Menu

23 Nov 2019, 03:00 WIB

Saat Hamil Jerawat Bisa Bertambah Parah, Apalagi saat Trimester Ketiga

SUKABUMIUPDATE.com  - Bagi beberapa perempuan, masa hamil dapat membuat wajah berjerawat. Bahkan pada masa tertentu jerawat tersebut terlihat sangat parah.

Kondisi ini tentu saja berkaitan dengan hormon yang membuat wajah remaja breakout, yaitu hormon androgen.

"Hormon androgen yang dihasilkan selama masa remaja mendorong produksi minyak, menciptakan lingkungan yang ramah bagi bakteri penyebab jerawat untuk tumbuh secara cepat," tutur Caren Campbell , seorang ahli kulit di San Francisco.

Jerawat bagi perempuan yang hamil dapat muncul kapan saja karena kadar androgen dan produksi minyak meningkat sejak awal kehamilan.

Tetapi ketika trimester ketiga, tingkat androgen menjadi sangat tinggi dan jerawat bisa menjadi sangat parah. Androgen ini sebenarnya berfungsi membantu serviks mempersiapkan diri untuk persalinan.

Seberapa parah jerawat selama kehamilan bervariasi dari orang ke orang.

Melansir Insider, selain androgen, ada faktor lain yang dapat meningkatkan risiko jerawat pada kehamilan. Perubahan sistem kekebalan tubuh dan stres yang dialami saat hamil dapat menjadi faktornya.

Jika ingin mengobati jerawat saat hamil, Campbell mengatakan untuk mendiskusikannya dengan dokter kandungan pribadi. Bahkan jika produk yang digunakan adalah produk bebas.

Sebab, banyak produk seperti ini mengandung bahan kimia yang dapat diserap ke dalam tubuh dan membahayakan janin.

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua Ombudsman Lely Pelitasari Soebekty mengatakan ada indikasi komersialisasi penggunaan alat rapid test Covid-19. “Karena bisa jadi ini hukum ekonomi bekerja,” kata Lely dalam diskusi Perspektif...

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu resep tertua dari makanan manusia berupa adonan yang terdiri dari air dan tepung. Perpaduan dua bahan itu menciptakan rupa yang tak menggugah selera sama sekali:...

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran melanda sebuah penginapan di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/7/2020) sekira pukul 17.00 WIB. Dari keterangan saksi, api pertama kali terlihat di kamar...

SUKABUMIUPDATE.com - Survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan hasil sigi sejumlah menteri yang dinilai layak dicopot dalam rombak kabinet. Dilansir dari tempo.co, beberapa menteri yang dinilai layak diganti justru...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya