Menu

Rabu, 31 Juli 2019, 07:00 WIB

Awas, Main Handphone Saat BAB Bisa Berisiko Kena Ambeien

Ilustrasi seorang perempuan menggunakan ponsel saat sedang buang air. | Sumber Foto:Shutterstock.

SUKABUMIUPDATE.com - Awas, Main Handphone Saat BAB Bisa Berisiko Kena Ambeien.

Tidak bisa lepas dari handphone menjadi kebiasaan masyarakat di era sekarang.

Bahkan tidak sedikitorang harus menyelesaikan urusan “buang hajat” di toilet tetap main hp.

Tahukah Anda jika kebiasaan main hp saat BAB bisa membuat Anda berisiko kena ambeien? Penasaran, kenapa bisa terjadi? Yuk, simak ulasannya berikut ini dilansir Hello Sehat.

Sebagian besar orang akan bosan menghabiskan waktu tanpa melakukan apa pun. Begitu pula ketika harus buang air besar.

Itu sebabnya, banyak orang yang sengaja membawa koran, komik, atau apa pun yang dapat mengalihkan mereka dari rasa bosan saat BAB, termasuk main hp.

Bisa dibilang, gadget ini merupakan alat yang praktis. Tak hanya menyediakan bacaan atau berita, video dan permainan pun bisa Anda nikmati dari satu alat.

Ambeien atau dikenal juga dengan wasir merupakan pembengkakan pembuluh darah di anus. Penyebab munculnya pun beragam, salah satunya adanya tekanan berlebihan pada pembuluh darah di anus.

Mulai kebiasaan duduk terlalu lama, mengejan terlalu keras karena sering sembelit, dan kebiasaan main Hp saat BAB sama-sama berisiko membuat Anda terkena ambeien.

Dilansir dari laman Health Line, ahli bedah kolorektal (usus), Dr. Karen Zaghiyan berpendapat, “Sebenarnya, bukan main Hp saat BAB yang jadi penyebab wasir, tapi duduk di toilet dalam waktu lamalah yang jadi penyebabnya.”

Saat bermain ponsel, Anda jadi ‘lebih betah’ di kamar mandi. Hal ini pun membuat Anda duduk lebih lama di toilet. Jika sering dilakukan, kebiasaan ini akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah sekitar anus.

Aliran darah tidak akan mengalir dengan lancar. Akibatnya, darah akan menumpuk menyebabkan pembengkakan, rasa sakit, gatal, dan pendarahan ketika feses dikeluarkan.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan pada jurnal Germ menemukan bahwa ponsel genggam dapat menampung bakteri E. coli dan mikroba lainnya.

Sebenarnya, bakteri ini ada di dalam usus manusia. Namun, beberapa jenis tertentu dari bakteri ini dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti perut mulas, kram, dan diare.

Bila hp yang sudah kotor tersebut dibawa ke toilet, paparan bakteri akan semakin meningkat. Jadi, bukan hanya risiko ambeien saja yang akan meningkat, masalah kesehatan lainnya juga turut mengancam.

Untuk menghindari risiko kesehatan, seperti ambeien, hindarilah main hp saat buang air besar (BAB). Dengan begitu, Anda juga sekaligus menghindari paparan bakteri yang merugikan kesehatan masuk ke tubuh.

Perhatikan pula beberapa kebiasaan berikut agar tak menyebabkan gangguan kesehatan.

Jangan hanya duduk menunggu di toilet karena bisa menciptakan tekanan besar pada pembuluh darah di anus.

Ketika Anda telah berdiam diri di toilet selama 10 menit atau mengejan terlalu keras untuk BAB, Anda mungkin saja terkena sembelit.

Untuk mengatasi masalah ini, sempatkanlah diri berjalan-jalan atau makan buah dan sayur agar memperlancar gerakan usus sehingga feses jadi mudah dikeluarkan.

Selain menghentikan kebiasaan main hp saat BAB untuk menghindari masalah kesehatan, seperti ambeien, Anda juga wajib mencuci tangan setelah memakai toilet.

Ingat, tangan Anda mudah terpapar dengan berbagai bakteri yang hidup di toilet. Jadi, jangan hanya sekadar membasahi tangan.

Anda perlu menggosokkan tangan dengan sabun sampai ke sela jari. Bilaslah dengan air mengalir hingga bersih dan lap tangan Anda dengan tisu atau handuk kering.

Jadi bukan main hp yang sebabkan ambeien melainkan lama duduknya, jadi coba tips di atas untuk hindari ambeien karena lama duduk saat buang hajat.

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya