Menu

18 Peb 2020, 12:00 WIB

Ikan Teri Kaya Gizi, Baik untuk Kesehatan Tulang hingga Jantung

Ilustrasi ikan teri. | Sumber Foto:(Pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Popularitas ikan teri sebagai sumber nutrisi kalah jauh dibandingkan dengan salmon atau tuna. Padahal, ikan berukuran kecil ini memiliki manfaat yang tak kalah besar, dari menguatkan tulang, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga memperlambat penuaan dini pada kulit.

Berikut ini tujuh manfaat ikan teri yang baik untuk tubuh.

1. Baik untuk kesehatan jantung

Ikan teri mengandung banyak lemak tak jenuh ganda yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL di tubuh. Saat kadar kolesterol jahat menurun, maka risiko terjadinya serangan jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak kolesterol, juga dapat berkurang.

2. Menguatkan tulang

Berbagai vitamin dan mineral yang terkandung di dalam ikan teri bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi ikan ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya osteoporosis maupun kelainan tulang lainnya.

Kalsium dan vitamin A yang terkandung pada ikan teri juga baik untuk pertumbuhan tulang. Kalsium pun bermanfaat untuk menjaga gigi tetap kuat dan sehat.

3. Baik untuk yang sedang diet

Manfaat ikan teri yang satu ini bukan terjadi akibat ukurannya yang kecil, tapi karena kandungan proteinnya yang tinggi dan kalorinya yang rendah. Kedua hal tersebut merupakan kunci dari menu diet yang sehat. Tentu, cara mengolah ikan teri juga akan berpengaruh. Jadi, pilihlah yang diolah secara sehat.

4. Menyehatkan mata

Ikan teri kaya akan kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Bahkan, mengonsumsi ikan teri dinilai bisa membantu mencegah glaukoma berkembang menjadi lebih parah. Ikan teri pun dipercaya dapat mencegah degenrasi makula dan katarak.

Meski begitu, mengonsumsi ikan teri bukanlah satu-satunya cara untuk menyehatkan mata. Hanya mengonsumsi ikan teri juga serta-merta membuat indra penglihatan Anda menjadi jauh dari kerusakan.

5. Mencegah penuaan dini pada kulit

Mengonsumsi ikan teri dipercaya dapat bantu memperbaiki kondisi kulit menjadi lebih halus. Tak hanya itu, ikan kecil ini juga dinilai mampu bantu mencegah munculnya jerawat dan keriput yang berhubungan dengan penuaan dini.

6. Memperbaiki sel dan jaringan

Kandungan protein yang ada di dalam ikan teri, mampu membantu metabolisme sel dan pertumbuhan serta perbaikan jaringan ikat. Secara umum, protein memang baik untuk membantu tubuh melakukan berbagai mekanisme perbaikan diri.

7. Kaya mineral yang baik untuk tubuh

Di balik ukurannya yang kecil, ikan teri ternyata juga kaya akan zat besi yang baik untuk menjaga sirkulasi darah. Kandungan selenium yang ada di dalamnya juga dapat menjaga fungsi pembuluh darah dan produksi hormon tiroid.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi global ketiga yang disebabkan oleh virus corona baru membuat sebagian besar orang di seluruh dunia cemas. Dilansir dari suara.com, kecemasan ini membuat masyarakat melakukan panic buying, yakni...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah video singkat memperlihatkan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi bersama Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Hamami dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada melakukan video conference bersama jajaran...

SUKABUMIUPDATE.com - Merebaknya virus corona baru atau Covid-19 membuat masyarakat semakin memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan. Melansir dari tempo.co, anda bisa menggunakan air dan sabun sebagai senjata utama untuk...

SUKABUMIUPDATE.com - Status kegawatdaruratan Kota Sukabumi bakal meningkat setelah seorang warga terkonfirmasi positif Corona dari hasil swab. Hal ini diungkapkan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi pada konferensi pers di Kantor...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya