//
Menu

29 Jul 2020, 07:00 WIB

Tanpa Plastik! Ini Rekomendasi 5 Wadah Daging Kurban yang Ramah Lingkungan

Besek bambu digunakan sebagai wadah daging kurban di DeDurian Park. | Sumber Foto:Dokumentasi DeDurian Park

SUKABUMIUPDATE.com - Saat pembagian daging kurban, seringkali wadah yang digunakan tidak ramah lingkungan karena menggunakan plastik. Dilansir dari suara.com, mengingat jumlah daging yang dibagikan juga tidak sedikit, wadah plastik bisa terbuang sia-sia dan menumpuk.

Selain memperhatikan protokol kesehatan saat salat Idul Adha, proses pemotongan hewan kurban, serta pembagian daging kurban, ada baiknya juga memperhatikan wadah yang digunakan untuk daging.

Idul Adha tahun 2019 silam, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta penyaluran daging kurban menggunakan besek. Adapun Pemerintah Purwakarta yang juga meminta panitia kurban untuk tidak menggunakan plastik tetapi dedaunan seperti daun pisang atau daun jati.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi penumpukan sampah plastik. Mengingat jumlah sampah di Jakarta yang mencapai sekitar 7 ribu ton.

Menyadur Attainable Sustainable, berikut wadah yang bisa menjadi alternatif pengganti plastik untuk daging kurban.

5 Rekomendasi Wadah Daging Kurban Ramah Lingkungan 

1. Kantung Ziplock

Selain sifatnya yang rapat dan kedap udara, kantung ziplock juga sangat direkomendasikan untuk menyimpan makanan di dalam freezer. Kantong ziplock bisa digunakan berkali-kali untuk segala jenis makanan.

Kantong ziplock bisa didapatkan di toko peralatan rumah tangga dan tersedia dalam berbagai ukuran.

2. Besek bambu

Wadah yang mudah didapatkan ini bisa digunakan berkali-kali. Tak hanya untuk menyimpan daging, besek bambu juga bisa digunakan sebagai wadah sayur atau makanan yang lain.

Besek bambu mudah didapatkan dan harganya juga terjangkau.

3. Daun Pepaya

Daun pepaya selain mempunyai enzim yang akan bekerja sebagai pelembut dan penghilang bau prengus, bisa juga untuk membungkus daging.

Selain menggunakan daun pepaya, dedaunan yang bisa digunakan untuk membungkus daging yakni daun jambu dan daun jati.

4. Food Container

Food container mudah didapatkan di tempat penjualan alat rumah tangga. Selain ukurannya yang beragam, food container juga bisa digunakan berkali-kali.

Tak hanya daging, segala jenis makanan juga bisa disimpan dalam food container, baik yang berupa makanan padat ataupun cair.

5. Kantong belanja (reusable bag)

Reusable bag yang diciptakan mudah dicuci dan bisa digunakan berkali-kali cocok untuk wadah daging. Penggunaannya juga bisa diterapkan untuk bahan makanan yang lain.

Sebaiknya gunakan tas yang memiliki bahan selain kain agar tetap kering saat dibawa.

Itulah 5 rekomendasi wadah ramah lingkungan untuk daging kurban.

sumber: suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Satuan Tugas Percepatan Penanganan (STPP) Covid-19 Kota Sukabumi kembali mencatat adanya pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia. Berdasarkan data yang diberikan kepada awak media pada Rabu (25/11/2020),...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua DPD Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) Riau Ridwan Nurbaqin menjadi salah satu narasumber dalam acara seminar 'Prospek dari Tantangan Pengembangan Perluasan Tanam Komoditi Porang di Sumatera...

SUKABUMIUPDATE.com - Dua remaja hilang saat berenang di Bendungan Cikanteh aliran Sungai Cikanteh Kampung Cikanteh RT 02/01 Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu (25/11/2020). Perangkat Desa Ciwaru, Jajang Nurjaman...

SUKABUMIUPDATE.com - Para nelayan di Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi mengaku cukup khawatir setelah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo kena OTT KPK. Bukan tanpa alasan, para nelayan sebelumnya dilarang menangkap...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya