jaring dan pakai racun (Menua), seandainya melabrak ketentuan tersebut nanti akan kena UU  lingkungan hidup, dan hukum adat berupa denda dengan membayar 1/2 kwintal benih ikan untuk ditanam ditanam di sungai, "pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya