Menu

13 Jul 2020, 03:00 WIB

Benarkah Olahraga Malam Bikin Susah Tidur?

Olahraga di malam hari. | Sumber Foto: (Shutterstock)

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap orang memiliki waktu olahraga yang berbeda. Ada yang gemar olahraga pagi hari lantaran cuaca masih sejuk. Tapi tak sedikit memilih olahraga saat sore bahkan malam usai selesai bekerja.

Pemilihan waktu berolahraga sebenarnya tidak terlalu menjadi soal. Namun, ada anggapan yang menyebut olahraga malam membuat Anda sulit tidur.

Melansir Suara.com, dokter spesialis keolahragaan dr. Andhika Raspati, SpKO mengatakan bahwa tubuh manusia memiliki jam biologis. Sehingga menurutnya, jika ingin olahraga saat malam hari sebaiknya jangan dekat dengan waktu tidur.

"Tubuh ada jam biologisnya. Dia akan mengatur, meregulasi kapan harus on, kapan kerja, dan kapan recovery, pemulihan," kata Andhika dalam siaran langsung Instagram, Minggu (12/7/2020).

Ia menjelaskan, tubuh akan melakukan pemulihan usai digunakan berolahraga. Dan yang dibutuhkan untuk mempercepat proses pemulihan itu yakni nutrisi dan istirahat.

"Artinya kalau jam tidur dipakai untuk olahraga justru bikin sakit seperti hipertensi, jantung, dan lainnya," katanya.

Selain itu, jika olahraga, apalagi dengan intensitas tinggi, dilakukan berdekatan dengan jam tidur maka kemungkinan denyut nadi belum teratur. Juga metabolisme belum kembali normal, jelas Andhika.

"Nanti dilhawatirkan tubuh malah segar. Misal olahraga sampai jam 10 (malam) dia masih segar, nadi masih tinggi, metabolisme masih naik. Usahakan olahraga selesai dua jam sebelum jam tidur," ujar Andhika.

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kegagalan Juventus di Liga Champions musim ini memberikan duka yang mendalam buat Cristiano Ronaldo. Pemain 35 tahun itu pun sampai curhat di akun Instagram pribadinya. Melansir Suara.com, Juventus...

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi ikut serta dala. gerakan donor darah yang digagas komunitas lari Indorunners Sukabumi, yang digelar di Citimall Kota Sukabumi, Minggu (9/8/2020). Kegiatan tersebut digelar...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai strategi meningkatkan kualitas pembelajaran di masa pandemi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah memastikan membagikan gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara (ASN), termasuk pegawai negeri sipil (PNS) dan non-PNS.  Melansir Tempo.co, aturan pemberian gaji ke-13 tertuang dalam Peraturan Pemerintah No...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya