Tak Hanya Elok Dipandang, 7 Bunga Ini Bisa Dimakan dan Berkhasiat

Kamis 13 Februari 2020, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak manfaat tumbuhan untuk manusia, dari buah, daun, biji, bahkan bunganya. Selain sering dianggap untuk mempercantik ruangan, ada beberapa bunga yang bisa dimakan bahkan bernutrisi.

Memang tak semua bunga bisa dengan aman untuk kita santap. Berikut ini beberapa bunga yang bisa dimakan beserta klaim manfaatnya untuk kesehatan.

1. Bunga mawar

Bunga mawar banyak ragamnya. Namun ternyata, semua spesies bunga yang identik dengan asmara ini bisa dan aman untuk dikonsumsi mahkotanya. Tak semua bunga mawar memiliki rasa yang sama. Namun, apabila mawar tersebut semakin harum, biasanya rasanya juga akan semakin lezat.

Mahkota bunga mawar bisa kita makan langsung. Anda juga bisa mencampurkannya ke salad sayur dan salad buah, diminum air rebusannya, atau memasukknya ke minuman sehat. Berbagai studi menyebutkan bahwa konsumsi bunga mawar memiliki efek positif untuk psikologis, seperti mengurangi rasa cemas dan meningkatkan relaksasi.

2. Bunga kembang sepatu

Siapa yang tak kenal bunga kembang sepatu? Bunga dengan mahkota yang lebar ini sangat terkenal di Indonesia dengan warna yang beraneka ragam. Selain mempercantik halaman rumah, kembang sepatu juga menjadi bunga yang bisa dimakan, bahkan juga digunakan dalam pengobatan herbal. Masyarakat Indonesia mungkin sering meminum rebusan bunga kembang sepatu atau dalam bentuk teh. Namun, bunga ini juga bisa dimakan secara langsung.

Meski riset lanjutan masih diperlukan, air rebusan kembang sepatu diklaim dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Sudah pernah mendengarnya?

3. Bunga lavender

Lavender terkenal sebagai bunga pengusir nyamuk. Tak hanya harum, bunga ini pun bisa kita makan langsung. Anda juga boleh bereksperimen dengan mencampurkannya ke makanan yang dipanggang, air rebusan herbal lain, atau infused water. Lavender paling cocok jika dipadukan dengan bahan makanan yang manis dan gurih, termasuk jeruk, beri-berian, rosemary, dan cokelat. Aroma lavender telah banyak dilaporkan untuk kesehatan psikologis, sehingga minyak lavender pun menjadi salah satu minyak aromaterapi yang terkenal.

Wanaka Lavender Farm. Foto: Eveline Isnaini

4. Gelang biasa atau krokot

Gelang biasa, krokot, atau purslane merupakan jenis sukulen yang menghasilkan bunga kecil berwarna kuning. Baik bunga maupun bagian daun dari gelang biasa aman kita makan langsung atau diolah terlebih dahulu. Sebagai ide,Anda bisa merebus atau menumisnya dengan sayuran lain, mencampurkannya ke dalam sup, dicampur dengan yogurt, atau bahkan digoreng.

Gelang biasa merupakan tanaman hias yang bernutrisi. Tanaman ini kaya dengan vitamin, mineral, hingga berbagai molekul antioksidan. Kandungan paling menakjubkan dari gelang biasa adalah asam lemak omega-3, asam yang terkenal baik untuk jantung.

5. Bunga labu

Labu memang salah satu buah yang penuh nutrisi. Namun siapa sangka, bunga labu bisa dimakan selezat daging buahnya. Salah satu jenis bunga labu yang mungkin paling terkenal adalah bunga labu zukini, bunga kekuningan dengan bentuk seperti lonceng. Seperti kebanyakan bunga lain, bunga labu juga bisa kita campurkan ke dalam salad sayuran dan buah. Anda pun boleh berkreasi dengan memanggangnya bersama irisan keju.

6. Bunga kamomil

Kamomil atau chamomile masih menjadi keluarga bunga matahari. Tak hanya elok dipandang, bunga ini juga bisa dimakan, bahkan telah diolah menjadi obat herbal sejak dahulu kala. Salah satu penggunaan chamomile yang terkenal adalah dikonsumsi dalam bentuk teh. Namun kita juga bisa mencampurkannya ke olahan panggangan, smoothies, maupun dessert.

Khasiat bunga kamomil utamanya untuk memperbaiki kondisi psikologis, terutama untuk mengurangi rasa cemas. Selain itu, bunga ini juga dikenal baik untuk meningkatkan kualitas tidur, lho!

7. Bunga dandelion

Ternyata, dandelion yang kerap dianggap sebagai gulma menjadi bunga yang bisa dimakan. Bunga yang tergolong kecil ini bahkan mengantongi berbagai molekul antioksidan. Menariknya lagi, tak hanya bagian bunganya yang bisa kita santap, namun juga akar, batang, dan daunnya. Anda bisa mengonsumsi bunga dandelion secara mentah, mencampurkannya ke salad, bahkan dimasukkan ke adonan agar-agar. 

 

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI
Life29 Maret 2024, 13:30 WIB

5 Cara Mudah Keluar Dari Kebiasaan Buruk yang Sulit Ditinggalkan

Artikel ini akan membahas tentang alasan-alasan di balik kesulitan meninggalkan kebiasaan buruk serta beberapa tips yang dapat membantu kita memotivasi diri untuk melakukan perubahan positif.
Ilustrasi. Cara Mudah Keluar Dari Kebiasaan Buruk yang Sulit Ditinggalkan. Sumber: pixabay.com
Life29 Maret 2024, 13:15 WIB

30 Ucapan Untuk Memperingati Hari Jumat Agung dan Paskah yang Penuh Pesan dan Doa

Berikut ini uacapan selamat hari Jumat agung dan paskah untuk dibagikan kepada orang-orang tercinta
30 Ucapan Untuk Memperingati Hari Jumat Agung dan Paskah yang Penuh Pesan dan Doa (Sumber : Freepik/freepik)
Sehat29 Maret 2024, 13:00 WIB

10 Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh

Yuk Lakukan Sederet Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh Berikut!
Ilustrasi. Olahraga. Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh | Foto : Pexels.com/@pixabay
Kecantikan29 Maret 2024, 12:30 WIB

Inilah 4 Fungsi Make Up Glitter, Bisa Bikin Hidung Tampak Mancung!

Glitter pada make-up memiliki fungsi yang beragam dan bisa memberikan tampilan yang spektakuler.
Ilustrasi. Manfaat Glitter dalam Make Up. Sumber: pixabay.com/stux
Kecantikan29 Maret 2024, 12:00 WIB

5 Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap Agar Tampil Lebih PD

Artikel akan membahas berbagai pilihan warna lipstik yang cocok untuk bibir gelap. Lebih lengkap dengan memberikan tips dan saran tentang warna-warna yang akan menonjolkan keindahan bibir Anda.
Ilustrasi. Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap. Sumber: pixabay.com/AestheticJourney
Sukabumi29 Maret 2024, 11:22 WIB

RLPPD Tahun 2023: Kabupaten Sukabumi Raih 93 Penghargaan

Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi pada tahun 2023 telah menorehkan prestasi yang membanggakan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. | Foto: Istimewa