Mau Kulit Tetap Sehat, Konsumsi Alpukat dan 6 Makanan Ini

Kamis 28 Mei 2020, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Perawatan kulit tak cukup hanya dengan mengoleskan produk dari luar, seperti krim, serum atau losion. Dilansir dari tempo.co, anda juga perlu menjaga kesehatan kulit dengan mengonsumsi makanan sehat, agar nutrisi yang dibutuhkan dapat bekerja dari dalam.

Ada beragam makanan yang sehat untuk kulit dan perlu Anda variasikan di meja makan, agar kulit tetap sehat, bercahaya dan paripurna. Makanan-makanan ini pun mudah dicari dan murah harganya.

Berikut ini 7 makanan yang sehat untuk kulit

1. Alpukat

Buah alpukat merupakan sumber lemak sehat. Lemak sehat memberikan banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan kulit. Dalam sebuah riset yang dimuat dalam The British Journal of Nutrition, konsumsi lemak sehat, termasuk dari buah alpukat, dikaitkan dengan kulit yang kenyal dan elastis.

Buah alpukat pun mengantongi vitamin E dan vitamin C. Vitamin C diperlukan tubuh dalam memproduksi kolagen, jenis protein utama yang membantu kulit tetap kuat dan sehat. Kekurangan vitamin C juga dikaitkan dengan kulit kering dan kasar. Sementara itu, vitamin E dapat bertindak sebagai molekul antioksidan. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin E amat esensial untuk melindungi kulit dari dari radikal bebas dan peradangan.

2. Ikan berlemak

Ikan salmon dan ikan makarel merupakan contoh ikan berlemak yang menyehatkan untuk kulit. Seperti alpukat, ikan berlemak juga mengandung lemak sehat, seperti asam lemak omega-3, nutrisi yang dapat memelihara kesehatan kulit. Di samping omega-3, ikan berlemak juga mengandung zinc, jenis mineral yang dapat mengendalikan peradangan dan berperan dalam produksi sel kulit yang baru. Tak lupa, ikan berlemak mengandung vitamin E yang penting untuk kulit karena sifat antioksidannya.

3. Ubi jalar

Siapa sangka, ubi jalar merupakan salah satu makanan yang sehat untuk kulit. Kandungan kunci dalam ubi jalar adalah beta-karoten, jenis karotenoid yang dapat bertindak sebagai sunblock alami. Molekul antioksidan ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, serta berpotensi mencegah sunburn dan kulit kering. Dengan mengkonsumsi beta-karoten dengan rutin juga dikaitkan dengan efek oranye dan hangat pada kulit – sehingga terlihat lebih sehat.

4. Sayur brokoli

Sayur brokoli merupakan salah satu makanan yang sangat menyehatkan. Sayuran ini mengandung nutrisi yang baik untuk kulit, seperti zinc, vitamin A, hingga vitamin C. Sayur brokoli juga mengandung lutein, karotenoid lain yang dapat bekerja menyerupai beta-karoten. Lutein dapat melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, sebuah proses yang dapat memicu kulit menjadi kering dan mengerut.

Tak sampai di situ, brokoli juga mengandung senyawa yang disebut sulforaphane. Menurut beberapa riset, sulforaphane memberikan efek protektif dari kerusakan akibat sinar matahari. Senyawa ini pun dilaporkan dapat memelihara kadar kolagen di tubuh.

5. Tomat

Makanan yang sehat untuk kulit lainnya adalah tomat, yang mungkin sangat sering Anda konsumsi. Buah ini mengandung nutrisi yang krusial untuk kulit, termasuk vitamin C dan karotenoid. Salah satu karotenoid dalam tomat adalah likopen. Seperti beta-karoten dan lutein, likopen juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Nutrisi ini juga berpotensi untuk mencegah kerutan. Anda bisa mengonsumsi tomat dengan mencampurkannya bersama sumber lemak baik, seperti keju atau minyak zaitun. Lemak dapat mengoptimalkan penyerapan senyawa-senyawa karotenoid.

6. Teh hijau

Teh hijau disebut-sebut sebagai salah satu minuman paling sehat di dunia. Tak hanya menjaga kesehatan organ di dalam tubuh, teh hijau juga memiliki potensi untuk melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan.

Teh hijau mengandung beragam molekul antioksidan, sehingga dilaporkan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Teh hijau juga membantu meningkatkan kelembapan kulit, serta ketebalan dan elastisitasnya. Dalam mengonsumsi teh hijau, kita tak disarankan meminumnya bersama susu. Sebab, susu ternyata malah mengurangi efek antioksidan di dalam teh hijau.

7. Kacang kedelai

Kacang kedelai mengandung isoflavon, senyawa tumbuhan yang juga berpotensi baik untuk kulit. Sebuah riset kecil dalam Journal of Nutritional Science and Vitaminology melaporkan, responden wanita yang mengonsumsi isoflavon kedelai berhasil mengurangi kerutan halus serta meningkatkan elastisitas kulit selama 8-12 minggu. Beberapa laporan lain juga menyebutkan, isoflavon memiliki potensi untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari – sehingga menurunkan risiko seseorang terkena kanker kulit.

Selain nutrisi dalam makanan yang sehat untuk kulit di atas, beberapa nutrisi lain juga berperan penting agar kulit tetap bersinar, misalnya Vitamin A, yang memiliki efek antioksidan dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari, protein nutrisi makro yang diolah tubuh menjadi asam amino – yang kemudian digunakan untuk memproduksi kolagen, serta selenium jenis mineral yang memiliki efek antioksidan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Internasional19 April 2024, 02:02 WIB

Bencana Banjir Melanda Dubai, Ilmuan Peringatkan Hal Ini

Bencana alam berupa banjir melanda Dubai, Uni Emirat Arab, pada hari Selasa (16/4/2024), setelah hujan deras mengguyur negara tersebut.
Bencana Banjir Melanda Dubai | Foto : Capture video youtube HAG Weather
Keuangan19 April 2024, 01:29 WIB

6 Tanda Kamu Lebih Cocok Jadi Pebisnis Ketimbang Karyawan, Ini Buktinya

Sesungguhnya ada beberapa tanda yang menjadi petunjuk orang lebih cocok jadi pebisnis daripada karyawan
Tanda orang lebih cocok jadi pebisnis  | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Inspirasi19 April 2024, 01:19 WIB

5 Tipe Overthinking yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Termasuk yang Mana?

Overthingking sejatinya dibagi ke dalam beberapa tipe yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Mari simak penjelasan berikut
Tipe orang overthingking | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi19 April 2024, 00:53 WIB

Warga Keluhkan Sampah Dekat Terminal Sagaranten Sukabumi, Tidak Ada TPS Meski Iuran

Sejumlah pedagang dan warga mengeluhkan pengolahan sampah di sekitar Terminal Sagaranten Kabupaten Sukabumi
Warga Sagaranten sedang membersihkan sampah yang menumpuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi18 April 2024, 22:56 WIB

Anggota DPRD Beri Apresiasi Libur Lebaran 2024 di Sukabumi Nihil Korban Jiwa

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim gabungan atas keberhasilan mereka dalam meningkatkan keamanan di objek wisata selama libur Lebaran 2024.
Badri Suhendi, Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola18 April 2024, 22:54 WIB

Hasil Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia Bungkam Australia 1-0

Gol Komang Teguh membawa Timnas Indonesia U-23 kalahkan Australia di Piala Asia U-23 2024.
Komang Teguh cetak gol satu-satunya Timnas Indonesia U-23 atas Australia di Piala Asia U-23 2024 Qatar. (Sumber : PSSI)
Sukabumi Memilih18 April 2024, 21:56 WIB

Usai Daftar di Demokrat dan PDIP, Ayep Zaki Buka Opsi Maju Pilwalkot Sukabumi Lewat Koalisi Besar

Pengusaha sekaligus Pembina FKDB, Ayep Zaki resmi menyerahkan berkas formulir pendaftaran bakal calon wali kota / wakil wali kota ke dua partai politik di Kota Sukabumi, yaitu Partai Demokrat dan PDI Perjuangan
H. Ayep Zaki resmi mendaftar ke Partai Demokrat dan PDIP untuk maju Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Syams
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).