Tidur Siang dan 10 Aktivitas yang Bisa Perbaiki Suasana Hati Gundah

Selasa 14 Januari 2020, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ada kalanya Anda merasa suntuk, sedih, kalut, atau marah. Wajar bagi manusia untuk merasakan berbagi emosi negatif yang dapat merusak suasana hati atau mood. Namun, Anda tidak boleh terus terjebak di dalam mood yang demikian.

Lantas apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki suasana hati yang sedang gundah? Anda dapat meningkatkan suasana hati dengan mencoba berbagai mood booster seperti berolahraga, mengucapkan hal baik kepada orang lain, dan sebagainya. Cobalah beberapa tips mood booster di bawah ini, untuk mencerahkan kembali hari-hari Anda.

1. Jangan membuat keputusan saat sedang stres

Saat sedang diliputi emosi negatif, seperti sedang sedih atau marah, Anda akan menjadi rentan untuk memberikan keputusan yang tidak tepat dan akan disesali nantinya. Keputusan-keputusan tersebut bukannya menjadi mood booster malah menjadi “bencana” baru untuk Anda. Oleh sebab itu, tenangkan diri dan jernihkan pikiran sebelum memberikan keputusan yang tidak bisa diubah kembali.

2. Tidur

Tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh. Uniknya, tidur juga berguna menjadi mood booster untuk memperbaiki suasana hati Anda. Tidur yang cukup atau tidur siang yang singkat dapat membantu meningkatkan mood Anda.

3. Mengucapkan hal baik untuk orang lain

Siapa sangka, mengucapkan hal-hal baik langsung maupun di dalam hati mengenai seseorang dapat menjadi mood booster Anda! Bila sedang gundah lihatlah orang yang ada di sekitar dan katakan kepadanya atau di dalam hati betapa Anda berharap dia memiliki hari yang menyenangkan.

4. Meluangkan waktu dengan orang terdekat

Bertemu dengan sahabat ataupun keluarga dapat menjadi salah satu mood booster di saat sedang sedih. Anda bisa mendapatkan dukungan, saran, maupun perspektif baru hanya dengan berbicara dengan mereka. Mereka juga bisa menjadi tempat Anda menceritakan keluh kesah yang sedang dialami. Anda tidak perlu malu, sungkan, atau merasa bersalah untuk meminta waktu dan bantuan mereka saat sedang kesusahan.

5. Pergi ke luar rumah

Teman dan keluarga sedang sibuk? Jangan cepat-cepat sedih dulu, Anda bisa mencoba untuk pergi ke luar dan merasakan atmosfer menyenangkan yang ada di sekitar Anda. Rasakanlah udara segar, keberadaan manusia, dan hangatnya sinar mentari yang menerpa wajah. Cobalah untuk berjalan-jalan di luar rumah setidaknya selama 20 menit sambil menikmati suara, aroma, dan pemandangan di sekitar Anda.

6. Olahraga

Olahraga adalah salah satu mood booster yang berfungsi untuk meningkatkan hormon dalam tubuh yang dapat memberikan dampak positif terhadap suasana hati. Anda akan merasa lebih baik dan rileks setelah berolahraga. Beberapa olahraga yang bisa dicoba adalah yoga, taichi, dan aerobik. 

7. Lakukan hobi atau hal-hal yang disukai

Setiap orang memiliki hobi atau kegiatan yang membuatnya lebih rileks dan senang. Meskipun Anda merasa malas melakukannya, tetapi sebenarnya kegiatan-kegiatan tersebut dapat menjadi mood booster Anda. Anda bisa mencoba membaca buku, berjalan-jalan di taman, menyesap susu cokelat hangat sambil mendengarkan musik yang santai, dan sebagainya.

8. Bekerja secara perlahan dan realistis

Meskipun mood sedang tidak baik, terkadang pekerjaan tetap perlu diselesaikan. Jangan menambah stres dengan langsung mengerjakan semuanya sekaligus. Pecahkan pekerjaan menjadi tugas-tugas yang lebih kecil dengan deadline yang realistis.

Misalnya, Anda bisa membersihkan rumah secara perlahan dengan memecah-mecahnya menjadi beberapa tugas kecil, seperti mencuci piring di jam satu, menyapu lantai saat sore hari, dan sebagainya. Jangan memaksa diri jika Anda belum mampu mengerjakan semuanya. Anda perlu memberikan waktu kepada diri untuk memperbaiki suasana hati yang sedang turun.

9. Patahkan pemikiran negatif

Jangan biarkan emosi negatif mengalahkan Anda! Patahkan pemikiran negatif dengan menuliskan hal-hal positif mengenai diri dan situasi Anda sebagai mood booster, kemudian bacalah daftar tersebut berulang-ulang. Anda harus menyadari bahwa tidak selamanya emosi negatif akan muncul secara terus-menerus dan biasanya Anda tidak memiliki suasana hati yang demikian.

10. Menyadari bahwa keadaan tidak seburuk itu

Mood booster lainnya adalah dengan melihat keadaan orang lain yang mungkin jauh lebih tidak beruntung dari Anda. Bukannya mencela, tetapi Anda perlu menyadari bahwa sebenarnya keadaan yang sedang Anda alami mungkin tidak seburuk orang lain.

11. Pemikiran ‘semuanya terkoneksi’

Mood booster unik yang bisa dicoba adalah melihat ke kerumunan orang dan memikirkan bagaimana satu orang bisa berhubungan dengan orang lain dan Anda. Memikirkan hal tersebut menimbulkan kebersamaan yang terkadang dapat memicu harapan.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer