Menu

Minggu, 16 Desember 2018, 06:05 WIB

Jangan Cuma Seruput, Anak Muda Sukabumi Harus Tahu Ragam Kopi Nusantara

Pecinta kopi sedang menikmati kopi gratis yang disediakan pegiat kopi Sukabumi di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Sabtu, (15/12/2018). | Sumber Foto:Muhammad Gumilang

SUKABUMIUPDATE.com - Para pegiat kopi Sukabumi memperkenalkan berbagai kopi asli Sukabumi kepada khalayak pecinta kopi di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Sabtu (15/12/2018).

Yuda, seorang pegiat kopi dari komunitas bernama brewtherhood.id menjelaskan, tujuan diselenggarakannya bagi-bagi minum kopi gratis ini agar masyarakat Sukabumi dapat lebih mengenal dan berbangga hati dengan salah satu hasil bumi yang sedang tren sekarang ini di kalangan anak muda yakni kopi.

“Kopi Sukabumi tak kalah enak dan mempunyai ciri khas yang unik tersendiri dibandingkan dengan biji kopi lainnya,” ungkap Yuda kepada sukabumiupdate.com.

Ia menambahkan, melalui acara ini, diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pegiat kopi dari mulai petani sampai dengan peminum kopi untuk bertemu dan berdiskusi tentang dunia perkopian yang ada di Sukabumi.

“Dari hulu ke hilir yah, ada petani, tukang roasting (proses menyangrai kopi -red) lalu pemilik kedai dan kafe kopi sampai ke para peminum dan penikmat kopi,” tambahnya.

BACA JUGA: Dengan Cara Ini Anak Muda Sukabumi Dilatih Jadi Barista Handal

Adapun komunitas pegiat kopi Sukabumi yang ikut memeriahkan bagi-bagi minum kopi gratis ini antara lain, Bumi Kopi, Sunda Coffee, dan Koffie Kibo.

“Jadi Brewtherhood dan Sukabumi Ngopi menaungi para pegiat komunitas kopi yang ada di sukabumi untuk hadir memeriahkan dan menyajikan sajian kopi yang nikmat bagi pengunjung,” tuturnya.

Di samping itu, Rizal salah satu pegiat kopi dari komunitas Sukabumi Ngopi, menuturkan, melalui acara ini juga, pihaknya ingin mensosialisasikan kembali budaya ngopi dari turun-temurun yang baik.

“Leluhur kita dahulu bikin kopi dengan biji kopi asli daerah masing-masing,” tuturnya.

BACA JUGA: Pesan Dibalik Tarian Upacara Adat Liliuran dan Ngahiras di Rampak Pajampangan 2018

Menurutnya, kopi asli Sukabumi tidak kalah dari segi kualitas dan rasa dengan kopi-kopi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia lainnya seperti kopi Gayo Aceh, Kopi Toraja, Kopi Bali, dan kopi-kopi lainnya.

“Kita punya potensi untuk mengembangkan ini, tidak ada salahnya mari memulai ngopi dari biji kopi asli daerah kita Sukabumi,” kata Rizal.

Rizal berharap, kedepannya ada kerja sama yang baik antara pemerintah, pegiat kopi dan masyarakat untuk mengembangkan potensi kopi lokal ini.

“Mari kita berkolaborasi dengan kopi ini untuk Sukabumi yang lebih baik,” pungkasnya.

Reporter : MUHAMMAD GUMILANG
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Gelaran Gunung Sunda Festival dibuka dengan pameran seni rupa yang diselenggarakan di Rumah Mesra, Jalan Surya Kencana Nomor 21, Kota Sukabumi, Sabtu (22/12/18) malam. Dengan mengusung tema...

SUKABUMIUPDATE.com - Bikers motor klasik dan custom se- Jawa Barat berkumpul di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Kedatangan mereka adalah merayakan anniversary Pajampangan Engine Classic (PEC) ke 12. Berbagai...

SUKABUMIUPDATE.com – Pergerakan skena independen di Sukabumi mengalami perkembangan yang sangat pesat dan baik, hal tersebut dapat dilihat dari adanya keberadaan Rumah Mesra ini. Dulunya, Rumah Mesra ini hanyalah sebuah tempat...

SUKABUMIUPDATE.com - Jelang natal dan tahun baru tingkat hunian hotel di Geopark Ciletuh Palabuannratu (GCP) Kabupaten Sukabumi mulai meningkat. Pemesanan kamar hotel dan penginapan khususnya di wilayah Palabuhanratu saat ini,...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya