Menu

02 Jul 2019, 05:00 WIB

Apa Itu Penyakit Hepatitis, Ini Penjelasan RS Sekarwangi Cibadak

Salah satu ruang perawatan di RS Sekarwangi Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:doc. sukabumiupdate.com.

SUKABUMIUPDATE.com -  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekarwangi Cibadak, Kabupaten Sukabumi belum menangani penyakit Hepatitis A selama satu bulan terakhir ini. Hepatitis A saat ini sedang menjadi sorotan setelah mewabah di Pacitan, Jawa Timur. 

BACA JUGA: Momen Mengharukan, Pasangan Ini Gelar Akad Nikah di RSUD Sekarwangi Sukabumi

"Sejak Juni sampai awal Juli 2019 ini, kami belum menerima pasien yang terindikasi mengidap penyakit menular itu," kata Humas RS Sekarwangi, Ramdasnyah kepada sukabumiupdate.com, Senin (1/7/2019). 

Menurut Ramdansyah, hepatitis A merupakan penyakit yang menyerang organ hati. Organ hati akan alami peradangan yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri dan parasit hepatitis A. "Penyakit ini akan menular dengan mudah, bisa melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi hepatitis A," ucapnya.

Dalam penanganan hepatitis A tersebut, kata dia, pasien perlu dilakukan perawatan secara intensif di ruang isolasi khusus untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus. Terlebih jika levelnya sudah B, C dan selanjutnya. Itu sudah sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. 

BACA JUGA: RS Sekarwangi Cibadak Naik Status, Pasien BPJS Wajib Bawa Rujukan

"Penderita hepatitis A akan mengalami perubahan warna mata dan kulit menjadi kuning. Tetapi sebelum timbulnya penyakit kuning, penderita dapat mengalami demam, lemas, mual, muntah dan warna urine menjadi gelap," paparnya.

Sebenarnya, hepatitis A ini, tambah Ramdansyah akan sembuh dengan sendirinya, karena sistem kekebalan tubuh penderita dapat membasmi virus tersebut. 

"Pengobatan yang diberikan hanya untuk meringankan gejala-gejala yang dialami penderitanya, sambil menunggu penyakit sembuh. Selain itu, penting bagi penderita untuk menjaga kebersihan untuk mencegah penularan ke orang lain. Penderita yang sembuh akan memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini," pungkasnya.

Reporter : RUSLAN AG/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Virus Corona Wuhan atau 2019-nCoV sudah menginfeksi lebih dari 2.000 orang di China, dengan 80 di antaranya meninggal dunia. Sempat hanya dikira ancama lokal, nyatanya virus corona...

SUKABUMIUPDATE.com - Pengamat media sosial dari Komunikonten Hariqo Wibawa Satria mengajak warganet untuk tidak melucu terkait berbagai soal virus corona yang mematikan karena sudah banyak jatuh korban. "Sebuah negara warganya...

SUKABUMIUPDATE.com - Deddy Corbuzier baru-baru ini mendapat ancaman dari Rangga Sasana, petinggi Sunda Empire. Rangga Sasana marah karena Deddy telah membahas Sunda Empire bersama paranormal Mbah Mijan di saluran...

SUKABUMIUPDATE.com - Kobe Bryant memang tak pernah bermain sepak bola dan memilih basket sebagai jalan hidupnya, namun kematiannya membuat klub-klub bola berbelasungkawa dan AC Milan adalah tim yang paling...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya