Cerita Dibalik Sembuhnya Positif Covid-19 Asal Surade Sukabumi

Senin 08 Juni 2020, 13:17 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bekerja puluhan tahun sebagai kuli pikul di Pasar Induk Jakarta, Emuh pria berusia 48 tahun (sebelumnya disebutkan 44) warga Kampung Sindanghayu, Desa Wanasari, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, tentunya banyak berinteraksi dengan banyak orang di tempat pasar tersebut. 

Emuh itu pun tidak menyangka dirinya positif Covid-19 setelah merasa tidak sehat badan. Emuh dinyatakan positif Covid-19 dari hasil swab test yang dilakukan di RSUD Jampang Kulon Kabupaten Sukabumi

"Bekerja sebagai buruh pikul di Jakarta, sudah hampir 25 tahun, namun mengalami gangguan kesehatan seperti batuk dan sakit dada baru setahun ini," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (8/6/2020).

BACA JUGA: Warga Wanasari Surade Sukabumi Sambut Pasien Covid-19 yang Sembuh

Kejadian yang dialami Emuh berawal dari dirinya yang merasa tidak enak badan saat di Jakarta awal Mei lalu. Saat itu di Jakarta, dia sempat dipijat dan dikerok adiknya, namun sakit tak kunjung hilang. Dirinya pun memutuskan untuk pulang ke kampung halaman, Jumat (8/5/2020). 

Emuh oleh keluarganya lantas dibawa ke RSUD Jampang Kulon pada Senin (11/5/2020). Pulang dari zona merah dan menunjukan gejala yang mengarah ke Covid-19, Emuh pun dirawat di RSUD Jampang Kulon dan dinyatakan pasien positif.

Menerima kenyataan sebagai positif Covid-19 membuat dia dan keluarga sedih. Dirinya tidak menduga terjangkit virus Corona yang pertama kali menyebar di Wuhan, Cina.

BACA JUGA: PSBB Parsial Setelah Warga Positif Covid-19, Desa Wanasari Surade Sukabumi Perketat Akses Masuk

"Kaget dan campur sedih juga bahkan menagis sekeluarga saat divonis positif hingga akhirnya dirawat di ruang isolasi selama lima hari. Namun saya pun sempat heran kenapa adik saya, yang selama sakit di Jakarta, memijat dan mengobati tidak apa-apa, padahal katanya virus corona sangat cepat menular," jelasnya.

Setelah lima hari dirawat, Emuh lalu diperbolehkan pulang saat menjelang lebaran dengan status pasien positif. Sesudah lebaran E dilakukan kembali isolasi di RSUD Jampang Kulon selama 12 hari. Emuh dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani test swab ke-1 dan ke-2. Kemudian hasil swab test ke-4 dinyatakan negatif. 

BACA JUGA: Update 23/5/2020: Surade Jadi Zona Merah, Positif Covid Kabupaten Sukabumi Bertambah

Sedangkan hasil swab test ke-3 masih menunggu hasil dari Labkesda Provinsi Jawa Barat. Kemudian hasil swab test ke-5 juga masih menunggu hasil dari pemeriksaan di RSUD Palabuhanratu. 

"Saya pribadi, maupun keluarga, selama ini hanya mengetahui status positif dan negatif, hanya lewat lisan perangkat Desa Wanasari, tidak pernah melihat hasil secara tertulis baik itu negatif ataupun positif," ungkapnya.

BACA JUGA: Riwayat Perjalanan Positif Covid-19 Asal Surade Sukabumi

Emuh dan keluarganya merasa sedih dengan kondisi seperti ini karena selama tiga minggu harus mengisolasi diri tidak boleh keluar dan interaksi dengan warga. Bahkan tetangga yang lewat depan rumah pun, langsung pakai masker, tapi setelah lewat dibuka lagi.

"Mungkin takut ketularan, bukan karena benci. Ya gimana tidak sedih sekeluarga tidak bisa keluar rumah, apalagi saat lebaran," jelasnya.

BACA JUGA: Pulang ke Sukabumi Dalam Keadaan Sakit, Buruh Pasar Induk Jakarta Berstatus PDP

Emuh dan keluarganya pun menjadi viral di medsos dengan kejadian yang dialaminya. "Apalagi sudah rame di medsos. Kalau pribadi dan keluarga sebenarnya menerima apapun keputusan baik positif maupun negatif, asalkan ada penjelasan secara tertulis dari pihak terkait, " ungkapnya.

Dia katakan, ketika dipulangkan setelah dirawat untuk yang pertama kalinya maka dia harus melakukan isolasi mandiri di rumah sehingga harus berjauhan dengan anak dan istri.

"Kalau saya ada diruang depan, anak istri di ruang belakang, dan begitu sebaliknya, yang paling sedih anak bungsu usia 4 tahun pengen jajan, tapi tidak bisa keluar," ungkapnya.

BACA JUGA: Swab Test ke-4 Negatif, Positif Covid-19 di Surade Sukabumi Sembuh

 Emuh pun menceritakan apa yang dilakukannya saat diisolasi di RSUD Jampang Kulon. "Biasa saja dikasih obat, makan hanya tidak bisa ketemu keluarga saja. Kalau batuk dikasih obat batuk, makan dan minum obat (vitamin)," tuturnya.

Kendati sudah dinyatakan sehat namun Emuh masih batuk batuk dan sakit di dada. "Bahkan istri bilang kalau belum sehat betul sudah saja dirawat di rumah sakit, jangan pulang, nanti ada yang datang lagi, menjemput untuk ke rumah sakit, dan nanti keluarga di isolasi lagi. Kalau obat ada dikasih, namun tidak ada terasanya, sehingga beli di apotek obat batuk," terangnya

"Untuk bantuan sendiri, Alhamdulillah ada dari pak Kades, dan kemarin juga dapat Bansos Gubernur, yang langsung diterima oleh istri," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock