Ratusan Juta Dari YouTube, Gasentra Pajampangan Berawal Bina Seni Sekolah di Sukabumi

Sabtu 14 November 2020, 05:56 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Kreatifitas muda mudi di Sukabumi yang satu ini bisa jadi referensi berburu rezeki di era milenial. Berawal dari kegiatan pembinaan seni di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kabupaten Sukabumi, Gasentra Pajampangan kini jadi sanggar seni dengan segudang prestasi. 

Dikutip dari suara.com, dalam sebulan, sanggar seni ini mampu meraup lebih dari Rp100 juta dari channel YouTube mereka. Keseriusan tenaga pengajar dan siswa dalam mengembangkan bakat seni, khususnya bidang tarik suara membuat mereka dikenal banyak orang. 

Bukan hanya di Sukabumi atau Jawa Barat, tapi juga hingga luar negeri. Channel YouTube mereka telah di-subscribe oleh lebih dari satu juta pengguna.

Pembina Gasentra Pajampangan, Tian Maulana mengatakan, setelah melakukan pembinaan, mereka berkreasi menyalurkan bakat-pakat siswa dan siswi mereka. Sederet proyek digagas mulai dari 10 tahun lalu. 

Mulai dari meng-coverr lagu artis lain, merilis album, manggung hingga merilis video musik melalui Channel Youtube mereka, Gasentra Pajampangan. "Di vokal kami membuat rekaman, membuat cover, membuat album. Berangkatnya dari sana," ujar Tian ketika dihubungi Suarajabar.id baru-baru ini.

Tian memaparkan, untuk urusan tarik suara, pihaknya memproduksi konten musik beragam genre. Mulai dari dangdut, pop Sunda, pop hingga qasidah. "Semua siswa-siswi di MAN 3. Ada alumni juga," ujarnya.

Channel YouTube Gasentra Pajampangan

Sejak 2013, sanggar seni ini mulai menampilkan video musik dangdut, pop dan pop Sunda karya mereka di YouTube. Hingga saat ini, channel tersebut sudah di-subscribe oleh lebih dari satu juta orang.

Penonton tiap kontennya pun selalu berada di angka 10 ribu. Bahkan beberapa video musik dari artis andalan mereka tembus lebih dari 1 juta penonton. Tak heran penghasilan yang didapat dari YouTube pun cukup besar.

"Dari Youtube naik turun penghasilannya. Pernah dapat seratus juta ke atas," ujar dia.

Salah satu penyanyi dangdut andalan Gasentra Pajampangan adalah Revina Alvira. Tiga hari lalu, Revina mengcover lagu Raja Dangdut Rhoma Irama berjudul Ghibah, dan hingga Sabtu (14/11/2020) siang, sudah ditonton oleh 247.741 viewers.

Daerah di Jawa Barat seperti Sukabumi memang dikenal sebagai gudang penyanyi dangdut berbakat. Tinggal dibutuhkan kendaraan khusus untuk dapat diketahui publik.

Seperti yang dilakukan Gasentra Pajampangan yang rajin mengunggah video musik di YouTube misalnya. Namun ada cara lain yang dapat digunakan, seperti ikuti audisi penyanyi atau bintang dangdut misalnya.

PT Arkadia Digital Media Tbk melalui anak usaha Suara.com, bekerja sama dengan PT Media Musik Proaktif resmi menjalin kerja sama program pencarian penyanyi berbakat.

Kolaborasi program baru ini ditandai dengan penandatanganan dokumen kesepakatan kerja sama antara pimpinan kedua perusahaan di Jakarta, pada Selasa (3/10/2020).

Dalam acara yang dilangsungkan tatap muka (offline) dengan tetap mengutamakan protokol penanggulangan pandemi Covid-19 hadir CEO PT Arkadia Digital Media Tbk, William Martaputra sebagai tuan rumah bersama tim redaksi, serta CEO PT Media Musik Proaktif Agi Sugiyanto beserta jajarannya.

Program ini sendiri intinya merupakan ajang pencarian bakat penyanyi khususnya penyanyi dangdut baru yang akan menjangkau berbagai daerah di Indonesia.

Sosialisasi dan promosi program dalam waktu dekat akan segera disebarluaskan terutama oleh pihak Arkadia Digital Media Tbk, terutama melalui situs-situs berita yang dikelolanya berikut akun-akun media sosialnya.

Yang jelas, jika Arkadia akan banyak berperan dalam sosialisasi dan publikasi termasuk sejak proses penjaringan calon penyanyi, Proaktif yang antara lain dikenal mengelola artis-artis seperti Trio Macan, Duo Mojang, Anggun Pramudita dll, bakal mengelola produksi --termasuk proses rekaman dan pemasaran digitalnya-- maupun kegiatan manggung sang biduan kelak.

CEO PT Arkadia Digital Media Tbk William Martaputra mengatakan, bagi Arkadia, program kerja sama ini dipandang sebagai sesuatu yang positif dan dapat menjadi salah satu pengembangan sisi kreatif ke depannya.

William pun meyakini bahwa pengalaman Proaktif dalam mengelola artis dan dunia musik, dipadukan dengan pengalaman Arkadia dalam mengelola media digital, bakal memberikan hasil yang baik dan maksimal.

"Meskipun bagi kami ini merupakan sesuatu yang relatif baru, kami akan menjalaninya dengan semangat penuh. Yang penting juga, kedua belah pihak bisa bekerja sama dengan baik, in good spirit, demi mencapai tujuan dari program ini," ucap William.

Dalam ungkapan senada, Agi Sugiyanto selaku CEO PT Media Musik Proaktif, juga menggarisbawahi optimismenya terhadap keberhasilan program ini. Kerja sama program ini sendiri menurutnya juga akan menjadi salah satu fokus utama pihaknya dalam 1 hingga 3 tahun ke depan.

"Mudah-mudahan ini akan menjadi sebuah sinergi yang produktif ke depan. Dalam arti tidak saja akan menjadi bagian dari kerja sama antara dua perusahaan, tapi semoga juga bisa mengangkat bakat-bakat penyanyi atau biduan yang kami yakini ada banyak di Indonesia, hingga dikenal luas di industri musik tanah air," ujarnya.

Tertarik untuk menjadi penyanyi dangdut terkenal melalui ajang ini? Pantengin terus Suarajabar.id untuk informasi selengkapnya ya!

SUMBER: SUARA.COM

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Keuangan28 April 2024, 17:11 WIB

6 Kesalahan Sepele yang Menyulitkan Anda Hidup Kaya, Yuk Evaluasi Diri!

Orang yang sulit sukses dan kaya hidupnya tentu disebabkan oleh beberapa alasan krusial sehingga membuat masa depannya mandeg atau stagnan.
Ilustrasi. Alasan hidup sulit sukses dan kaya. | Sumber foto : Pexels/Nicola Barts
Musik28 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut

Inilah Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki yang Dinyanyikan oleh Lyodra sebagai Original Soundtrack atau OST Film Ipar Adalah Maut.
Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut. Foto : YouTube/LyodraOfficial
Sukabumi28 April 2024, 16:57 WIB

Warga Keluhkan Sampah Bau Busuk Dibiarkan Menumpuk di Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi

Warga keluhkan tumpukan salah di pinggir Jalan Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi. Baunya tak sedap hingga bahayakan pengguna jalan.
Tumpukan sampah berserakan ke pinggir jalan di Kampung Pangsor Lio, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Life28 April 2024, 16:30 WIB

Bersikap Fleksibel, 10 Cara Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik Untuk Anak

Dari mengajukan pertanyaan hingga berlatih mendengarkan secara aktif, trik berikut akan membantu Anda menjadi orang tua yang lebih baik.
Ilustrasi. Cara menjadi orang tua yang lebih baik. Sumber : Freepik/@freepik
Sukabumi28 April 2024, 16:12 WIB

Lewat Harmoni Budaya, IPB Sukabumi Ajak Generasi Muda Lestarikan Nilai Luhur Bangsa

Harmoni Budaya 2024 diharapkan menjadi titik awal bagi semangat pelestarian budaya dan penyaluran bakat seni generasi muda Sukabumi.
Acara Harmoni Budaya 2024 diresmikan secara simbolik oleh Dr. Ir. Aceng Hidayat MT. selaku Dekan Sekolah Vokasi IPB University, dan Rita Handayani S.Ip. M.Si. perwakilan dari Disdikbud Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 16:00 WIB

7 Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya

Kekakuan mental atau ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar atau teknologi bisa menjadi penghalang bagi kemajuan finansial sehingga membuat orang miskin sulit kaya.
Ilustrasi. Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/JoaoJesus)
Life28 April 2024, 15:30 WIB

9 Cara Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Anak Demi Keluarga Bahagia

Ingin meningkatkan hubungan Anda dengan anak sekaligus mendorong perkembangan sosial dan emosionalnya? Menghabiskan waktu bersama mereka dapat melakukan hal-hal ini dan banyak lagi.
Ilustrasi. Keluarga bahagia. Tips menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Sumber : Freepik/@pressfoto
Inspirasi28 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Lulusan S1 untuk Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun.
Ilustrasi. Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun (Sumber : Freepik)
Life28 April 2024, 14:50 WIB

6 Tanda Kamu Golongan Orang Serakah Terhadap Harta, Ini Buktinya

Orang yang serakah terhadap harta bisa diperhatikan dari sikapnya yang cenderung berlebihan dalam mencari dan memelihara harta.
Ilustrasi. Tanda hidup serakah. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 14:32 WIB

Data Sementara BPBD: 17 Rumah di Kabupaten Sukabumi Rusak Akibat Gempa Laut Garut

Berikut rincian wilayah yang terdampak gempa laut Garut M6,2 di Kabupaten Sukabumi.
Rumah rusak akibat gempa laut Garut di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)