Light Dark

Kecanduan Makanan Tak Sehat? Ini Cara Efektif Menghentikannya

Sehat | 28 Nov 2020, 03:00 WIB

Kecanduan Makanan Tak Sehat? Ini Cara Efektif Menghentikannya

Sehat | 28 Nov 2020, 03:00 WIB
Ilustrasi wanita makan. | Freepik.com/Senivpetro

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak jenis Makanan yang tidak sehat dan orang tidak bisa menahan diri untuk tidak memilikinya. Ini terjadi karena kecanduan Makanan.

Dilansir dari Tempo.co, ini terutama terjadi pada Makanan olahan, yang sangat padat kalori tetapi tidak memiliki nutrisi atau serat.

Tetapi penelitian mengatakan makanan ini melepaskan dopamin yang membuat orang merasa baik dan bahagia dari dalam. Dan itulah mengapa Anda suka memakannya.

Tapi makanan ini hanyalah kalori kosong yang cepat dicerna dan juga membuat semua orang lapar. Sebelum menghentikan kecanduan makanan, Anda harus mengenali gejala kecanduan makanan.

Gejalanya berupa mendadak mendambakan beberapa jenis makanan meski sudah menyantap makanan bergizi lengkap. Anda mungkin mengidam makanan dalam jumlah banyak. Merasa bersalah memiliki beberapa makanan tapi masih belum bisa mengontrolnya.

Tanda lainnya Anda kecanduan makanan adalah menemukan alasan dan membuat alasan untuk membenarkan mengidam makanan bahkan mencoba bersembunyi saat makan makanan tertentu dari orang lain. Tidak dapat mengendalikan keinginan bahkan mengetahui bahwa mereka sangat tidak sehat. Kecanduan makanan adalah kondisi berbahaya yang perlu diobati. Jadi, inilah yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan kecanduan, seperti dilansir dari laman Pinkvilla.

Langkah-langkah untuk mengatasi kecanduan makanan

1. Pertama, catat daftar makanan yang memicu keinginan Anda dan membuat Anda makan berlebihan. Inilah makanan yang menjadi penyebab kecanduan.

2. Kemudian buatlah daftar tempat makanan yang menjadi favorit Anda dan temukan pilihan sehatnya. Dengan cara ini Anda bisa makan sehat saat Anda sedang tidak ingin memasak di rumah.

3. Pilih makanan yang sehat dan Anda juga suka mengonsumsinya.

Sumber: Tempo.co

Image

Herlan Heryadie

Redaktur