Menu

Kamis, 11 Juli 2019, 08:00 WIB

Jangan Suka Nyinyir, Begini Dampaknya bagi Kesehatan Fisik dan Mental!

Ilustrasi orang sedang nyinyir . | Sumber Foto:(Shutterstock).

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam hidup, kita pasti pernah menemui seseorang yang senang menyalahkan orang lain atau mengomentari hal negatif tentang orang lain alias nyinyir.

Ternyata, kebiasaan nyinyir ini bisa berdampak buruk pada kesehatan. Para peneliti dari Universitas Concordia berusaha meneliti hubungan kebiasaan menyalahkan orang lain atau nyinyir dengan kondisi kesehatan.

Carsten Wrosch, seorang profesor di Departemen Psikologi Universitas Concordia, dilansir dari concordia.ca, menemukan kebiasaan nyinyir memberikan dalam buruk pada kesehatan diri sendiri.

Beda halnya dengan menyalahkan diri sendiri, nyinyir pada orang lain justru menandakan adanya gangguan fisiologis yang memengaruhi metabolisme, respons imun, dan fungsi organ.

Michael Linden, kepala klinik psikiatrik di Free University of Berlin pun menyatakan kebiasaan menyalahkan orang lain atau nyinyir bisa menyebabkan penyakit mental.

Linden beranggapan kebiasaan buruk ini berawal dari kepahitan di masa lalu yang menyebabkan gangguan medis, tepatnya gangguan Post-traumatic Embitterment Disorder (PTED).

Menurutnya, orang dengan gangguan PTED ini bisa memiliki kontrol diri atau pandangan positif pada dirinya sendiri karena kebiasaannya nyinyir atau menyalahkan orang lain.

Nyinyir atau menyalahkan orang lain adalah caranya untuk melindungi harga diri dan traumanya akan kepahitan di masa lalu.

Padahal kebiasaan nyinyir yang menimbulkan pertengkaran dan memancing emosi di lingkungan sekitar orang bersangkutan ini justru memberikan dampak buruk pada kesehatan fisik jika terus-menerus dibiarkan terjadi.

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUDATE.com - Banyak cerita menarik di balik pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sukabumi, Minggu (17/11/2019). Dari mulai pasangan suami istri (Pasutri) yang mencalonkan diri di Pilkades Desa...

SUKABUMIUPDATE.com - Dominasi sang juara dunia Marc Marquez di MotoGP 2019 benar-benar tak terbantahkan. Melakoni MotoGP Valencia yang merupakan seri pamungkas di musim ini, pebalap Repsol Honda itu keluar...

SUKABUMIUPDATE.com - Mitos bahwa Kepala Desa (kades) Bojonggenteng selalu dua periode, pecah sudah. Calon Kades Bojonggenteng, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi nomor urut 3, Yudi Wahyudi, S.T, berhasil menumbangkan kades...

SUKABUMIUPDATE.com - Abdul Fatah Firman Fauzi menggantikan Asep Tajul Muttaqin untuk memimpin DPD PKS Kota Sukabumi. Proses pergantian ini merupakan hasil keputusan internal partai yakni DPW PKS Jawa Barat. Hal...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya