Menu

Minggu, 29 Januari 2017, 09:03 WIB

Ketika Wanita Sukabumi Menulis Cinta Biasa dengan Sentuhan Realita

Shepty Irna dan karyanya. | Sumber Foto:Dok. Pribadi

SUKABUMIUPDATE.com - “Saking suka banget dengan nulis, dalam sehari saya biasakan menulis 30 menit hingga satu jam, tanpa berpikir nanti akan menjadi sebuah buku atau tidak,” wanita berjilbab yang kini mulai dikenal sebagai penulis ini bertutur kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (28/1).

Adalah Irna Sheptiani (31), atau mulai populer dengan nama pena Shepty Irna, wanita asal Kecamatan Karamat, Kota Sukabumi penyuka travelling, membaca, dan menulis. Ia berhasil menoreh jejak di dunia kepenulisan tanah air melalui novel An Adorable Love.

Meski masih terhitung pemula sebagai penulis, Shepty tidak pesimis menekuni dunia yang saat ini mulai membesarkan namanya. Menurutnya, proses menjadi penulis memang tidaklah gampang. Dirinya sering mengikuti kompetisi-kompetisi penulisan untuk memacu semangatnya dalam berkarya.

“Ketika menang seneng banget, sebab nagih lagi, nagih lagi,” ungkap wanita kelahiran 1 September 1985 ini dengan wajah sumeringah.

Lagi, dirinya menjelaskan, jika Shepty muda sejak duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA), sering membuat sebuah cerita bersambung yang dibuatnya pada buku tulis. Walaupun saat itu sebatas iseng, tetapi sudah memiliki pembaca loyal yang selalu menantikan kelanjutan cerita yang dibuatnya.

Sudah tidak terhitung jumlah draft dan "buku-bukuan" karya Shepty remaja yang tanpa sadar sudah mengasah kemampuannya menulis. “Dulu, saya kan pustakawan sekolah di SMA, di sela-sela jaga, Saya selalu memanfaatkan waktu menulis cerita,” terangnya lebih jauh.

Bukan tanpa alasan ia memilih cerita bergenre  fiksi-romance. Menurutnya, genre yang dinilai banyak orang sebagai biasa tersebut, akan menarik jika dibalut latar cerita nyata berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil risetnya.

Keyakinan Shepty kian berlipat, karena menurutnya memaknai sebuah karya adalah sesuatu yang berpengaruh bagi orang lain. ”Buku adalah aset, sehingga seseorang biasanya berperilaku sesuai dengan apa yang dibacanya,” ujar wanita yang kini tinggal di Kota Bandung itu.

Keyakinan itulah yang membuatnya kian antusias menyajikan sebuah cerita secara maksimal dengan sentuhan fakta. Bahkan Shepty tidak segan melakukan survey berkala untuk memperkaya tulisan dan menjamin keselarasan ceritanya, karena ia yakin sebuah cerita akan mempersuasi pembacanya.

Masih soal dunia tulis menulis, istri dari Ahmad Fauzie (32) ini membocorkan rahasia suksesnya. Menurutnya, jika ingin menjadi penulis, mulailah membiasakan menulis. "Tulislah apa pun yang ingin ditulis, jangan berpikir akan menjadi buku atau tidak, jangan berpikir akan mendapat royalti atau tidak,” terangnya mengakhiri perbincangan.

Reporter : ISTI MURFIA/Kontributor
Redaktur : ANISA SITI RIZKIA
Sumber : Dok. Pribadi
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono menghadiri sosialisasikan kebijakan pengelolaan Transfer Dana ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2020, di Aula Chakti Buddhi Bhakti Kantor Pusat...

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kampung Pasirpogor RT 01/07, Kelurahan Sudajaya Hilir, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, digegerkan dengan ditemukannya sesosok mayat pria tua di dalam rumah, Kamis (14/11/2019). Pria tersebut diketahui...

SUKABUMIUPDATE.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Islamabad, mengundang 60 orang generasi muda Pakistan dari tiga perguruan tinggi di Islamabad dan Rawalpindi untuk terlibat aktif dalam workshop batik eco-printing,...

SUKABUMIUPDATE.com - BMKG mencatat hingga pukul 06.59 WIB, ada sebanyak 74 aktivitas gempa susulan di laut Maluku Utara (Malut) setelah gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,1 mengguncang Jailolo, Maluku Utara...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya