Menu

Selasa, 16 April 2019, 05:40 WIB

Benarkah Cahaya Biru dari Gawai Bisa Bikin Buta? Ini Kata Ahli

Ilustrasi orang menggunakan smartphone. | Sumber Foto:(Pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Smartphone atau gawai telah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari. Tapi, banyak yang menganggap bahwa gawai bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Salah satunya karena cahaya biru yang dipancarkannya disebut bisa mengganggu kesehatan mata bahkan menyebabkan kebutaan. Benarkah? 

Seorang spesialis penyakit retina dan direktur Ophthalmic Research at the Lahey Hospital and Medical Center, David Ramsey, mengatakan perangkat elektronik termasuk smartphone, tablet, TV LCD dan laptop memancarkan cahaya biru dalam jumlah yang tidak berbahaya bagi retina atau bagian mata lainnya.

Namun dia tak menampik cahaya biru bisa menyebabkan kerusakan berbagai sel dalam tubuh terkena cahaya biru secara berlebihan. "Cahaya biru ini tidak mungkin menimbulkan bahaya fisik pada retina, tidak berbahaya bagi retina karena jumlah cahaya yang dipancarkan. Sumber cahaya biru industri sengaja disaring atau dilindungi untuk melindungi penggunanya," kata dia, seperti dilansir dari Medical Daily, Minggu, 14 April 2019.

Namun Ramsey memperingatkan meski tidak berbahaya, perangkat seluler dan elektronik masih dapat memengaruhi kesehatan Anda. Paparan cahaya buatan dapat mengubah jam sirkadian atau jam tubuh internal, yang mengganggu tidur dan siklus lainnya dalam tubuh.

Dia mengungkapkan tidak ada bukti yang mendukung penggunaan lensa penghalang cahaya biru untuk melindungi kesehatan retina mata. Bahkan, beberapa produsen mendapat denda karena klaim menyesatkan tentang jenis lensa tersebut.

Perangkat yang dapat memancarkan cahaya biru intensitas tinggi misalnya senter militer dan lampu genggam lainnya. Melihat langsung pada produk konsumen berdaya tinggi ini dapat berpotensi berbahaya bagi mata.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Tips teknologi kali ini Tempo mengulas tentang bagaimana cara menjual smartphone dengan aman tanpa gangguan. Setiap bulan, tampaknya, ada saja ponsel Android baru yang menghantam pasar,  seperti...

SUKABUMIUPDATE.com - Vitamin A identik dengan kesehatan mata. Tahukah Anda, vitamin ini juga memiliki segudang manfaat lain, mulai dari mengurangi risiko kanker hingga membantu meningkatkan kesehatan reproduksi. Jenis vitamin A yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Penyakit kanker darah belakangan menjadi perhatian setelah dialami beberapa tokoh publik tanah air seperti istri presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono. Penyakit kanker darah pun sebelumnya menyerang...

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus demam berdarah selalu menjadi perhatian banyak orang di musim hujan. Penyakit ini memakan korban yang tidak sedikit. Dan umumnya kematian disebabkan oleh keterlambatan penanganan medis karena...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya