Kombinasi Bawang Putih dan Madu, Baik untuk Kesehatan Jantung dan Otak

Kamis 13 Agustus 2020, 01:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bawang putih dan madu dikenal kaya khasiat untuk kesehatan. Sejak ratusan tahun silam, kedua bahan ini banyak digunakan untuk pengobatan karena kandungan antibakteri dan bisa menangkal penyakit. Belum lagi kandungan antioksidan dalam bawang putih dan madu yang sama-sama ampuh menangkal inflamasi. Keduanya juga bisa menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Melangutip Tempo.co, manfaat bawang putih dan madu akan semakin maksimal apabila cara penggunaan atau konsumsinya juga tepat. Bawang putih segar atau yang dicincang memiliki manfaat paling banyak. Kandungan allicin di dalamnya menjadi lebih tinggi. Namun, ketika bawang putih sudah dihancurkan artinya kandungan allicin cepat menguap sehingga sebaiknya langsung dikonsumsi.

Sementara suplemen bawang putih dalam bentuk bubuk juga bisa menjadi alternatif, namun dosisnya harus disesuaikan dengan kondisi setiap orang. Selain itu, minyak bawang putih juga bisa digunakan untuk memasak meskipun manfaat untuk kesehatannya lebih sedikit.

Untuk madu, jenis madu apapun memiliki khasiat yang berbeda-beda untuk kesehatan. Madu bisa dikonsumsi langsung untuk meredakan batuk, demam, atau radang tenggorokan. Baik madu hitam, madu putih, madu hutan, dan banyak jenis madu lainnya mengandung antioksidan tinggi.

Bahkan tak hanya untuk kesehatan, ada banyak manfaat madu untuk wajah jika digunakan sebagai masker. Madu juga bermanfaat untuk mengatasi luka atau iritasi dengan cara mengoleskannya langsung pada kulit. Kedua bahan ini mudah didapatkan. Berikut ini beberapa manfaat bawang dan madu. 

Manfaat bawang putih dan madu

1. Antibakteri

Menurut uji laboratorium, bawang putih dan madu bisa menghentikan aktivitas bakteri. Awalnya, kedua bahan ini diuji terpisah. Namun saat dikombinasikan, ternyata manfaat antibakterinya lebih baik lagi. Keduanya bisa menghentikan atau membuat pertumbuhan bakteri jadi lebih lambat.

Utamanya, bakteri yang menyebabkan penyakit seperti pneumonia dan keracunan makanan. Menariknya lagi, ada penelitian laboratorium lain yang menyebut kombinasi ekstrak bawang putih dan madu bisa mencegah infeksi bakteri yang tak bisa ditangkal obat antibiotik biasa.

2. Baik untuk jantung

Kandungan antioksidan dalam madu dan bawang putih membuatnya sangat baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, risiko mengalami penyakit jantung dan stroke pun bisa menurun apabila rutin mengonsumsi madu dan bawang putih.

Kombinasi madu dan bawang putih dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, mencegah penyumbatan darah, sekaligus menjaga pembuluh darah agar tidak menjadi kaku. Selain itu, kandungan molekul sulfur dalam bawang putih juga melindungi otot jantung dari kerusakan.

3. Kesehatan otak dan daya ingat

Baik bawang putih maupun madu sama-sama kaya antioksidan. Kandungan ini membantu melindungi kesehatan otak dari penyakit yang umum terjadi seperti demensia atau Alzheimer. Namun, penelitian terkait hal ini masih terus dikembangkan.

Berdasarkan temuan yang ada selama ini, ekstrak bawang putih mengandung kyolic acid, jenis antioksidan yang membantu melindungi kesehatan otak dari penyakit masa tua. Selain itu, manfaat bawang putih dan madu juga meningkatkan fokus dan daya ingat.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)