Viral Naik Kuda Dari Sukabumi ke Monas Untuk Reuni 212, Kisah Seru 38 Jam Sandi Nopiandi

Rabu 04 Desember 2019, 06:59 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Kisah peserta reuni 212 asal Sukabumi, Sandi Nopiandi yang menunggang kuda di Monas saat menghadiri Reuni 212, Senin (2/12/2019) lalu, viral di media sosial. Sandi (29 tahun) adalah pendiri Pesantren Yatim Yayasan Cinta Dakwah Indonesia, di Kampung Pasir Gede RT 03/10 Jalan Pasir Gede, Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. 

Kuda hitam gagah yang ditunggangi Sandi di Monas saat Reuni 212 kemarin yang fotonya berseliweran di media sosial bernama Barra Arroya. Kuda jantan berusia tujuh tahun jenis sadel. “Saya memang suka berkuda, di pesantren memang ada ranch dan ada 10 ekor kuda termasuk Barra Arroya,” jelas Sandi kepada sukabumiupdate.com

Sandi menceritakan hadir di reuni 212 monas dengan menunggani kuda jadi salah satu impiannya. Bersama pecinta berkuda lainnya di Jawa Barat, Sandi ingin mensyiarkan sunnah berkuda melalui momentum reuni 212. 

Ia kemudian menyusun rencana dengan kawan-kawanya di Bogor dan Depok untuk bersama-sama menunggani kuda menuju monas. “Total ada sembilan ekor kuda yang berangkat menuju monas untuk ikut dalam reuni 212,” ucapnya.

Sandi sebenarnya tidak menunggangi Barra Arroya dari Sukabumi atau Nyalindung menuju Monas. Kuda gagah ini diangkut dengan mobil dari kandangnya di Nyalindung menuju titik berkumpul di Citereup Bogor. Dari Citereup Bogor, langkah Barra Arroya mantap menyusuri jalanan menuju Monas, bersama Sembilan kuda lainnya.

“Berangkat hari Sabtu (30/11/2019) sekitar pukul 10.00 WIB menggunakan mobil menuju Citeureup Bogor sekitar pukul 16.00 WIB. Disana saya menunggu yang lainnya kawan dari Depok dan Bogor. Pukul 24.00 WIB kami berangkat dari Citeureup ke Jakarta Selatan, istirahat di Masjid Al Ikhlas dan sampai pukul 08.00 WIB, Minggu pagi. Dari Jakarta Selatan lanjut kembali perjalanan sekitar pukul 21.00 WIB, dan tiba di Monas pukul 24.00," beber Sandi.

Total waktu tempuh perjalanan Sandi dan Barra Arroya dari Sukabumi ke monas mencapai 38 jam. Selama perjalanan ada dua mobil yang mengawal, satu mobil bertugas penyimpanan logistik makanan kuda dan rumput serta peralatan berkuda. Sementara satu mobil lainnya digunakan untuk tim perawat kuda yang mengikuti dari belakang, selama perjalanan seru ini.

Salah satu foto terbaik Sandi dan Barra Arroya di depan monas saat ikut dalam Reuni 212

"Saat pulang, teman yang ke Depok dan Bogor kudanya ditunggangi. Kalau saya karena jauh diangkut pakai mobil lagi,” sambung Sandi.

Sandi bukan tidak mau menunggani Barra Aroyya, kuda kesayangannya langsung dari Nyalindung Sukabumi menuju Bogor dan finis di Monas. Namun karena persiapan singkat untuk jarak tempuh jauh dan kondisi lalu lintas yang super padat, menurut Sandi tidak memungkinkan menunggani kuda dari Sukabumi menuju Monas Jakarta saat itu.

“Persiapannya harus lebih matang untuk menunggang kuda dari Sukabumi ke Jakarta. Kemaren waktu persiapan sempit,” ungkap Sandi yang mulai menyukai berkuda sejak dua setengah tahun lalu.

Jika ingin melihat Barra Arroya yang gagah dan kuda-kuda lainnya yang dipelihara Sandi silahkan berkunjung ke Pesantren Yatim Yayasan Cinta Dakwah Indonesia, di Kampung Pasir Gede RT 03/10 Jalan Pasir Gede, Nyalindung. “Pesantren kami ini selalu terbuka untuk siapapun, karena memang salah satu konsepnya sebagai wisata religi,” pungkas Sandi yang juga sebagai pendiri Pesantren Yatim Yayasan Cinta Dakwah Indonesia.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi