Tips jadi YouTuber dari Sandhika Galih, Programmer Dosen Unpas Bandung

Rabu 01 Mei 2019, 22:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Web Programmer sekaligus YouTuber, Sandhika Galih berbagi tips bagaimana menjadi kreator konten di YouTube. Hal tersebut disampaikan usai Sandhika menjadi narasumber dalam Seminar Ngoding Happy (Ngopy) yang diselenggarakan kampus AMIK CBI Sukabumi, Rabu (1/5/2019).

"Kalau channel saya disebut terkenal sih enggak. Tapi saya bisa kasih sedikit tips. Kebetulan saya sudah menjalankan channel YouTube saya sejak tahun 2015 lalu," kata Sandhika kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Seminar CBI di Cicurug Sukabumi, Tingkatkan SDM Programmer Profesional

Informasi yang dihimpun, pria yang juga dosen Universitas Pasundan Bandung itu konsisten mengisi konten seputar Web Design dan Web Programming. Sudah ada ratusan konten tutorial Web Design dan Web Programming yang ia buat. Kini, Sandhika sudah memiliki lebih dari 110.000 followers.

"Saran saya, yang pertama konsistensi. Kita harus sering upload video. Jadi ada yang bilang kuantitas nomor satu, baru kualitas nomor dua. Terus kita harus mencari tema. Mau vlog, gaming atau lifestyle. Kebetulan channel saya itu kan tutorial pemrograman, khususnya website. Jadi kuncinya konsistensi, upload rutin dan cari tema," kata Sandhika kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: WhatsApp Instagram dan Facebook Error, Pengguna di Sukabumi Kesal

Ia menilai, arus informasi hari ini semakin deras, dan seorang warganet harus pintar-pintar memilah informasi. Tidak sembarang menekan tombol share, dan sembarang berkomentar. Warganet yang cerdas selalu menyaring dulu apa yang akan dibagikan maupun dikomentari. Hal itu pula yang harus menjadi pertimbangan seorang pencipta konten di YouTube.

"Harus saring dulu sebelum sharing. Saat ini saya baru aja 100.000 dapat subscriber. Peningkatannya ada di tahun 2019 ini. Soal income, itu relatif. Kita enggak bisa tahu YouTube nyimpen iklan apa di video kita. Itu akan diklasifikasi. Kalau misalkan konten kita tentang game, maka iklannya game. Masing-masing kelas dari konten itu menentukan tingkat iklan yang masuk," lanjutnya.

BACA JUGA: Sebab Pajak Royalti Peneliti Tinggi, Orang Pilih jadi Youtuber

"Tinggi rendahnya iklan hanya YouTube yang masuk. Kalau konten kita bahasa Indonesia maka akan sedikit dari pada konten yang berbahasa Inggris. Cuma tidak menutup kemungkinan channel berbahasa Indonesia mendapatkan penghasilan dari iklan. Terus, kalau peminat, tidak bisa disimpulkan dengan iklan," imbuh Sandhika.

Disisi lain, ia melihat konten lebih banyak yang bersifat hiburan, dibandingkan konten yang bersifat tutorial dan edukasi. Hal itu, kata Sandhika, karena kebanyakan orang membuka YouTube ingin mencari hiburan.

BACA JUGA: Selain Atta Halilintar, Ini Deretan Youtuber Terkaya RI

"Terakhir, pesan saya, selalu berikan sesuatu yang positif. Apapun yang kita lakukan mungkin ada yang mengikuti. Intinya sama-sama bikin komunitas yang positif aja. Apalagi ditengah kemudahan akses informasi hari ini, orang bisa dengan mudah tinggal buka gadget ketimbang komputer atau laptop," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI