Langkah Simpel Kurangi Berat Badan, Atur Porsi Hingga Cegah Stres

Senin 29 Juni 2020, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap orang tentu ingin memiliki berat badan ideal. Tak heran banyak orang terus mencoba menurunkan berat badan dengan berbagai cara. Terutama dengan cara yang serba cepat dan instan. Tapi, menurunkan berat badan dengan cara yang tidak tepat justru berbahaya untuk tubuh.

Tentu saja demi menurunkan berat badan dengan cepat, Anda harus rela berkorban untuk mematuhi berbagai aturan diet. Terutama mengenai makanan dan olahraga. Hal ini membuat banyak orang menyerah karena merasa tersiksa. Ada beragam cara menurunkan berat badan dengan cepat dan tepat yang dapat Anda lakukan. 

Dilansir dari tempo.co, inilah cara menurunkan berat badan dengan cepat dan tepat 

1. Kurangi porsi makanan

Ketika Anda makan, potonglah porsinya menjadi setengah. Potong asupan karbohidrat, protein, dan gula, namun jaga agar porsi sayur dan buah tetap penuh.  Dengan melakukan hal ini, rasa lapar akan berkurang dan Anda akan makan lebih sedikit kalori. Oleh sebab itu, berat badan pun bisa turun dengan cepat.

2. Makan makanan rendah kalori dan kaya serat

Jika Anda tidak ingin makan porsi yang lebih sedikit karena takut tidak kenyang, angan usah khawatir. Ada cara lain yang dapat Anda lakukan agar tetap bisa makan kenyang sembari berusaha menurunkan berat badan. Kuncinya, cukup dengan menambahkan makanan yang rendah kalori atau tanpa kalori ke dalam piring makan Anda.

Beberapa contoh makanan rendah kalori atau tanpa kalori yang dapat Anda konsumsi, misalnya sayuran berdaun hijau, ikan, telur, kacang-kacangan, dan sebagainya. Bukan hanya rendah kalori, pilih juga makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan dan biji-bijian, karena dapat meningkatkan rasa kenyang. Sensasi cepat kenyang membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat karena Anda tidak lagi mengidam cemilan-cemilan tidak sehat.

3. Mengonsumsi protein ketika sarapan

Protein mampu mengatur hormon nafsu makan menciptakan perasaan kenyang. Mengonsumsi protein dapat menurunkan hormon lapar, serta meningkatkan hormon kenyang peptida YY, GLP-1, dan cholecystokinin. Sarapan tinggi protein akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak perlu cepat makan dengan porsi banyak. Contoh asupan tinggi protein yang baik untuk sarapan, yakni gandum dan telur.

4. Biasakan naik tangga

Menaiki tangga merupakan cara yang baik untuk membakar kalori dalam jumlah besar. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan cara cepat dan efisien dalam membentuk pinggul, paha, serta kaki yang lebih ramping. Anda dapat membiasakan diri menaiki tangga dalam aktivitas normal sehari-hari, seperti saat di kantor atau di mall.

5. Tidak minum alkohol

Berhenti mengonsumsi alkohol dapat menjadi cara ampuh untuk bantu menurunkan berat badan. Jika Anda berhenti mengonsumsinya, secara signifikan Anda akan mengurangi asupan kalori sehingga membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

6. Mengonsumsi sup kaldu sebelum makan

Sup kaldu mengandung sedikit kalori dan dapat membantu Anda kenyang sehingga tidak akan makan terlalu banyak setelahnya. Selain itu, sup kaldu hangat juga memperlambat proses makan. Dengan ini, nafsu makan Anda dapat berkurang dan penurunan berat badan pun bisa terjadi dengan cepat.

7. Minum lebih banyak air putih

Rasa lapar dan haus seringkali tertukar. Tidak jarang Anda mengira sedang lapar, padahal sebetulnya membutuhkan air bukan makanan. Hal ini dapat membuat Anda lebih banyak mengonsumsi kalori ekstra ketika haus. Anda bisa menghindari masalah ini dengan minum lebih banyak air putih agar tetap terhidrasi. Sebelum makan atau ngemil, minumlah segelas air penuh. Ini dapat membuat Anda merasa kenyang.

8. Rutin angkat beban

Olahraga adalah salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat, khususnya dengan rutin angkat beban. Dengan melakukan angkat beban, Anda akan membakar banyak kalori dan mencegah metabolisme melambat sehingga berat badan dapat turun dengan cepat. Jika Anda enggan melakukan angkat beban, Anda dapat melakukan latihan kardio, seperti berjalan, joggin, ataupun berenang.

9. Tidur cukup

Tidur kurang dari 5-6 jam per malam dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas. Hal ini disebabkan karena kurang tidur dapat memperlambat proses metabolisme (tubuh mengubah kalori menjadi energi). Ketika metabolisme kurang efektif, tubuh pun akan menyimpan energi yang tidak digunakan sebagai lemak. Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan produksi insulin dan kortisol yang memicu penyimpanan lemak. Maka, sebaiknya Anda tidur dengan cukup agar tidak terjadi penumpukan lemak sehingga dapat membantu penurunan berat badan dengan cepat.

10. Hindari stres

Anda juga harus menghindari stres agar nafsu makan Anda tidak meningkat dan berat badan dapat turun cepat.

sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)