Menu

14 Peb 2020, 14:00 WIB

Selain untuk Kesuburan, Taoge Bermanfaat untuk Kulit dan Jantung

Ilustrasi taoge atau kecambah | Sumber Foto:(Pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Kecambah atau taoge selama ini selalu dikaitkan dengan kesuburan pria. Padahal, manfaat kecambah tak hanya terbatas soal itu. Tanaman yang satu ini rupanya juga dianggap baik untuk kulit dan jantung. Bahkan, kedua manfaat yang barusan disebutkan, hanyalah sebagian kecil dari khasiat kecambah.

Manfaat kecambah yang selain untuk kesuburan memang belum banyak diketahui. Agar tidak semakin penasaran, berikut ini khasiat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi si putih yang lezat ini.

1. Kaya antioksidan

Kacang hijau adalah salah satu tanaman yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kadar antioksidan tersebut, dapat bertambah ketika kacang hijau dikembangkan menjadi kecambah. Bahkan, antioksidan yang ada di dalam kecambah disebut enam kali lebih besar dibandingkan dengan kacang hijau.

Antioksidan adalah komponen yang sangat baik bagi tubuh. Sebab, ia dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas yang memicu kerusakan sel dan mencegah berbagai penyakit berbahaya.

2. Baik untuk diet

Kecambah juga kaya akan serat. Hal ini membuatnya baik untuk para pejuang diet karena akan menjaga perut kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk makan pun bisa berkurang.

Kecambah yang berasal dari kacang-kacangan juga bisa menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh. Protein merupakan komponen penting dalam proses penurunan berat badan. Sebab, protein dapat membantu menekan nafsu makan sehingga menurunkan asupan kalori harian.

3. Membantu menurunkan gula darah

Manfaat kecambah yang satu ini, juga didapatkan dari kandungan serat yang ada di dalamnya. Serat akan memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, sehingga mencegah kenaikan kadar gula darah dan menurunkan kadarnya.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Mengonsumsi kecambah juga dinilai dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Sebab, tanaman yang satu ini dipercaya juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Keduanya merupakan faktor risiko utama dari penyakit jantung.

5. Meredakan stres dan gangguan kecemasan

Manfaat kecambah yang satu ini mungkin bagi sebagian orang cukup mengherankan. Namun, kecambah mengandung vitamin C, zinc, dan magnesium. Ketiga komponen tersebut dipercaya dapat menyeimbangkan suasana hati, meredakan kecemasan, dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.

6. Baik untuk kulit

Masih ingat bahwa kecambah mengandung antioksidan yang cukup tinggi? Kandungan ini membuatnya juga baik untuk kesehatan kulit. Sebab, antioksidan akan membantu mencegah efek paparan radikal bebas berlebih, seperti kulit keriput dan bekas luka. Antioksidan juga akan membantu kulit terlihat lebih kenyal dan sehat.

7. Membantu mencegah bayi cacat lahir

Kecambah juga mengandung asam folat. Komponen ini penting dalam kehamilan, karena bisa membantu menurunkan risiko bayi lahir dalam kondisi cacat. Meski begitu, ibu hamil perlu lebih berhati-hati dalam mengonsumsi kecambah. Pastikan kecambah dimasak hingga matang untuk menghindari risiko kontaminasi bakteri.

8. Memperlancar pencernaan

Serat adalah komponen yang berperan penting sehingga manfaat kecambah yang satu ini bisa didapatkan. Konsumsi serat yang cukup sangat penting untuk kelancaran pencernaan. Serat juga bisa bantu meredakan gejala diare dan konstipasi.

9. Mempercepat penyembuhan luka

Kecambah juga terkenal dengan kandungan vitamin K yang dimilikinya. Seperti yang kita tahu, vitamin K sangatlah dibutuhkan dalam proses pembekuan darah.

Kecambah juga mengandung vitamin C yang diperlukan untuk memproduksi kolagen. Kolagen merupakan komponen paling dasar untuk memperbaiki kerusakan di pembuluh darah, jaringan, sel, dan otot.

 

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - BPJS Ketenagakerjaan menyebutkan sampai saat ini masih ada perusahaan yang belum melaporkan upah karyawan yang sebenarnya, termasuk untuk keperluan program subsidi gaji bagi pekerja berpenghasilan di bawah...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI Tulus Abadi mengatakan salah satu faktor penyebab munculnya klaim-klaim obat anti Covid-19 adalah buruknya politik manajemen penanganan wabah...

SUKABUMIUPDATE.com - Politikus Partai Gelora Fahri Hamzah buka suara soal pemberian tanda jasa untuknya dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurutnya, pemberian Penghargaan Bintang Mahaputera tersebut karena dedikasinya selama menjadi...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi hingga saat ini belum menerapkan sanksi denda uang bagi warga yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah. Kepala Satpol PP Kota Sukabumi Yadi Mulyadi mengatakan,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya