Tim Senam Poco-poco Asal Sukabumi Raih Juara Nasional

Selasa 18 Desember 2018, 10:21 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sekelompok ibu-ibu yang tergabung dalam tim Senam Poco-Poco Sanggar TSC Aerobic Sukabumi menorehkan prestasi membanggakan di tingkat nasional. Mereka berhasil mendulang piala juara II dalam Lomba Senam Poco-Poco Nusantara Tingkat Nasional ke-7 dan lomba senam poco-poco Guines World Record (GWR) memperebutkan Piala Ibu Negara. Lomba digelar di Sport Mall Kelapa Gading, Jakarta, Minggu (16/12/2018).

Tim terdiri dari sembilan orang. Diantaranya Yeti Sumiati (41 tahun) dan Astry Saripatunnissa (23 tahun) yang bertugas sebagai tim manager. Kemudian ada tujuh orang penari, yakni Ella Nurlaelasari(41 tahun), Yuliani Kania Resty (23 tahun), Yuliana Siti Rukmana (25 tahun), Nadya Putri Sari (22 tahun), Erni Maryani (38 tahun), Astri Damayanti (26 tahun) dan Rillah Khoerilah (38 tahun). Ella Nurlaelasari atau karib disapa Ella Eltox adalah leadernya.

"Awalnya kan ada share dari grup tim instruktur Poco-poco GWR. Disitu ada informasi lomba kreasi senam Poco-poco berbagai kategori. Berhubung kita dari kategori umum, kita bilatkan tekad ikut serta di kategori itu. Daftarnya sekitar tanggal 30 November kalau enggak salah. Itu belum latihan. Kita berembuk, daftar cari pengalaman," ungkap Ella saat diwawancarai sukabumiupdate.com, di Pendopo Sukabumi, Selasa (18/12/2018).

Mulanya, Ella dan kawan-kawan tak menyangka bakal menyabet juara II. Mereka harus bersaing bersama tim lain yang berdatangan dari seluruh pelosok nusantara.

BACA JUGA: Sambut Asian Games, Perwosi Kabupaten Sukabumi Ikut The Largest Poco-Poco Dance

Ella mengaku hanya melakukan persiapan seadanya tanpa bantuan dari pemerintah, atau pihak manapun. Ia dan timnya berangkat bermodalkan niat dan tekad yang kuat untuk ikut serta dalam perhelatan bergengsi tersebut.

"Pas begitu disebutkan tim kita yang dapat juara, langsung semuanya teriak, lompat kegirangan. Merinding pas dengar tim kita yang disebutkan jadi juara tingkat nasional. Sampai sekarang masih enggak percaya. Itu mungkin gunanya kita ikut technical meeting, supaya tahu apa yang harus dan tidak harus dilakukan pada saat penilaian," ulasnya.

Ella mengaku ini pencapaian yang sekaligus memecahkan rekor. Meski sering mengikuti perlombaan serupa di tingkat daerah maupun provinsi, namun ini kali pertama ia mendapat titel juara tingkat nasional.

BACA JUGA: Dosen dan Alumni FKIP UMMI Jadi Instruktur Guinness World Records Poco-Poco Dance 2018

Bahkan Ia mengaku sempat minder saat melihat persiapan tim lain yang terbilang cukup matang, ketimbang ia yang hanya berangkat sembilan orang naik satu mobil yang seharusnya diisi maksimal enam orang. Meski demikian, hal itu tak menyurutkan niatnya untuk menampilkan yang terbaik dan mengharumkan nama Sukabumi.

"Semua itu didampingi pelatihnya, kalau kita mah ya segini aja. Merangkap desainer kostum, koreografer, pelatih, penyusun musik dan lain sebagainya. Kita bikin kostum pakai bahan-bahan yang sudah ada, ditambah sedikit belanja properti. Bukan sempat lagi, kita mah minder. Tapi alhamdulillah, karena kita sudah sering ikut lomba, jadi bisa tetap percaya diri lah," ungkapnya.

Jerih payah mereka akhirnya membuahkan hasil dan mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono. Selasa siang, mereka bisa bertatap muka langsung dengan Adjo di Pendopo Sukabumi, seraya mencurahkan isi hati agar keberadaan mereka lebih diperhatikan oleh pemerintah. Kepada sukabumiupdate.com, Adjo mengaku turut bangga dan angkat jempol atas prestasi tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada TSC, sanggar senam yang berhasil mengharumkan nama Sukabumi. Bukan hanya menjadi juara, tapi juga mengharumkan nama Sukabumi. Semoga kedepan, komunitas-komunitas, sanggar senam yang lainnya bisa mengikuti apabila ada event-event seperti itu, baik di berbagai tingkatan. Selain menyalurkan minat, berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, sekaligus bisa membawa nama baik Sukabumi," pungkas Adjo.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 23:51 WIB

Tersambar Petir, Rumah di Nagrak Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi. Peristiwa terjadi setelah petir menyambar rumah tersebut.
Kondisi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi akibat tersambar petir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 April 2024, 23:23 WIB

Hujan Deras, Banjir Rendam Jalan Raya dan Belasan Rumah di Cidahu Sukabumi

Dipicu hujan deras, jalan raya dan belasan rumah terendam banjir di Pasirdoton Cidahu Sukabumi.
Kondisi jalan raya Cidahu Sukabumi dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)