Menu

24 Mei 2020, 05:05 WIB

Idul Fitri Tahun Ini Berbeda, Apa Kata Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jabar

Lina Ruslinawati, Anggota DPRD Jawa Barat | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com – Perayaan Idul Fitri tahun ini dipastikan berbeda dengan masa sebelumnya. Perayaan hari kemenangan umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia diwarnai dengan pembatasan interaksi sosial dan individu sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah corona yang saat ini tengah diperangi secara global.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari daerah pemilihan Sukabumi, Lina Ruslinawati mengutarakan kondisi ini sebagai suatu cobaan yang harus dijalani umat manusia. “Karena pandemi ini terjadi disaat umat Islam menjalankan ibadah Ramadan dan perayaan Idul Fitri, maka sebagai muslim kita menunaikan dengan cara berbeda terutama untuk hal-hal yang bersifat budaya,” ucapnya melalui sambungan telpon, Sabtu (23/5/2020).

BACA JUGA: Masjid Agung Palabuhanratu Gelar Salat Idul Fitri, Simak Protokol Kesehatannya!

Kepada sukabumiupdate.com Lina menyampaikan protokol kesehatan yang sudah dibuat lembaga kesehatan untuk pelaksanaan sholat ied hingga himbauan dalam pelaksaan silahturahmi idul fitri harus diikuti, sebagai upaya umat muslim ikut mencegah penyebaran wabah. “Siapa yang mau sholat dan silahturahmi dibatasi, tapi saya memohon untuk tahun ini saja, kita tinggalkan kebiasaan sebelumnya, yang tentunya tidak mengurai nilai ibadah, demi kesehatan bersama,” sambung perempuan yang tinggal di Kecamatan Sukabumi ini.

Ia meminta warga yang tetap menggelar sholat ieu untuk bisa mengatur jarak dan protokol kesehatan lainnya seperti menggunakan masker dan lainnya. Sementara untuk silahturami antar keluarga, warga dan sesama umat muslim sebagian dilakukan menggunakan aturan jarak dan tidak perlu melakukan kunjungan antar rumah jika memang dirasa tidak aman. 

BACA JUGA: Banyak Misbar Tak Kebagian Bantuan Covid-19, Anggota DPRD Jabar Kirim Sembako

“Silahturahmi adalah point penting dalam Idul fitri, tradisi sungkem untuk saling maaf memaafkan. Tahun ini cukup kita ucapkan dari jauh dengan tetangga, melalui online dengan keluarga yang jauh. Intinya ikhas memberi maaf dan meminta maaf. Mari kita jaga kesehatan bersama, memang mengurangi nilai tradisi tapi menurut saya tidak mengurangi nilai kesucian Idul Fitri.”

Terakhir, anggota Komisi II DPRD Jabar melalui sukabumiupdate.com menyampaikan permohonan maaf lahir batin kepada pembaca media online ini. “Mohon maaf lahir batin untuk semua pembaca sukabumiudpate.com, mari kita bersama jaga kesehatan karena masa pandemi masih berlangsung dan butuh kebersamaan untuk melaluinya,” pungkas Lina.

 

 

 

Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Rabu, 27 Mei 2020, mengumumkan pembentukan sebuah yayasan yang akan menjadi sumber pendanaan baru, di mana uang yang terkumpul di yayasan...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden AS Donald Trump akan menandatangani perintah eksekutif pada perusahaan media sosial pada hari Kamis setelah Trump mengancam akan menutup situs web yang dituduhnya membungkam suara-suara konservatif. Dilansir...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah DKI Jakarta mensyaratkan mereka yang hendak masuk dan keluar wilayah Ibu Kota memiliki Surat Izin Keluar Masuk selama pandemi Covid-19. Dilansir dari tempo.co, jika tidak mengantongi...

SUKABUMIUPDATE.com - Lima mahasiswa terdakwa kasus meninggalnya Ipda Erwin dan terbakarnya tiga anggota Polres Cianjur dalam aksi unjuk rasa yang berujung ricuh diputuskan bersalah. Terdakwa utama dijatuhi hukuman 12...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya