Selain untuk Kesuburan, Taoge Bermanfaat untuk Kulit dan Jantung

Jumat 14 Februari 2020, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kecambah atau taoge selama ini selalu dikaitkan dengan kesuburan pria. Padahal, manfaat kecambah tak hanya terbatas soal itu. Tanaman yang satu ini rupanya juga dianggap baik untuk kulit dan jantung. Bahkan, kedua manfaat yang barusan disebutkan, hanyalah sebagian kecil dari khasiat kecambah.

Manfaat kecambah yang selain untuk kesuburan memang belum banyak diketahui. Agar tidak semakin penasaran, berikut ini khasiat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi si putih yang lezat ini.

1. Kaya antioksidan

Kacang hijau adalah salah satu tanaman yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kadar antioksidan tersebut, dapat bertambah ketika kacang hijau dikembangkan menjadi kecambah. Bahkan, antioksidan yang ada di dalam kecambah disebut enam kali lebih besar dibandingkan dengan kacang hijau.

Antioksidan adalah komponen yang sangat baik bagi tubuh. Sebab, ia dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas yang memicu kerusakan sel dan mencegah berbagai penyakit berbahaya.

2. Baik untuk diet

Kecambah juga kaya akan serat. Hal ini membuatnya baik untuk para pejuang diet karena akan menjaga perut kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk makan pun bisa berkurang.

Kecambah yang berasal dari kacang-kacangan juga bisa menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh. Protein merupakan komponen penting dalam proses penurunan berat badan. Sebab, protein dapat membantu menekan nafsu makan sehingga menurunkan asupan kalori harian.

3. Membantu menurunkan gula darah

Manfaat kecambah yang satu ini, juga didapatkan dari kandungan serat yang ada di dalamnya. Serat akan memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, sehingga mencegah kenaikan kadar gula darah dan menurunkan kadarnya.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Mengonsumsi kecambah juga dinilai dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Sebab, tanaman yang satu ini dipercaya juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Keduanya merupakan faktor risiko utama dari penyakit jantung.

5. Meredakan stres dan gangguan kecemasan

Manfaat kecambah yang satu ini mungkin bagi sebagian orang cukup mengherankan. Namun, kecambah mengandung vitamin C, zinc, dan magnesium. Ketiga komponen tersebut dipercaya dapat menyeimbangkan suasana hati, meredakan kecemasan, dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.

6. Baik untuk kulit

Masih ingat bahwa kecambah mengandung antioksidan yang cukup tinggi? Kandungan ini membuatnya juga baik untuk kesehatan kulit. Sebab, antioksidan akan membantu mencegah efek paparan radikal bebas berlebih, seperti kulit keriput dan bekas luka. Antioksidan juga akan membantu kulit terlihat lebih kenyal dan sehat.

7. Membantu mencegah bayi cacat lahir

Kecambah juga mengandung asam folat. Komponen ini penting dalam kehamilan, karena bisa membantu menurunkan risiko bayi lahir dalam kondisi cacat. Meski begitu, ibu hamil perlu lebih berhati-hati dalam mengonsumsi kecambah. Pastikan kecambah dimasak hingga matang untuk menghindari risiko kontaminasi bakteri.

8. Memperlancar pencernaan

Serat adalah komponen yang berperan penting sehingga manfaat kecambah yang satu ini bisa didapatkan. Konsumsi serat yang cukup sangat penting untuk kelancaran pencernaan. Serat juga bisa bantu meredakan gejala diare dan konstipasi.

9. Mempercepat penyembuhan luka

Kecambah juga terkenal dengan kandungan vitamin K yang dimilikinya. Seperti yang kita tahu, vitamin K sangatlah dibutuhkan dalam proses pembekuan darah.

Kecambah juga mengandung vitamin C yang diperlukan untuk memproduksi kolagen. Kolagen merupakan komponen paling dasar untuk memperbaiki kerusakan di pembuluh darah, jaringan, sel, dan otot.

 

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer