7 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Mental

Minggu 01 September 2019, 03:09 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika Anda merencanakan daftar makanan untuk setiap minggu, Anda mungkin tidak memperhitungkan kesehatan mental. Padahal menurut bidang penelitian yang sedang berkembang, makanan dapat memiliki dampak positif pada kesehatan mental.

Para ilmuwan telah menemukan hubungan yang disebut poros usus-otak yang menghubungkan kesehatan usus Anda, dan jutaan bakteri yang menyusun microbiome-nya, dengan kesehatan otak. Hal tersebut  memiliki implikasi besar bagaimana kita memahami kesehatan mental, dan, seperti yang dikatakan para ahli bahwa apa yang kita makan memengaruhi cara kita berpikir dan merasakan.

Salah satu bidang penelitian yang paling menarik itu disebut "psikobiotik." Dr. Sabrina Mörkl dari Departemen Psikiatri dan Kedokteran Psikiatri di Universitas Kedokteran Graz, seorang ahli sumbu otak, mengatakan kepada laman Bustle, "Psikobiotik didefinisikan sebagai subtipe spesifik probiotik dan prebiotik (serat yang mempromosikan pertumbuhan yang bermanfaat bakteri), yang mempengaruhi bakteri usus dan sumbu usus-otak dan menghasilkan modifikasi mood, kecemasan dan fungsi kognitif. "

Salah satu psikobiotik terkuat, katanya, adalah diet, tetapi perlu dipahami bagaimana hal itu dapat mempengaruhi kesehatan mental. Hal itu penting untuk kesehatan mikroba usus dan memengaruhi peradangan serta efektivitas obat-obatan, tetapi masih banyak penelitian yang harus dilakukan.

Ahli gizi dan mikrobiologi di Queen Mary University of London mengatakan sebagian besar penelitian terhadap poros otak telah dilakukan pada tikus. "Namun, penelitian ini, dan beberapa pada manusia, telah memberikan beberapa wawasan tentang makanan apa yang dapat menargetkan koneksi yang menghubungkan microbiome usus dengan kesehatan mental." Lebih lanjut, para ahli sepakat dengan gagasan bahwa mengubah pilihan makanan seseorang bukanlah pengganti terapi atau obat kesehatan mental, dan jika Anda memerlukan dukungan kesehatan mental, berbicara dengan dokter Anda atau dengan terapis.

Berikut adalah tujuh makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mental

1. Protein

Makan protein tampaknya sangat penting untuk kesehatan otak, dan itu dapat memiliki pengaruh pada keseimbangan mental. "Otak sangat sensitif terhadap fluktuasi gula darah sehingga penting bagi kita untuk tidak makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat," kata ahli gizi Sara Kahn kepada Bustle. "Jenis makanan ini dapat menyebabkan gula darah meningkat kemudian turun, yang juga dapat memperburuk kecemasan. Selalu sertakan sumber protein dalam setiap makanan untuk membantu menjaga keseimbangan gula darah." Dia merekomendasikan salmon liar atau telur yang dipelihara di padang rumput, unggas, dan daging, atau pilihan nabati seperti kacang, lentil, dan tahu organik atau tempe.

2. Prebiotik

Prebiotik tidak sama dengan probiotik. "Prebiotik adalah serat yang secara selektif memberi makan mikroba usus bermanfaat," kata Dr. Robertson, "dan telah terbukti mengurangi hormon stres, kortisol, pada manusia." Studi tentang pengaruh prebiotik pada kesehatan mental masih cukup baru, tetapi tinjauan studi pada tahun 2018 menemukan bahwa prebiotik telah terbukti memiliki efek positif pada depresi, kecemasan - tetapi penelitian ini juga mengingatkan bahwa banyak penelitian tentang prebiotik didasarkan pada binatang, bukan manusia. Sumber serat prebiotik yang baik, kata Dr. Robertson kepada Bustle, termasuk artichoke, bawang putih, bawang merah, daun bawang, pisang, sawi putih, buncis, lentil, dan gandum.

3. Ikan Berminyak

Anda mungkin pernah mendengar tentang asam lemak omega-3 sebagai penguat otak, dan beberapa bukti dari studi usus mendukung hal ini. "Lemak omega-3 tidak hanya memiliki efek anti-inflamasi di usus, mereka juga membentuk sebagian besar otak kita dan selanjutnya dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab penyakit di usus yang cenderung hadir dengan diet tinggi di lainnya. jenis lemak, "kata Dr. Robertson kepada Bustle. Penelitian telah menunjukkan bahwa lemak omega-3 sangat penting untuk perkembangan otak yang baik, dan dapat membantu dengan gejala gangguan mood. Lemak omega-3 ditemukan dalam ikan berminyak seperti mackerel, salmon, atau tuna, serta sumber-sumber seperti kacang kenari, kacang merah, atau edamame.

4. Makanan Kaya Magnesium

"Magnesium adalah mineral penting untuk kesehatan mental, karena kekurangan magnesium dikaitkan dengan kecemasan dan depresi," kata Kahn kepada Bustle. "Stres kronis dapat menghabiskan magnesium." Sebuah tinjauan ilmu pengetahuan tentang magnesium pada tahun 2018 menemukan bahwa magnesium memainkan peran besar dalam kesehatan otak, tetapi studi yang menggunakannya untuk mengobati depresi tidak meyakinkan. Alpukat, kacang-kacangan dan lentil, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, gandum utuh, dan cokelat hitam adalah sumber magnesium yang baik.

Selanjutnya makanan fermentasi

5. Makanan Fermentasi

Keluarkan yogurt, asinan kubis, kombucha, dan kefir. Mode makanan fermentasi mungkin adalah hal yang paling disukai, tetapi ini juga bisa membantu poros otak Anda, kata Dr. Robertson. "Makanan fermentasi tertentu telah ditemukan secara menguntungkan memengaruhi suasana hati dan kesehatan otak," katanya, karena makanan yang difermentasi "mengandung mikroba hidup yang baik untuk usus." Sebuah tinjauan sains pada tahun 2018 menemukan bahwa makanan fermentasi mungkin dapat membantu dalam perawatan depresi dan kecemasan di masa depan, tetapi banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

6. Polifenol

Polifenol sebenarnya merupakan bagian penting dari diet Anda. "Polifenol adalah senyawa tanaman yang tidak dapat kita cerna dan oleh karena itu dipecah oleh mikrobioma usus," kata Dr. Robertson kepada Bustle. "Sejumlah polifenol telah menunjukkan manfaat bagi kesehatan mental, yang mungkin disebabkan oleh pemrosesan mereka oleh mikrobioma usus." Polifenol ditemukan dalam coklat yang sangat gelap, beri, anggur merah, minyak zaitun extra virgin, kedelai, cengkeh, dan teh hijau.

7. Diet Mediterania

Jika Anda mencari perbaikan rutin makanan secara menyeluruh untuk membantu otak Anda, para ahli mengatakan ada pilihan yang baik. "Sejauh yang kita tahu, ini adalah diet Mediterania!" Mörkl memberi tahu Bustle. "Diet ini diteliti dengan baik untuk memiliki efek pencegahan pada gangguan kejiwaan seperti depresi."

Makanan Mediterania terdiri dari banyak kelompok makanan yang telah terbukti bermanfaat bagi poros usus. "Diet Mediterania kaya akan serat, buah, sayuran, dan asam lemak tak jenuh, dan oleh karena itu menyediakan makanan yang padat bagi ribuan spesies bakteri usus yang tinggal di dalam kita," kata Dr. Mörkl kepada Bustle. Bakteri usus itu, katanya, memengaruhi poros otak dan karenanya memengaruhi cara kita berpikir, merasakan, dan berperilaku. Ini juga terbukti baik untuk jantung dan nutrisi umum.

Jika Anda ingin memperbaiki asupan makanan, pastikan Anda memasukkan unsur-unsur dari berbagai ide ini ke dalam makanan Anda. Keragaman juga sangat penting untuk usus yang sehat - semakin banyak variasi dalam makanan Anda, semakin beragam bakteri usus Anda, yang meningkatkan kesehatan Anda. Meskipun pilihan makanan bukan pengganti perawatan kesehatan mental, dan baik perawatan kesehatan maupun makanan bisa sulit diakses, ada baiknya mencari sumber nutrisi ini untuk meningkatkan suasana hati sebisa Anda.

Sumber: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer