Pencipta Lagu Zaskia Gotik

Jumat 08 Juni 2018, 06:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sirwendah (56 tahun) wanita tuna netra pencipta lagu dangdut dengan judul Satu Jam Saja yang dipopulerkan oleh Zaskia Gotikberkunjung ke Radio Menara 105,7 FM Jalan Baros Kampung Cipeujeh, Kota Sukabumi.

Dalam kesempatan itu, Sirwendah berbagi cerita soal bagaimana karirnya di dunia musik hingga melahirkan beberapa lagu yang ngehits. 

Sirwendah mengaku, telah bergelut di dunia musik dan menciptakan lagu sejak 1980an. Tak hanya dangdut, Ia pernah menciptakan lagu anak-anak berjudul Mandi Bola, pada 1998.

BACA JUGA: Antusias Warga Tinggi, Dishub Kota Sukabumi Tambah Armada Mudik Gratis

"Di 2001 juga mengeluarkan single lagu religi dengan judul Ya Rahman Ya Rohim," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, di Studio Menara 105,7 FM Sukabumi, Kamis (7/6/2018).

Tidak sampai disitu, Sirwendah tidak merasa puas dan kembali mencoba melahirkan lagu-lagu baru. Ia pun selalu berharap lagunya tak cuma populer di Indonesia, melainkan go internasional.

"Sebelum tercipta lagu Satu Jam Saja, saya bermunajat dan memohon kepada Allah SWT. Hingga lahir lagu itu dan dinyayikan oleh Zaskia Gotik sampai lagu itu go Internasional," ucapnya.

BACA JUGA: Dokter Spesialis RSUD Sekarwangi Sukabumi On Call Selama Libur Lebaran

Meskipun  sudah berusia lebih dari setengah abad, tidak menyurutkan langkahnya untuk terus produktif dengan berbagai ide dan gagasan.  Ia pun tidak takut dengan beredar CD bajakan.

"Adanya pembajakan lagu bagi saya tidak takut, karena kalau takut maka akan berhenti produktif. Rezeki semua sudah diatur oleh Allah SWT, malah mendapatkan keuntungan juga lagu saya lebih dikenal," tegasnya.

Tidak hanya bergendre dangdut, Sirwendah juga banyak melahirkan lagu-lagu lain. Seperti genre Campur Sari, Religi, Pop Sunda, pop anak dan lainya. "Alhamdulillah, semua genre sudah pernah saya buat. Gak kehitung udah banyak," jelasnya.

Kedepan, ia berencana membuat gebrakan baru lagi. Yakni  dengan mengkolaborasikan musik dangdut etnis sunda atau jawa.

"Selain itu, saya juga berencana akan membuat program Sukabumi Bergoyang. Apalagi di Sukabumi ini potensi penyanyinya lumayan bagus, tinggal mengarahkan saja. Sehingga kelak dapat mengangkat nama Sukabumi," paparnya.

Sementara itu seorang Produser yang membantu dibalik Sirwendah Benny Yusman menilai ada kombinasi dalam diri Sirwehdah. Apalagi niat baiknya untuk mengangkat bibit penyanyi dangdut khususnya di Sukabumi.

BACA JUGA: KPU Kabupaten Sukabumi Deadline Satu Bulan Untuk Pengajuan Caleg 2019

"Mama (panggilan Sirwendah) punya idealis sendiri, beliau ingin mengangkat penyanyi mulai dari kalangan bawah, agar membanggakan daerahnya dan orang tua," katanya.

Untuk memulai langkah tersebut, tambah Benni, akan membuat program sukabumi bergoyang dengan didampingi label yang besar untuk mendukung program itu. "Kami meminta dukungan semua teman teman dan pelaku bisnis musik agar semua itu tercapai," ungkapnya.

Soal pembajakan lagu, menurutnya jelas sangat merugikan, sehingga para pencipta lagu patah arang dan ketakutan. Oleh karena itu ia memiliki Tag Line tidak takut pembajakan.

BACA JUGA: Bagikan Takjil, Dinas Kebakaran Kabupaten Sukabumi Beri Tips Mudik Aman dari Kebakaran

"Makanya sejak lagu Satu Jam Saja sukses, lagu-lagu karyanya mulai dilirik banyak produser rekaman suara. Bahkan belum lama ini meluncuran 13 Single terbarunya," tuturnya.

Sementara salah satu penyanyi dangdut Sukabumi, sekaligus penyiar radio Menara FM Andrey Mahesa, ketika dimintai komentar soal lagu lagu karya Sirwenda mengatakan, lagu-lagu karya mamah mudah dan gampang di cerna.

"Selain itu, musiknya juga enak buat joget, makanya lagu-lagu mamah gampang melejit di radio Menara FM Sukabumi," singkat manajer artis manajemen TS Production. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update