Menu

07 Nov 2019, 17:17 WIB

Kisah Pelayanan Medis Terakhir Pustu Pasirpanjang Ciracap Sukabumi

Pustu Desa Pasirpanjang, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Pasirpanjang, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi saat ini sudah tidak melayani kebutuhan medis masyarakat. Pustu yang lokasinya tak jauh dari Kantor Desa Pasirpanjang ini menyimpan banyak kisah, sebagai penolong kebutuhan medis darurat masyarakat yang tinggal jauh dengan akses jalan kurang baik ke Puskesmas Ciracap.

BACA JUGA: Begini Jadinya Kalau Pustu di Desa Cikangkung Sukabumi Dibangun Tapi Tak Dipakai

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Ciracap, Suhenda menjelaskan, pustu tersebut dibangun sekitar 1990 an dan tentunya dengan pertimbangan Dinas Kesehatan agar pelayanan kesehatan masyarakat yang berada dipelosok bisa terjangkau. "Saat itu berfungsi dengan baik, karena petugasnya merupakan pendatang dan mendiami Pustu tersebut," ujar Suhenda kepada sukabumiupdate.com, Kamis (7/11/2019).

Seiring waktu kata Suhenda, warga akhirnya lebih memilih langsung ke Puskesmas Ciracap, karena akses jalan sudah bagus, begitu pun dengan fasilitas yang tentunya lebih lengkap dibandingkan Pustu. “Petugas yang tinggal disanapun akhirnya memiliki rumah sendiri dan Pustu pun tidak lagi didiami petugas stanbye.”

Walaupun sudah tidak intensi melayani kebutuhan medis harian masyarakat. Keberadaan Pustu Pasirpanjang tetap dibutuhkan. Terutama untuk kegiatan sosialisasi dan program kesehatan bersama Pemerintah Desa Pasirpanjang.

"Meskipun tidak ada pelayanan di Pustu, tetapi masih dipergunakan, seperti kegiatan pelayanan KB Kes dan Iva tes. Intinya pelayanan kesehatan tidak terlantar," ucapnya.

BACA JUGA: Mubazir, Dua Fasilitas Air di Puskesmas Tamanjaya Sukabumi Tak Dapat Digunakan

Di wilayah pelayanan Puskesmas Ciracap, tambah dia masih ada dua Pustu lainnya yang masih aktif hingga sekarang, yaitu Pustu Desa Mekarsari dan Pustu Desa Ujunggenteng. Bahkan dua pustu ini sudah dikunjungi tim penilai akreditasi. "Selama ini ada peningkatan kunjungan warga baik ke Pustu Ujunggenteng maupun langsung ke Puskesmas Ciracap," jelasnya. 

Warga Desa Pangumbahan, Desa Gunungbatu dan Desa Cikangkung, sambung Suhenda memang diarahkan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Pustu Ujunggenteng, karena akses lebih dekat. "Sedangkan untuk warga Desa Pasirpanjang, Desa Ciracap dan Desa Purwasedar, karena lebih dekat maka diarahkan ke Puskesmas Ciracap," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi global ketiga yang disebabkan oleh virus corona baru membuat sebagian besar orang di seluruh dunia cemas. Dilansir dari suara.com, kecemasan ini membuat masyarakat melakukan panic buying, yakni...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah video singkat memperlihatkan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi bersama Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Hamami dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada melakukan video conference bersama jajaran...

SUKABUMIUPDATE.com - Merebaknya virus corona baru atau Covid-19 membuat masyarakat semakin memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan. Melansir dari tempo.co, anda bisa menggunakan air dan sabun sebagai senjata utama untuk...

SUKABUMIUPDATE.com - Status kegawatdaruratan Kota Sukabumi bakal meningkat setelah seorang warga terkonfirmasi positif Corona dari hasil swab. Hal ini diungkapkan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi pada konferensi pers di Kantor...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya