Hasil Kurasi Fotografer Senior Arbain Rambey, Buku Treasure Of Sukabumi Siap Rilis

Senin 06 Juli 2020, 04:55 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Fotografer muda Sukabumi Iman Firmansyah, mengaku siap merilis buku foto miliknya. Buku bertajuk Treasure Of Sukabumi itu merupakan buku foto pertama di Sukabumi.

Melalui buku tersebut, sang fotografer ingin memperkenalkan Sukabumi dari berbagai aspek Mulai dari budaya, sosial, ekonomi, kekayaan alamnya, aneka flora serta fauna yang ada di Sukabumi dalam sebuah tulisan dan berbagai frame foto.

"Mulai disusun sejak tahun 2019, Treasure of Sukabumi akan terbit pada bulan September mendatang dan Juli ini sudah bisa dipesan oleh masyarakat umum," kata Iman kepada sukabumiupdate.com, Senin (6/7/2020).

BACA JUGA: Mengenal Seluk Beluk Foto Wedding Bareng Fotografer Cicurug, dari Harga sampai Konsep

Iman mengungkapkan, buku foto Treasure of Sukabumi merupakan media yang akan menunjukan banyak keindahan dan keuniman yang ada di Sukabumi. Baik itu dari segi kuliner, budaya, alam, satwa liar, hingga aktivitas keseharian masyarakat.

"Infrastruktur dan landmark yang sudah berdiri dan industri kreatif yang ditekuni oleh masyarat, turut dihadirkan dalam buku foto tersebut," tutur Iman.

Iman mengungkapkan, mungkin sedikit banyak orang sudah mengetahui Sukabumi, salah satunya dengan Pantai Pelabuhanratu yang terkenal karena ratu pantai selatannya. Namun, sambung Iman, dengan hadirnya buku foto tersebut, akan menunjukan banyak sisi lain dari Sukabumi yang sebelumnya tidak banyak diketahui masyarakat.

BACA JUGA: Kericuhan Derbi Mataram, Fotografer Alami Intimidasi dan Pemukulan Suporter

"Mulai dari segi kuliner, dimana mungkin banyak yang sudah mengenal Mochi Sukabumi, tapi apakah sudah mengetahui bubur bunut yang khas di Sukabumi? Pasti belum banyak yang mengetahui juga," ungkap Iman.

"Lalu dari sisi yang lain, misalnya dari segi budaya, dimana budaya permainan bola api menjadi salah satu kebudayaan tradisional yang tentunya ada di Sukabumi," tambah Iman.

Iman menyebut, Sukabumi mulai banyak dibicarakan orang banyak mulai dari ragam destinasinya yang lengkap, seperti Taman Bumi Ciletuh Palabuhanratu yang sudah diakui oleh Unesco sebagai anggota dari Unesco Global Geopark pada tahun 2018.

BACA JUGA: Ahmad Zulkarnain, Fotografer Difabel dengan Karya Mendunia

Sebelumnya, Sukabumi juga menjadi tuan rumah kejuaran rafting dunia pada tahun 2015. Selain itu, Sukabumi sendiri saat ini memiliki jembatan gantung terpanjang se-Asia yang berada di Kawasan Wisata Alam Situ Gunung.

"Lebih dari 350 karya fotografi akan disajikan di dalam buku setebal 208 halaman tersebut. Dikurasi oleh fotografer senior Indonesia Arbain Rambey, sehingga dirancang lebih apik," ujar Iman.

Terakhir Iman mengatakan, buku foto tersebut digarap dalam dua bahasa, yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Hal itu untuk bertujuan agar buku foto Treasure of Sukabumi dapat mencakup jangkauan Internasional. 

"Kenapa buku foto? Jadi saya sebagai fotografer terpikir untuk membuat buku foto pertama ini. Sebagai orang asli dari Sukabumi, saya memiliki rasa tanggungjawab terhadap daerah dimana saya dilahirkan," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life25 April 2024, 15:11 WIB

Identifikasi Pemicunya, Ini 5 Cara Membantu Anak Menghentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk bisa jadi kebiasaan yang akan berkelanjutan jika tidak segera dihentikan.
Ilustrasi membantu anak menghentikan kebiasaan buruk. | Foto: Freepik
Sukabumi25 April 2024, 15:03 WIB

Kunjungi Kalaju di Surade Sukabumi, Drh Slamet Dorong Kesejahteraan Nelayan

Kunjungan ini adalah dalam rangka supervisi persiapan pelaksanaan program Kalaju.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet (paling kiri) saat mengunjungi Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi25 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Kerja Kasir dengan Penempatan di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Info Lowongan Kerja Kasir dengan Penempatan di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya (Sumber : Freepik/pressfoto)
Life25 April 2024, 14:30 WIB

Agar Tidak Tersinggung, Ini 6 Cara Mengingatkan Teman yang Bau Badan

Bagaimana jika Anda menemui situasi yang agak membingungkan ketika Anda harus menghadapi aroma yang kurang sedap dari salah satu teman Anda?
Ilustrasi. Cara mengingatkan teman yang bau badan. Sumber : pixabay/jessie22
Sukabumi25 April 2024, 14:19 WIB

Bahas Pungli hingga Rp 17 Juta, Ratusan Warga Demo Pabrik di Cikembar Sukabumi

Massa adalah warga di sekitar pabrik di Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Massa aksi saat melakukan demonstrasi di depan PT GSI di Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan25 April 2024, 14:15 WIB

8 Cara Agar Tetap Wangi Sepanjang Hari dan Tampil Percaya Diri

Artikel ini akan membahas berbagai tips dan trik yang dapat membantu Anda menjaga kesegaran dan keharuman tubuh sepanjang hari.
Ilustrasi. Memiliki tubuh wangi. Sumber : pixabay/jessie22
Bola25 April 2024, 14:00 WIB

Prediksi Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Siapa yang Akan Lolos?

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB.
Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB. (Sumber : X/@TimnasIndonesia/@theKFA).
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)