//
Menu

16 Nov 2020, 15:00 WIB

Masih Ingat Mang Enceng? Tunanetra Penjual Es Krim di Sukabumi Kembali ke Jalan

Mang Enceng, pria tunanetra berusia 46 tahun penjual es krim keliling yang sering ditemui di Kota Sukabumi. | Sumber Foto: Herlan Heryadie

SUKABUMIUPDATE.com - Masih ingat dengan Mang Enceng? Pria tunanetra berusia 46 tahun tersebut adalah penjual es krim keliling yang sering ditemui di Kota Sukabumi.

Ia sempat viral usai es krim dagangan berikut klenengnya dicuri orang di kawasan Sriwedari, Kota Sukabumi medio 2019 lalu, tepatnya pada bulan Juli 2019. Ia ditipu seseorang yang mengaku ingin memborong dagangan, padahal ingin merampoknya.

Meski nasib buruk menimpanya saat itu, Mang Enceng yang tetap kalem dan berpikiran positif justru mendapat rezeki yang lebih melimpah.

BACA JUGA: Enceng, Pedagang Es Krim Tunanetra Asal Sukabumi Cerita Kisah Cinta di Hitam Putih

Ia mendapat bantuan dari berbagai pihak yang bersimpati kepadanya. Selain itu, Mang Enceng juga sampai diundang tampil di acara talkshow salah satu stasiun televisi swasta nasional.

Satu tahun lebih berlalu sejak peristiwa itu, Mang Enceng kembali nampak berjualan, menjajakkan es krim. Ditemui di trotoar Jalan Kenari, Cikole, Kota Sukabumi, Mang Enceng yang sedang berteduh dari terik matahari di bawah pohon nangka itu membuka topi lusuhnya, lalu sesekali mengusap keringat yang mengucur di pelipisnya.

"Iya, balik lagi berjualan. Sudah satu tahun sejak kejadian itu. Sama sekali enggak trauma. Rezeki itu sudah ada yang atur, enggak usah takut. Yang penting mau usaha," kata Enceng kepada sukabumiupdate.com, Senin (16/11/2020).

BACA JUGA: Tak Lapor Polisi, Enceng Doakan Pencuri Boks Es Krim Miliknya Agar Diberikan Hidayah

Pria asal Cinagen, Jampang Kulon yang kini tinggal di kawasan Cigunung itu tak terlihat kapok, apalagi jera berjualan es krim lagi di jalan.

"Biasanya kan jualan ke sekolah-sekolah. Tapi karena sekolah masih tutup, jadi ke jalan aja. Ini juga lagi jalan sekalian mau pulang, lewat sini," tutup Enceng seraya berpamitan hendak pulang berjalan kaki.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Keluhan nyeri dada tak bisa diremehkan. Apalagi jika nyeri itu terasa sampai tembus ke bagian punggung. Banyak penyakit yang memicu nyeri dada dan bisa juga disebabkan komplikasi....

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak jenis makanan yang tidak sehat dan orang tidak bisa menahan diri untuk tidak memilikinya. Ini terjadi karena kecanduan makanan. Dilansir dari Tempo.co, ini terutama terjadi pada...

SUKABUMIUPDATE.com - Tinggal serumah dengan orang yang positif Covid-19 bisa membuat khawatir dan stres. Meskipun penting untuk merawat yang sakit, orang juga perlu menjaga kesehatan sendiri karena mungkin saja...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan asrama haji akan menjadi tempat untuk karantina jemaah umrah sebelum berangkat. Ia menyebut lamanya karantina maksimal tiga hari. "Karena memang kita sudah sepakat...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya