Menu

Senin, 15 April 2019, 06:00 WIB

Fakta Lain Daging Merah, Kaya Nutrisi Menyehatkan Asalkan...

Ilustrasi daging merah. | Sumber Foto:Pixabay.com.

SUKABUMIUPDATE.com - Orang dengan penyakit tertentu sering kali disarankan untuk menghindari daging merah. Sebab, daging yang berasal dari hewan mamalia seperti sapi dan kambing ini memiliki reputasi buruk karena dikenal dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Daging merah mengandung lemak jenuh, sejenis lemak yang meningkatkan kadar kolesterol berbahaya. Topik ini telah diperdebatkan selama bertahun-tahun.

Kabar baiknya, makan daging merah secukupnya dan berpegang teguh pada gaya hidup sehat akan tetap membuat tubuh Anda sehat. American Institute for Cancer Research menyatakan bahwa seseorang tidak boleh mengonsumsi lebih dari 18 ons daging merah per minggu.

Daging merah mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk diet seimbang. Syaratnya, jangan mengonsumsi jenis daging ini berlebihan. Apa saja kandungan daging merah yang dibutuhkan tubuh?

1. Protein

Daging merah adalah sumber protein berkualitas tinggi dengan 20-24 gram protein per 100 gram. Protein dalam daging merah mengandung asam amino yang penting untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan tubuh dan juga menyediakan energi.

2. Lemak

Daging sapi mentah tanpa lemak hanya mengandung 4,3 persen lemak dan daging kambing tanpa lemak hanya mengandung 8 persen lemak.

3. Vitamin

Daging merah mengandung vitamin B-kompleks, khususnya B12 37 persen dari angka kecukupan gizi. Nutrisi ini memainkan peran penting untuk tubuh yang sehat dan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, dari penyakit kardiovaskular hingga kanker. Daging mengandung vitamin B penting lainnya, seperti Vitamin B6, tiamin, folat, riboflavi, niasin dan asam pantotenat. 

4. Seng

Seng berperan penting dalam membangun massa otot, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mempromosikan otak yang sehat.

5. Meningkatkan kesuburan

Daging merah juga merupakan sumber selenium yang sangat baik. Kombinasi selenium dengan vitamin B6 memberikan keseimbangan nutrisi penting yang vital bagi kesuburan, baik pada pria maupun wanita.  

6. Sumber zat besi

Menambahkan daging merah ke dalam menu Anda satu atau dua kali seminggu dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan jumlah zat besi bagi tubuh. Zat besi berguna untuk pembentukan sel-sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen ke seluruh tubuh ke jaringan-jaringan seperti jantung dan otak. Orang yang kekurangan zat besi berisiko mendapatkan masalah seperti kesulitan belajar, energi rendah, dan masalah perilaku.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Bau mulut merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi, tetapi keberadaannya sangat menganggu. Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau mulut, seperti menggunakan obat kumur. Namun Asni Amin, doktor Fakultas Farmasi Universitas...

SUKABUMIUPDATE.com - Traveling selalu menjadi agenda yang direncanakan setiap orang apalagi jika ada jeda waktu kosong. Tujuannya pun beragam mulai dari destinasi wisata di dalam hingga luar negeri. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan...

SUKABUMIUPDATE.com – Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi mengingatkan masyarakat dalam mengkonsumsi obat, sebab, sebanyak 60 persen sebelum ke fasilitas layanan kesehatan, terlebih dahulu melakukan pengobatan sendiri. Fahmi mengatakan, hal...

SUKABUMIUPDATE.com - Teh jahe merupakan minuman yang luar biasa untuk mengawali hari. Banyak manfaat yang dapat dirasa jika rajin mengkonsumsi teh jahe. Teh jahe mampu meningkatkan penyerapan nutrisi, merangsang...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya