Menu

Sabtu, 11 Mei 2019, 09:42 WIB

Warga Sukabumi, Yuk Simak Tips Merawat Kesehatan Gigi Saat Ramadan dari Bu Dokter Cantik Ini

Dokter gigi Gracety Shabrina. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Merawat kesehatan gigi di Bulan Ramadan menjadi hal yang sangat penting dilakukan agar puasa dapat dilaksanakan dengan nyaman. Lalu bagaimana tips dalam merawat kesehatan gigi di Bulan Ramadan ini.

Dokter gigi Gracety Shabrina mengungkapkan, menyikat gigi sangat penting apalagi saat Ramadan seperti sekarang.

BACA JUGA: Jangan Takut Olahraga saat Bulan Ramadan, Intip 6 Tips Ini

"Sikat gigi itu harus tetap dijalankan, minimal 2 kali sehari, yaitu 30 menit setelah sahur dan sebelum tidur," ujar dokter yang akrab di sapa Eci ini kepada sukabumiupdate.com, Jumat (10/5/2019).

Selain menyikat gigi, Eci pun mengingatkan tidak mengkonsumsi secara berlebihan makanan tinggi glukosa. Karena sisa makanan manis yang menempel di gigi apabila tidak dibersihkan bisa mengakibatkan gigi remineralisasi dan berlubang.

"Di Ramadan seperti sekarang itu lebih baik jangan mengkonsumsi makanan seperti kolak, es buah, dan makanan lain yang banyak mengandung susu atau gulanya secara berlebihan. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang berserat dan minum air putih yang cukup," ungkap lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Unpad ini.

BACA JUGA: Etika yang Harus Dipahami di Tempat Kerja selama Ramadan

Dokter gigi berusia 25 tahun ini pun memberikan tips bagaimana caranya agar anak mau menyikat giginya di bulan Ramadan ini. Pertama, mengajak anak untuk menyikat gigi sambil menonton video. Video yang ditayangkan bisa video edukasi dan film karton.

Kedua, lakukan aktivitas sikat gigi bersama dengan orang tua atau saudaranya. Ketiga, berikan reward kepada si anak ketika mau menyikat giginya.

"Jadi kalau mengajak anak untuk sikat gigi itu perlu pendekatan dan cara yang kreatif," pungkasnya.

Reporter : CRP 1
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Buat apa menahan lapar dengan puasa? Sebuah tema menarik di momentum bulan suci Ramadan ini menjadi pembahasan dalam wawancara sukabumiupdate.com bersama salah satu pengurus ICMI Kabupaten Sukabumi,...

SUKABUMIUPDATE.com - Menu buka puasa tak melulu kolak atau es buah, bisa juga nasi bakar. Salah satu tempat yang menyajikan menu ini adalah Warung nasi ayam bakar di Jalan...

SUKABUMIUPDATE.com - Ibu yang sedang menyusui bayi berusia di bawah enam bulan disarankan tidak berpuasa selama Ramadan. Di usia tersebut, bayi masih mengandalkan air susu ibu atau ASI sebagai...

SUKABUMIUPDATE.com - Bingung cari sajian kuliner untuk buka puasa? Nasi Kebuli Rumah Qta bisa jadi referensi. Kuliner khas timur tengah yang bisa disantap beramai-ramai itu juga bisa jadi sajian...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya