Mendidik Anak dengan Teladan ala Guru SD Cibitung Kabupaten Sukabumi

Rabu 21 Desember 2016, 22:04 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM - Dijelaskan para ahli, proses perkembangan manusia sangat ditentukan oleh stimulan yang diterima anak dari ibunya. Stimulan tersebut yang kemudian akan berpengaruh besar bagi perkembangan kognitif sang anak.

Itu sebabnya, Yeti Sumartini (46), anak dari keluarga petani H. Suhendi dan Maryam, menerapkan sebuah pola dalam mendidik anaknya, agar sang anak bisa menghargai peran orang tuanya. Orang tua mana pun, akan lebih mudah menerapkan pendidikan kepada anak melalui contoh langsung.

“Sebagai ibu saya harus bertindak nyata, bukan sekadar berteori, atau menerapkan aturan yang mengekang hak-hak anak,” terang guru di Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Gunungbatu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, kepada sukabumiupdate.com, Rabu (21/12).

Lulusan Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Negeri Kota Madya Sukabumi tahun 1990 ini, tiada henti menimba ilmu. Ia meraih gelar S.Pd di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, pada tahun 2010. Tidak cukup Strata 1, untuk S2, ia masuk Universitas Winaya Mukti, Bandung, untuk meraih gelar MM (Magister Managemen), pada tahun ini.

Hal itu diikuti putrinya, Disti Utami Resdiaputri, yang kini sedang melanjutkan S2 Ilmu Hukum di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Jati, Bandung. Sementara putranya Dwi Aprilviansyah Resdiaputra, masih duduk di kelas 12 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Jampang Kulon.

“Putriku sekarang berusia 23, baru lulus sarjana hukum september 2015, IPK (indeks prestasi kumulatif-red)-nya 3,50. Kini Disti semester satu program pascasarjana,” terang Yeti.

Profesi Yeti sebagai guru, berpengaruh besar terhadap pola pendidikan anak-anaknya di rumah. Ajakan kepada anak-anaknya untuk menyadari betapa pentingnya membangun kemauan untuk maju, diimplementasikan dengan menimba ilmu tiada henti.

“Saya dorong anak-anak untuk maju dalam banyak hal. Maju pribadi, maju akademik, bahkan maju dalam ketaqwaannya terhadap Allah SWT,” ungkap Yeti.

Menurutnya membangun kesadaran itu penting, untuk itu, ia memulainya dari diri sendiri. “Saya beri contoh dahulu, bukan dengan doktrin atau aturan ketat. Saya gemar membaca, sehingga anak saya pun memiliki kegemaran sama. Bagiku, ilmu apa pun akan mudah diserap jika diawali dengan gemar membaca.”

“Saya kuliah lagi, bukan semata tuntutan peningkatan kualitas diri, tetapi lebih kepada mendidik anak untuk terus belajar sepanjang hayat. Terbukti, putriku mulai mengikuti jejakku, melanjutkan S2,” terang Yeti.

Meski begitu, perannya tidak selalu berjalan mulus, masa-masa berat dalam menjalankan tanggungjawab sebagai ibu, kerap ia alami. Baginya, pengalaman terberat adalah saat anak-anaknya beranjak remaja, ia diuji beragam persoalan remaja yang polahnya macam macam. Misal, putranya menyukai balapan motor, sehingga pernah alami kecelakaan berat.

Padahal tugas sebagai guru, terkadang menuntutnya bekerja di luar rumah. “Misal ada pelatihan berhari-hari harus diikuti. Tapi alhamdulillah, tidak pernah ada kejadian fatal,” pungkas warga Citamaga RT 07/03, Desa Ciparay, Kecamatan Jampang Kulon ini.

Yeti, ibu yang hebat, memberi teladan yang nyata bagi kedua anaknya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)