Menu

Kamis, 25 Juli 2019, 12:07 WIB

Doni Irpan, Anak Petani Ciracap Sukabumi Dengan Sederet Prestasi Nasional Bahkan Dunia

Mahasiswa Unpad ini saat menjadi Global Goals Action Ambassador di Malaysia awal tahun 2019a. | Sumber Foto:Istimewa.

SUKABUMIUPDATE.com - Doni Irpan, pemuda 21 tahun asal Kampung Ciseureuh, Desa Mekarsari Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi patut diacungi jempol. Alumni SMAN 1 Ciracap yang kini tengah menjalani perkuliahan di Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Sastra Arab, Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung memiliki banyak prestasi baik tingkat regional, nasional hingga dunia.

Kamis (25/7/2019) redaksi sukabumiupdate.com melalui pesan inbok facebook chatting dengan Doni Irpan ditengah kesibukan kuliahnya. “Alhamdulilah saya sekarang udah semester lima, doakan agar lulus dengan predikat terbaik untuk orang tua saya dan Sukabumi tentunya,” tulis Doni.

Ia kemudian bercerita tentang sejumlah prestasi yang diraihnya baik di level nasional maupun internasional. Bulan lalu, Doni menyabet juara tiga nasional MSQ dalam Olimpiade Alquran Nasional di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) mengalahkan 37 perwakilan kampus lainnya di Indonesia.

BACA JUGA: Pemuda Jampang Kulon Sukabumi Juara Pertama MSQ dalam PIONIR PTKIN se-Indonesia

Sebelumnya anak tunggal dari keluarga petani pasangan Bono dan Nunung ini meraih juara harapan satu lomba baca puisi nasional yang berlangsung di Universitas Airlangga Surabaya. “Insya Allah 5 Agustus mendatang saya menjadi delegasi UNPAD dalam event 2 tahunan yaitu MTQMN yang diadakan MENRISTEK DIKTI di Aceh, doakan sukses ya,” sambung pemuda yang hobi badminton dan public speaking ini lebih jauh.

Tak hanya level nasional, Bulan Januari 2019 silam bersama 10 mahasiswa UNPAD lainnya Doni diterbangkan ke Kuala Lumpur Malaysia. Pemikiran pemuda yang mencintai suasana pantai ini tentang dunia Pendidikan mengantarkannya sebagai salah Global Goals Action Ambassador dalam rangka Global Goals Summit 2019.

BACA JUGA: Kenalan dengan Silmina, Gadis Cilik dengan Segudang Prestasi MTQ Asal Desa Sukamaju Sukabumi

“Itu adalah ajang bertemunya banyak gagasan membahas permasalahan dunia dengan metode Sustainable Depelovement Goals System (SDGs). Saya mengambil tema education equality atau Pemerataan Pendidikan. Alhamdulilah terpilih menjadi duta Global Goals Summit 2019 bersama rekan-rekan mahasiswa lainnya,” lanjut Doni.

Sayangnya sejumlah kiprah internasional Doni sempat terkendala fasilitas. Ia pernah gagal memenuhi undangan World Bank Summit Washington DC Amerika Serikat dan  Global youth summit di Bangkok Thailand. “Waktu itu saya kesulitan menjadi fasilitas untuk berangkat, jadi saya tidak datang ke undangan tersebut. Sayang juga sih, tapi mau gimana lagi,” pungkasnya tetap penuh semangat.

Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya