Menu

19 Sep 2020, 08:00 WIB

Selain Daunnya, Buah Kelor juga Berkhasiat untuk Cegah Diabetes hingga Kanker

Ilustrasi buah kelor. | Sumber Foto: (Pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Selain daunnya, buah kelor juga memiliki banyak khasiat yang tak kalah hebat. Buah yang sering disebut moringa ini berpotensi untuk mencegah berbagai penyakit. Jika daun dan bunganya sering jadi campuran produk kecantikan serta perawatan kulit, buah kelor lebih umum diolah menjadi makanan, seperti sayur bening dan sayur asem.

Melansir Tempo.co, dari menurunkan kadar kolesterol hingga mencegah kanker usus besar, berikut tujuh manfaat buah kelor untuk kesehatan.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Biji kelor yang diolah menjadi minyak mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Studi dalam jurnal Nutrients Multidisciplinary Digital Publishing Institute mengemukakan, minyak biji kelor mengandung zat bernama stanol yang berfungsi mengurangi kadar kolesterol. Kandungan ini juga bisa ditemukan pada minyak sayur.

2. Mengatasi edema

Edema adalah pembengkakan yang terjadi akibat penumpukan cairan pada jaringan tubuh. Penelitian yang diterbitkan pada jurnal Dakar Medical menunjukkan, moringa mengandung antiinflamasi yang berguna untuk mengobati peradangan dalam tubuh, seperti pada edema.

3. Mengurangi risiko asma kambuh

Pada penderita asma, otot bronkiolus bengkak dan meradang. Hal ini membuat udara susah dihirup sehingga penderita asma menjadi sesak napas.

Studi dari jurnal Indian Journal of Pharmacology menemukan, kandungan senyawa alkaloid yang ada pada biji kelor mirip seperti obat asma efedrin. Senyawa alkaloid bekerja melemaskan otot bronkiolus yang menegang. Dengan demikian, senyawa ini dapat membantu penderita asma bernapas lebih baik.

4. Mencegah diabetes

Pada penelitian yang diterbitkan di jurnal Multidisciplinary Digital Publishing Institute menunjukkan, buah kelor memiliki sifat antihiperglikemia yang berguna untuk menurunkan gula darah tinggi akibat hiperglikemia.

Hiperglikemia umumnya disebabkan oleh asupan makanan dengan indeks glikemik tinggi. Sebagai cara mencegah lonjakan gula darah yang terlalu tinggi, pankreas umumnya menghasilkan insulin. Namun jika kerja pankreas terlalu keras, insulin pun tidak bisa diproduksi dengan sempurna. Gula darah menjadi tinggi dan meningkatkan risiko diabetes.

5. Mengurangi risiko kanker prostat

Biji kelor kaya kandungan glukosinat yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kelor juga membantu mencegah hiperplasia prostat jinak yang kerap dialami pria seiring dengan bertambahnya usia. Pada kasus ini, prostat menjadi membesar sehingga pria sulit buang air kecil.

6. Mencegah hipertensi

Moringa diketahui mengandung isothiocyanates dan niazimin. Kedua kandungan ini membantu menghentikan penebalan pembuluh darah yang menyebabkan tekanan darah meningkat. Saat tekanan darah tinggi, hal ini menyebabkan hipertensi.

7. Mencegah kanker usus besar

Kandungan seratnya yang tinggi membantu menurunkan risiko kanker usus besar. Bahkan, sebagian besar kandungan pada buah kelor adalah serat.

Penelitian terbitan jurnal Food Science and Human Wellness menemukan, jumlah kandungan serat dalam satu buah kelor dapat mencapai 46,78 persen. Serat diketahui bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Hasil seleksi penerimaan CPNS 2019 akhirnya resmi diumumkan serentak pada, Jumat, 30 Oktober 2020. Dari kuota 254.173 orang yang dibuka sejak awal, tidak semuanya berhasil terisi. "Ada beberapa...

SUKABUMIUPDATE.com - Ayo selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan kedisiplinan mematuhi kombinasi protokol kesehatan bisa menurunkan risiko penularan Covid-19 bahkan sampai 99,99 persen. “Ternyata 3M sangat ampuh...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki musim libur panjang dan cuti bersama pengujung Oktober 2020, anggota kepolisian lalu lintas Polres Sukabumi menyisir sejumlah objek wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (30/10/2020). Dalam kesempatan...

SUKABUMIUPDATE.com - Memanaskan makanan sudah jadi kebiasaan bagi masyarakat perkotaan. Entah karena kesadaran untuk tidak membuang-buang makanan atau tidak memiliki waktu untuk memasak makanan segar.  Banyak yang mengatakan bahwa makanan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya