Menu

21 Jan 2020, 00:00 WIB

Sederet Manfaat Gula Merah buat Kulit dan Rambut

Gula merah. | Sumber Foto: amoretti.com

SUKABUMIUPDATE.com - Gula merah tak hanya bisa dijadikan pemanis makanan. Gula yang terbuat dari aren ini juga mengandung antioksidan dan nutrisi yang dapat membantu melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan.

Gula merah juga dapat mengatasi masalah noda dan bintik hitam pada kulit. Vitamin C dan zat besi dalam gula merah berkhasiat untuk memperkuat dan melembutkan rambut. Simak ulasan berikut tentang bagaimana memanfaatkan gula merah untuk tubuh.

Membuat kulit berkilau

Gula merah mengandung asam glikolat yang membantu membuat kulit lebih berkilau.

Bahan-bahan:

2 sendok makan (sdm) gula merah halus

2 sdm madu

Beberapa tetes perasan lemon

Caranya:

Campurkan semua bahan dan aduk rata hingga menjadi pasta. Oleskan pasta ini pada wajah dan leher. Sebelum dioleskan, pastikan wajah dan leher dalam kondisi bersih. Oleskan secara merata dan biarkan selama 5-0 menit lalu bilas dengan air.

Mengatasi masalah jerawat

Gula merah juga memiliki khasiat untuk mengatasi masalah jerawat, termasuk bekas jerawat yang membandel.

Bahan-bahan:

Gula merah

Air lemon

Caranya:

Campurkan satu sendok makan gula merah yang telah dihaluskan dengan beberapa tetes air atau air biasa. Oleskan campuran ini pada area kulit yang berjerawat dan biarkan selama beberapa menit, lalu bilas. Untuk hasil yang maksimal, ulangi satu kali setiap hari.

Mengatasi keriput

Asam glikolat yang terkandung dalam gula merah membantu meningkatkan elastisitas kulit dan menyamarkan garis-garis halus serta kerutan.

Bahan-bahan:

1 sdt gula merah halus

1 sdt teh hitam

1 sdt air anggur

Sejumput kunyit

Beberapa tetes air mawar

Caranya:

Pertama, buatlah secangkir teh hitam dan biarkan hingga dingin. Siapkan mangkuk, lalu masukkan gula merah bubuk, air anggur, teh hitam, sejumput kunyit, dan beberapa tetes air mawar. Campurkan semua bahan dengan baik hingga tidak ada gumpalan yang terbentuk. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada wajah hingga merata dan biarkan selama 20 menit. Terakhir, bilas wajah menggunakan air.

Mengatasi masalah kulit belang dan pigmentasi

Masalah pada kulit, seperti pigmentasi, belang, noda, ataupun bintik-bintik gelap bisa diatasi dengan memanfaatkan khasiat gula merah.

Bahan-bahan:

1 sdt gula merah halus

1 sdt air tomat

Beberapa tetes air lemon

Sejumput kunyit

Caranya:

Siapkan mangkuk dan masukkan gula merah halus, air tomat, beberapa tetes air lemon dan sejumput kunyit. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Aplikasikan racikan ini pada kulit wajah dan biarkan selama sekitar 15 menit. Terakhir, bilas wajah dengan menggunakan air.

Melembutkan rambut

Vitamin C yang terkandung dalam gula merah dapat membantu menguatkan, menghaluskan, dan juga melembutkan rambut.

Bahan-bahan:

2 sdm gula merah halus

1 sdm fullers earth (di India dikenal dengan nama multhani mitti, merupakan lumpur yang kerap digunakan sebagai masker)

1-2 sdm dadih ( sejenis yogurt dari susu kerbau)

Caranya:

Campur semua bahan-bahan secara merata hingga menjadi pasta. Oleskan pada kulit kepala dan rambut. Lakukan gerakan memijat pada kepala selama beberapa menit lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air. Cara ini bisa dilakukan satu kali selama seminggu untuk hasil yang maksimal.

 

Sumber : tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Bantuan bagi korban bencana banjir bandang di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, mulai berdatangan. Salah satunya dari Rumah Aspirasi Heri Gunawan yang menyumbangkan kebutuhan pokok...

SUKABUMIUPDATE.com - Tim Kejaksaan Negeri Cianjur dan Polres Cianjur turun tangan melakukan penyelidikan ke lokasi Kampung Margaluyu, Desa Sukaratu, Kecamatan Bojongpicung, Selasa (22/9/2020). Aparat penegak hukum turun untuk memastikan...

SUKABUMIUPDATE.com – Jumlah kasus positif covid-19 di Kabupaten Sukabumi per hari ini, Selasa (22/9/2020) melonjak dratis. Ada 12 penambahan kasus, dengan beragam dugaan riwayat terpapar, dari tenaga kesehatan hingga...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 448 orang terjaring operasi yustisi protokol kesehatan Covid-19 terutama mengenai penggunaan masker yang dilaksanakan selama satu pekan mulai Senin 14 September hingga 21 September 2020.  Dari data...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya