Semakin Solid, HAKLI Kabupaten Sukabumi Ucap Ikrar Janji Profesi Kesehatan Lingkungan

Sabtu 21 September 2019, 14:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 95 orang anggota Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Sukabumi, mengikrarkan janji profesi kesehatan lingkungan dan workshop penertiban Kartu Tanda Anggota (KTA) HAKLI, di Hotel Sukabumi Indah. 

BACA JUGA: HAKLI: Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Sukabumi Belum Sadar Pengelolaan B3 

Ketua HAKLI Kabupaten Sukabumi Ujang Soleh Suryaman mengatakan, penyampaian sumpah janji profesi ini tidak hanya di Dinas Kesehatan (Dinkes) saja, namun semua anggota HAKLI yang ada di lingkup pemerintah daerah. Pasalnya anggota HAKLI tersebar di sejumlah dinas.   

"Tujuannya untuk menertibkan anggota HAKLI, di mana salah satu persyaratan untuk mendapatkan KTA adalah sudah melaksanakan sumpah dan janji anggota. Sebenarnya ini yang belum saja, karena sebagian ada juga yang sudah ikut mengucap sumpah baik di provinsi maupun di kabupaten lainnya," katanya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (21/9/2019). 

 

Foto bersama anggota HAKLI usai mengikrarkan janji profesi kesehatan lingkungan dan workshop penertiban Kartu Tanda Anggota (KTA) HAKLI, di Hotel Sukabumi Indah// Foto: Garis NB

Selain anggota HAKLI Kabupaten Sukabumi, kata Ujang ada juga yang ikut dari luar Sukabumi. Dengan dilaksanakannya sumpah janji ini, lanjut dia, anggoat HAKLI semakin solid dan bisa meningkatkan kinerja terutama dalam penanganan permasalahan lingkungan. "Kita bersama-sama bagaimana bisa menciptakan lingkungan yang bersih sehat dan bisa menjamin hidup sehat bagi masyarakat," paparnya. 

Sementara itu, Ketua HAKLI Provinsi Jawa Barat Uus Sukmara menilai, sejauh ini HAKLI Kabupaten Sukabumi dalam pengelolaannya sudah sangat baik dibandingkan kota atau kabupaten lain. Artinya baik dalam memenuhi kewajiban dalam memenuhi hak-hak anggotanya.

"Saat ini pemerintah sedang membangun berbasis profesi dan dalam kalau berbicara profesi diwajibkan setiap anggota profesi itu punya STR (Surat Tanda Registrasi). SRT itu menunjukan bahwa dia memiliki kompetensi di bidangnya. Kemudian salah satu kewajiban anggota juga membacakan sumpah janji profesi," ucapnya.   

BACA JUGA: Bupati Sukabumi Berharap Hakli Masuk Pesantren  

Ia berharap HAKLI Kabupaten Sukabumi agar lebih mempelajari dan melaksanakan peran fungsi HAKLI, sehingga fungsi profesinya betul-betul memberikan manfaat bagi masyarakat, karena HAKLI ini pembangunan kesehatan, berpikirnya kesehatan lingkungan agar masyarakat tidak sakit.

"Jadi bagaimana agar tanah, air, dan udara itu tidak berdampak terhadap masalah penyakit, tidak menimbulkan sakit upaya lebih ke prefentif, mempertahankan lingkungan," tandasnya. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Harun Ar Rasyid menambahkan, inti dari pembangunan kesehatan yang masuk dalam isu strategis itu salah satunya adalah bagaimana membangun sanitasi dasar di Kabupaten Sukabumi. Apalagi sanitasi di kabupaten belum mencapai target seperti yang diinginkan.

"Makanya sebagai garda terdepan HAKLI diharapkan dapat berkontribusi besar dalam pelaksanakana pembangunan kesehatan di Kabupaten Sukabumi, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya," singkatnya. 

Dalam kegiatan tersebut juga sejumlah anggota HAKLI diberikan penghargaan, pertama atas peran aktif dalam mendukung kegiatan kabupaten/kota sehat 2019, kemudian atas peran aktif dalam penanganan kejadian bencana di Kabupaten Sukabumi, lalu peran aktif dalam penanganan kejadian luar biasa keracunan makanan, dan reaksi cepat dalam penanganan peningkatan kasus diare. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life27 April 2024, 09:30 WIB

5 Manfaat Bangun Subuh Bagi Mental dan Fisik, Nomor 3 Bisa Anda Rasakan Sendiri

Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.
Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.| Sumber: Freepik.com (jcomp)
Sehat27 April 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari