Menu

28 Mei 2020, 12:31 WIB

Melihat Persentase Kasus Positif Covid-19 di Sukabumi dari Jumlah Sampel PCR yang Diuji

Ilustrasi sampel swab untuk uji PCR covid-19 | Sumber Foto:pixabay

SUKABUMIUPDATE.com – Angka kasus warga Sukabumi baik kota maupun kabupaten yang dinyatakan positif corona berdasarkan hasil uji PCR (polymerase chain reaction) sampel swab masih dibawah 20 persen. Gugus tugas percepatan penanganan covid-19, pemda Kota dan Kabupaten Sukabumi hingga saat ini, Kamis (28/5/2020) masih menunggu ratusan hasil uji PCR sampel swab dari laboratorium kesehatan daerah Jawa Barat di Bandung.

Per hari Rabu kemarin, data gugus tugas menyebutkan ada 61 kasus positif covid-19 di Kota Sukabumi, 33 pasien dalam pengawasan (perawatan) dan 28 pasien sudah diperbolehkan pulang dinyatakan sembuh berdasarkan uji sampe PCR. Juru bicara media center gugus tugas Kota Sukabumi, Wahyu Andriana menegaskan masih ada 171 sampel swab yang masih diuji PCR Labkesda Jawa Barat.

Gugus tugas penanganan covid-19 Kota Sukabumi sudah mengirimkan 553 sampel swab untuk uji PCR. Dari jumlah ini 382 sampel hasil uji PCR covid-19 sudah keluar, dimana 321 sampel (58,1 persen) dinyatakan negatif dan 61 sampel terkonfirmasi positif terpapar virus corona (11.1 persen).

BACA JUGA: Update 27/5/2020: Warga Kota Sukabumi Pertahankan Tanpa Penambahan Kasus Covid-19

“Ini jumlah sampel yang mulai kita kirim sejak bulan Mei 2020 hingga saat ini. Sampel swab ini kami kirim setiap minggu ke Labkesda Jabar. Kita masih menunggu hasil uji pcr dari 171 sampe yang masih dalam proses, semoga semuanya negatif,” jelas Wahyu.

Sampel swab diambil dari PDP (pasien dalam pengawasan) dan ODP (orang dalam pemantauan) yang memiliki gejala klinis dan tracing dari riwayat contak erat dengan pasien positif atau hasil rapid test reaktif.

Sedangkan untuk uji PCR, gugus tugas covid-19 Kabupaten Sukabumi hingga Rabu kemarin sudah mengirimkan 144 sampel swab.  Dari jumlah ini yang sudah keluar hasil uji lab dari labkesda Jabar baru 109 sampel, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi masih menunggu 35 sampel lainnya yang masih dalam proses.

Berdasarkan laporan update gugus tugas per tanggal 27 Mei 2020 kemarin, angka kasus yang terkonfirmasi positif covid-19 ada 27 kasus atau 18,89 persen dari hasil swab yang sudah keluar. 82 sampel swab lainnya dinyatakan negatif virus corona atau 56,9 persen.

BACA JUGA: Update 27/5/2020: Positif Covid 19 Kabupaten Sukabumi Bertambah, Perempuan Dari Sukaraja

Dari 27 kasus positif di Kabupaten Sukabumi ini, 18 pasien masih dalam pengawasan dan menjalani isolasi mandiri di sejumlah fasilitas rujukan. Gugus tugas menyatakan 9 pasien sudah dalam status negatif corona berdasarkan swab test akhir, alias sembuh.

Sekedar informasi, uji PCR atau polymerase chain reaction adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona di dunia termasuk Indonesia.

 

Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Komunitas Zero Waste Indonesia (ZWID) mengajak tidak membeli baju baru selama tiga bulan  mulai 15 Juli higga 15 Oktober 2020. Gerakan ini merupakan implementasi slow fashion untuk...

SUKABUMIUPDATE.com - Google telah membagikan detail tentang rencana fitur yang akan datang untuk aplikasi panggilan videonya, Google Meet. Dikutip dari Suara.com, peningkatan ini untuk menggoda pengguna beralih dari opsi...

SUKABUMIUPDATE.com - Kota Tsuwano di Prefektur Shimane, Jepang, terkenal dengan saluran airnya yang jernih. Ikan-ikan koi berenang dengan elok di selokan yang jernih itu. Nah, bila ingin pemandangan serupa...

SUKABUMIUPDATE.com - Mata cekung bisa membuat penampilan Anda terlihat lesu dan tak segar sehingga kurang percaya diri. Selain cekungan di bawah mata, kondisi ini juga ditandai dengan bayangan gelap...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya