Balita Sebaiknya Hindari Minuman Selain Susu dan Air Putih

Minggu 22 September 2019, 08:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak cara untuk menghidrasi tubuh selain minum air putih. Anda juga bisa mengonsumsi buah atau sayur dengan kuah banyak, atau minuman jenis lain seperti jus, susu, atau teh. Tapi bagaimana dengan anak-anak?

Sebagian besar anak terbiasa minum jus berbasis buah yang diklaim sehat juga teh. Tapi kedua jenis minuman itu juga berisiko untuk anak-anak. Sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa susu dan air adalah minuman terbaik untuk anak kecil atau anak usia di bawah lima tahun atau balita.

Sebuah panel ilmuwan mengeluarkan pedoman nutrisi baru untuk anak-anak pada hari Rabu, 18 September 2019, menjelaskan secara rinci apa yang harus mereka minum pada tahun-tahun pertama kehidupan.

Dilansir dari laman Times of India, Bayi seharusnya hanya menerima air susu ibu atau susu formula. Air dapat ditambahkan ke pola makan anak setelah usianya di atas enam bulan. Lalu, bayi yang mengonsumsi susu formula dapat beralih ke susu sapi setelah 12 bulan. Selama lima tahun pertama, anak-anak harus minum sebagian besar susu dan air, sesuai dengan pedoman.

Anak-anak berusia di bawah 5 tahun tidak boleh diberi minuman dengan gula atau pemanis lainnya, termasuk minuman rendah kalori atau yang dimaniskan secara buatan, susu cokelat atau susu rasa lainnya, minuman berkafein dan formula balita. Minuman nabati, seperti almond, beras atau susu oat, juga harus dihindari.

Hal lain yang agak mengejutkan, para peneliti mengatakan anak-anak kecil sebaiknya minum jus kurang dari satu gelas per hari.  Alasannya, jus umumnya mengandung gula atau pemanis lainnya.

Peringatan membatasi minuman manis muncul di tengah kekhawatiran mengenai obesitas pada masa kanak-kanak. Kondisi ini dapat menyebabkan penyakit kronis seumur hidup. Sekitar 19 persen anak-anak di Amerika Serikat mengalami obesitas.

"Hampir setengah dari semua anak berusia 2-5 tahun di AS minum minuman manis setiap hari, yang kita tahu meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya," kata Megan Lott, wakil direktur Healthy Eating Research.

Pedoman baru diproduksi oleh Healthy Eating Research, sebuah kelompok advokasi nutrisi, dan didanai oleh Robert Wood Johnson Foundation. Rekomendasi tersebut dikembangkan oleh American Academy of Pediatrics, Academy of Nutrition and Dietetics, American Heart Association, dan American Academy of Pediatric Dentistry.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life26 April 2024, 10:43 WIB

Tetapkan Peraturan, Terapkan 5 Tips Berikut untuk Mengasuh Anak Keras Kepala

Mengasuh anak yang berkemauan keras terkadang bisa menjadi tantangan. Namun inilah yang direkomendasikan para ahli untuk membantu hubungan Anda dengan anak Anda berkembang.
Ilustrasi anak keras kepala. | Foto: Freepik/@stocking
Life26 April 2024, 10:32 WIB

Coba Berbohong, 6 Masalah Umum Perilaku Anak Prasekolah dan Cara Mengatasinya

Semua anak pasti bertingkah laku, namun masalah perilaku tertentu pada anak usia 3 tahun dan 4 tahun tidak boleh diabaikan. Inilah cara menangani perilaku menentang pada anak prasekolah Anda.
Ilustrasi anak prasekolah. | Foto: Freepik
Life26 April 2024, 10:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Mudah Sukses

Berikut Sederet Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Mudah Sukses.
Ilustrasi. Orang dewasa emosional yang sukses. Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Mudah Sukses Sumber foto : Pexels/Ketut Subiyanto
Life26 April 2024, 10:24 WIB

Jelaskan tentang Perbedaan, 4 Cara Bantu Anak Bangun Rasa Percaya Diri Sejak Usia Dini

Ketika anak anak sudah mulai besar dan menjalani aktivitasnya di luar, tentu kita sebagai orang tua pasti merasa sedikit khawatir. Namun ada tips agar anak merasa percaya diri sejak dini.
Ilustrasi anak yang percaya diri. | Foto: Freepik
Life26 April 2024, 10:00 WIB

Berkhianat! 10 Ciri Orang Munafik yang Gampang Terlihat dari Sikap dan Ucapannya

Seseorang yang munafik mungkin terlihat tidak konsisten dalam perilaku dan ucapannya.
Ilustrasi - Seseorang yang munafik mungkin terlihat tidak konsisten dalam perilaku dan ucapannya. (Sumber : pexels.com/@Josue Feijoo)
Nasional26 April 2024, 09:31 WIB

Ada Zonasi, Simak 4 Jalur PPDB Tahun 2024 untuk SD, SMP, dan SMA

PPDB diselenggarakan secara objektif, transparan, dan akuntabel.
(Foto Ilustrasi) Ketentuan PPDB diatur dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021. | Foto: Freepik/@master1305
Inspirasi26 April 2024, 09:30 WIB

Info Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan, Penempatan Jawa Barat

Berikut Informasi Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan untuk Penempatan Wilayah Jawa Barat.
Info Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan, Penempatan Jawa Barat  (Sumber : Freepik)
Sukabumi26 April 2024, 09:02 WIB

Warga Resah! Beredar Video Konvoi Motor Bersajam di Jalan Pajampangan Sukabumi

Dalam video terlihat salah satu orang yang dibonceng menggesekkan sajam ke aspal.
Tangkapan layar video konvoi kawanan bermotor sambil membawa sajam di Jalan Nasional Jampangkulon-Surade, Desa Talagamurni, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Senin malam, 22 April 2024.| Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi26 April 2024, 09:01 WIB

Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Studi Banding BUMD ke Yogyakarta

Sejumlah anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi saat ini tengah  melakukan perjalanan dinas ke Jogjakarta
Sekretaris Fraksi PAN DPRD Kabupaten Sukabumi Heri Antoni  (Sumber : DPRD Kabupaten Sukabumi)
Sehat26 April 2024, 09:00 WIB

Bisa Anda Coba Dirumah, 8 Ide Camilan Ringan untuk Menurunkan Berat Badan

Camilan dapat membantu memuaskan rasa lapar di antara waktu makan, mencegah keinginan mengidam, dan memberikan nutrisi penting yang sehat dalam makanan Anda.
Ilustrasi - Camilan dapat membantu memuaskan rasa lapar di antara waktu makan, mencegah keinginan mengidam, dan memberikan nutrisi penting yang sehat dalam makanan Anda. (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba).