Menu

12 Peb 2020, 14:01 WIB

Kenapa Makan dengan Tangan Lebih Nikmat? Peneliti Ungkap Sebabnya

Ilustrasi makan piza. | Sumber Foto:Shutterstock.com

SUKABUMIUPDATE.com - Cara Anda makan bisa mempengaruhi selera atau jumlah makanan yang Anda konsumsi. Sebelumnya, sebuah studi membuktikan bahwa makan dengan sumpit membuat seseorang bisa mengontrol jumlah makanan. Penelitian terbaru adalah makan menggunakan tangan secara langsung, tanpa sendok atau alat lain, membuat makanan lebih nikmat dan memuaskan.

Tapi, cara makan ini perlu dicermati oleh orang yang sedang mengurangi berat badan. Sebab, cara ini membantu seseorang untuk makan lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan alat makan.

Dilansir dari Science Daily, 5 Februari 2020, penelitian yang dilakukan Adriana Madzharov bersama tim dari Stevens Institute of Technology, Amerika Serikat, ini melibatkan 45 mahasiswa sarjana yang memiliki kontrol makan baik. Mereka diminta melihat dan mengevaluasi keju Muenster secara visual, menahannya sebelum memakannya, dan kemudian meminta mereka untuk menjawab pertanyaan tentang perilaku makan mereka.

Separuh dari mahasiswa itu mencicipi keju menggunakan tusuk gigi, sisanya mengambilnya langsung dengan tangan. Hasilnya, mahasiswa yang mengaku mampu menolak makanan lezat itu lebih berselera makan keju ketika mengambilnya langsung dengan tangan.

"Hasil kami menunjukkan bahwa bagi orang-orang yang secara teratur mengontrol konsumsi makanan mereka, sentuhan langsung memicu respons sensorik yang meningkat, membuat makanan lebih diinginkan dan menarik," kata Adriana Madzharov.

Pada percobaan kedua, peneliti melibatkan 145 mahasiswa dalam dua kelompok. Kelompok pertama berisi orang yang berhati-hati pada pola makan karena ingin mengurangi berat badan dan hidup lebih bugar, dan kelompok kedua orang yang tidak peduli pada berat badan dan ingin menikmati hidup dengan makanan lezat.

Semua peserta diberi gelas plastik dengan empat donat mini di dalamnya. Separuh dari mereka diminta makan menggunakan tangan mereka, sementara sisanya menggunakan tusuk gigi. Hasilnya sama dengan percobaan pertama.

Hasil penelitian ini secara keseluruhan menemukan bahwa terlepas dari jenis makanannya, orang yang terbiasa mengontrol makan akan lebih berselera ketika menyentuh makanannya secara langsung. Mungkin bukan hanya keju dan donat, bisa juga piza atau makanan lainnya.

Sumber: Tempo.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Tidak semua pasien positif virus corona harus tinggal di rumah sakit. Dilansir dari tempo.co, mereka yang tidak memiliki gejala dan layaknya orang sehat bisa melakukan isolasi mandiri...

SUKABUMIUPDATE.com - Setengah dari populasi Indonesia diperkirakan akan terinfeksi virus corona di Indonesia jika tak kunjung diberlakukan lockdown. Dilansir dari suara.com, hingga Jumat (27/3/2020), tercatat ada 893 kasus virus corona...

SUKABUMIUPDATE.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi merilis data lonjakan Orang Dalam Pemantauan (ODP) per hari ini, Sabtu (28/3/2020). Tercatat ODP yang sehari sebelumnya berjumlah 202 orang,...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penangananan Covid-19 Achmad Yurianto dianggap melontarkan kalimat kontroversial ketika memberikan keterangan pers soal perkembangan kasus corona di Indonesia. Dilansir dari suara.com, dalam pernyataan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya