Cerita Tenaga Honorer Asal Sukabumi Menjadi Relawan di Lombok

Kamis 16 Agustus 2018, 08:43 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bencana gempa bumi hingga 7.0 SR di Lombok beberapa waktu lalu, menggugah berbagai kalangan untuk meringankan beban para korban. Semuanya dilakukan dengan beragam cara, mulai dari bantuan tenaga, pangan, mengumpulkan donasi dijalanan atau yang lainya. Adapula yang rela meninggalkan keluarga untuk menjadi relawan penanganan korban bencana dan berangkat ke Lombok.

Seperti yang dilakukan Andri Kurniawan. Warga Kampung Lebaksiuh RT 24 RW 08 Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi ini rela menanggalkan pekerjaannya terlebih dahulu sebagai pegawai honorer di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok.

Andri yang juga aktif di kepemudaan Muhammadiyah Lebaksiuh ini mengatakan, pada Minggu 05 Agustus 2018 saat terjadi gempa susulan dengan kekuatan 7 SR di Lombok Timur terjadi, Ia langsung menghubungi rekan relawannya di Jakarta.

"Paginya saya minta info kepada temen-temen relawan disana dan ternyata dari info yang saya dapatkan secara pribadi saya terpanggil untuk bersama mereka (Para korban dan relawan)," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis (16/8/2018).

Di lokasi gempa, dengan modal info dari salah satu komunitas sosial Gerak Bareng, ia pun berangkat ke Jakarta pada pukul 23.00 WIB. Tujuannya, ke Yayasan Garasi Hijrah  (Komunitasnya Gerak Bareng) untuk membantu packing logistik dan mengawal tenda pleton untuk di bawa ke Lombok.

"Setelah mendapatkan izin dari pimpinan dari KPUT PKB Dishub Kota Depok dan doa dari anak dan istri, sekitar pukul 03.00 WIB saya pun brangkat ke Lanud Halim Perdana Kusuma dengan membawa tenda pleton sebanyak 5 set," ucpanya.

BACA JUGA: Diguncang Gempa 7 SR, Begini Cerita Warga Asal Sukabumi yang Tinggal di Lombok

Perjalanan Andri tidak semulus yang telah direncanakan. Di sana, ia harus menunggu hingga pagi sampai sore dan ternyata pesawat hercules mengalami masalah dan akhirnya diputuskan untuk naik pesawat komersil.

"Alhamdulilah tiket pun di biayai oleh komunitas gerak bareng dan dari team Olokezo," terangnya.

Sesampainya dilokasi, Andri mendapatkan tugas untuk maping lokasi gempa ke Kecamatan Kahyangan dan terlihat beberapa kerusakan bangunan hingga jalan yang dilalui  terlihat retak.

BACA JUGA: Gerakan Cebu Cebu Sukabumi Galang Dana Untuk Korban Lombok

"Mungkin yang saya alami tak seberapa dengan yang mereka rasakan, saya merasakan bagaimana tegangnya saat gempa susulan 6.2 SR mengguncang lombok saat itu," paparnya.

Baru selesai maping dan ngobrol bersama anggota marinir dan relawan lainnya, tambah Andri terdengar mirip suara dentuman bom di bawah tanah lalu guncangan dahsyat mengakibatkan 4 orang meninggal salasatunya relawan (Palang Merah Indonesia (PMI) dari Mataram dan sejumlah rumah rata dengan tanah.

"Berangkat ke lokasi saya di antar pake motor sama sahabat saya. Tapi pulangnya harus nyari tumpangan hinggga tiga kali numpang mobil ambulance," ungkapnya.

BACA JUGA: IEA Sukabumi Raya Galang Dana untuk Korban Bencana Lombok

Lebih lanjut, kondisi rumah warga yang dilihat tidak mungkin bisa dibangun dalam waktu dekat, akhirnya vounder Gerak Bareng  meminta untuk mencoba membangun rumah tenda dengan ukuran 4x4 M dengan harapan rumah tenda bisa meringankan kesusahan korban bencana.

"Waktu itu, saya hanya bisa menteskan air mata dan memanjatkan seraikain doa agar para korban ini diberikan kesabaran serta ketabahan. Sempat berfikir kalo ada izin dari dinas ingin rasanya mewakafkan diri selamanya di sana bersama mereka," jelasnya.

Mengingat dirinya hanya seorang pegawai honorer, Andri akhirnya kembali ke Kota Depok dan kembali bekerja. "Saya hanya tenaga honorer yang memiliki batas cuti, akhirnya saya pun putuskan kembali ke depok pada Sabtu subuh," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi25 April 2024, 09:31 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar

Jobseeker Yuk Cek Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Salah Satu Syaratnya adalah Bisa Bahasa Inggris Dasar.
Ilustrasi. Wawancara. Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar (Sumber : Pexels/EdmondDantes)
Nasional25 April 2024, 09:03 WIB

Menunggu Prabowo-Gibran Dilantik, Begini Aturan Pasang Foto Presiden dan Wapres

Foto presiden dan wakil presiden sering dipasang di berbagai instansi dan kantor.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Instagram/Prabowo Subianto
Sehat25 April 2024, 09:00 WIB

Mengenal 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa untuk Menyembuhkan Luka!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.
Ilustrasi - Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)