Menu

28 Peb 2019, 15:45 WIB

Jelang Pemilu 2019, Dandim 0622 Sukabumi: Ayo Perangi Hoaks

Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Kolonel Inf. Haris Sukarman foto bersama warga, Kamis (28/2/2019). | Sumber Foto:Nandi.

SUKABUMIUPDATE.com - Jelang pemilihan umum (pemilu) 2019, Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Kolonel Inf. Haris Sukarman mengajak masyarakat perangi berita bohong atau hoaks.

Menurutnya perkembangan era teknologi informasi saat ini sedang berkembang pesat, arus informasi pun datang tak terbendung dari segala penjuru. Orang dengan mudah mengakses informasi di internet melalui smartphone, termasuk media sosial (medsos) baik Twitter, Facebook dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Perangi Berita Palsu, Tim Jabar Saber Hoaks Pakai AI

"Kecepatan media sosial ini mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita, baik itu berita benar ataupun berita yang mengandung unsur - unsur hoaks," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis (28/2/2019).

Oleh karena itu, Haris mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat yang berada di wilayah Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, dan Korem 061/Suryakancana untuk lebih cerdas dalam menggunakan atau memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini.

BACA JUGA: Dandim 0607, Tegaskan Intitusinya Harus Netral

"Lebih kritis dalam membaca dan menerima informasi, terutama dari internet ataupun media sosial. Selalu lebih memperhatikan judul, alamat situs atau sumber berita, data yang disebutkan, keaslian foto, serta legitimasi konten dari berita terkait. Tentu hal ini guna mencegah masyarakat terhasut isu hoaks ataupun ujaran kebencian," paparnya.

Sebagai Komandan Kodim 0622 Sukabumi dirinya merasa memiliki tanggung jawab moral untuk menciptakan situasi yang aman, damai dan harmonis. Apalagi menghadapi Pemilu 2019, untuk itu ia mengajak masyarakat memerangi penyebaran berita hoaks.

"Salah satunya tidak menyebarkan atau mudah terpengaruh dengan berita atau informasi yang tidak jelas kebenarannya, dengan cara di mulai dari diri sendiri, saat menerima berita dari media sosial sebaiknya selalu membudayakan "Terima, Saring, dan Share," pungkasnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Nonton drama di Netflix jadi salah satu aktivitas yang populer saat di rumah selama masa pandemi. Karena bikin penasaran, banyak orang yang nonton hingga semalam suntuk hingga...

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi kamu yang terlalu kesal dengan sistem matchmaking Mobile Legends, update anyar ini bisa meredam emosimu. Update teranyar pada patch 1.4.94 diklaim dapat menyelesaikan sistem yang sebelumnya...

SUKABUMIUPDATE.com - Menapaki Puncak Carstensz dan Puncak Jaya di Papua bisa jadi merupakan impian para pendaki. Kedua puncak tersebut merupakan puncak gunung tertinggi di Indonesia. Mengutip Tempo.co, Puncak Carstensz Pyramid...

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap orang memiliki waktu olahraga yang berbeda. Ada yang gemar olahraga pagi hari lantaran cuaca masih sejuk. Tapi tak sedikit memilih olahraga saat sore bahkan malam usai...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya