Menu

Minggu, 14 April 2019, 06:00 WIB

Lengkuas Tingkatkan Kualitas Sperma? Cek 4 Khasiat Lainnya

Ilustrasi lengkuas. | Sumber Foto:(Pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Mau segera punya momongan? Ada baiknya para pria mulai mencoba mengonsumsi lengkuas. Tanaman umbi-umbian ini biasa digunakan sebagai bumbu masak dan pengobatan tradisional. Tapi tak banyak yang tahu bahwa lengkuas juga bisa meningkatkan kualitas sperma.

Dokter asal Amerika Josh Axe mengatakan ada banyak manfaat untuk kesehatan dari mengkonsumsi lengkuas. Pertama, lengkuas dapat meningkatkan jumlah dan fungsi sperma. "Beberapa bagian akar lengkuas mungkin berguna dalam mempromosikan kesuburan pria," kata Axe dalam laman pribadinya, Draxe.com.

Axe mengungkapkan temuan ini menggunakan tikus percobaan. Para periset di Iran menemukan bahwa hal itu meningkatkan jumlah sperma dan motilitas (atau kemampuan untuk bergerak).

Selain itu, lengkuas dapat bertindak sebagai anti-inflamasi. "Peradangan merupakan akar dari kebanyakan penyakit, akar lengkuas menunjukkan efek anti-inflamasi pada tubuh secara umum dan terhadap kondisi tertentu," ujarnya.

Lengkuas juga memiliki kualitas antibakteri dan antijamur. Ekstrak lengkuas memberi efek antimikroba pada beberapa bakteri yang dikenal karena menginfeksi makanan, termasuk staphylococcus, E. coli, listeria, salmonella dan clostridium. "Bahkan bisa melawan E. coli yang tahan terhadap jenis antibiotik amoksisilin dan benar-benar membalikkan resistensi beberapa strain harus amoksisilin," kata Axe.

Selanjutnya, lengkuas mendukung kesehatan otak. "Karena sifat anti-inflamasinya, senyawa yang diambil dari akar lengkuas ini yang dikenal sebagai ACA mungkin memiliki efek melindungi otak, mengurangi beberapa bentuk degenerasi kognitif terkait usia".

Lengkuas juga dapat meredakan sakit perut dan masalah pencernaan. Dalam pengobatan Ayurveda dan budaya Asia lainnya, lengkuas digunakan untuk menenangkan perut yang sakit, mengatasi diare, mengurangi muntah dan bahkan menghentikan cegukan.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Orang dengan penyakit tertentu sering kali disarankan untuk menghindari daging merah. Sebab, daging yang berasal dari hewan mamalia seperti sapi dan kambing ini memiliki reputasi buruk karena...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya