Menu

Sabtu, 09 Pebruari 2019, 06:00 WIB

4 Makanan Ini Berisiko Bikin Sakit saat Dimakan Mentah

Ilustrasi telur mentah . | Sumber Foto:(pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com -  Tak hanya makanan matang yang enak untuk dikonsumsi. Banyak pula jenis makanan yang menggugah selera ketika disajikan mentah. Sayangnya, menurut beberapa riset di Amerika Serikat, makanan mentah tersebut mengandung banyak bakteri untuk tubuh Anda. Itu sebabnya makanan mentah ini harus dihindari atau memilih menikmatinya setelah matang.

Makanan mentah apa saja yang enak namun tak baik untuk dikonsumsi tubuh? Dilansir dari WebMD dan Health Line, berikut empat makanan tersebut.

1. Sushi

Dibuat dengan ikan tanpa lemak, sayuran, dan alpukat, sushi bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan vitamin dan asam lemak omega-3. Tetapi, sushi dapat memiliki bakteri dan parasit seperti anisakiasis, yang dapat menyebabkan muntah, diare, dan sakit perut.

2. Tiram

Tiram dapat membawa virus dan bakteri dari air tempat mereka tinggal. Jika tidak matang, mereka dapat menginfeksi orang yang memakannya. Tiram juga dapat menyebarkan infeksi yang disebut dengan vibriosis. Selain itu, tiram dapat menyebarkan hepatitis A, virus yang menyebabkan penyakit hati.

3. Telur segar

Telur segar dapat membawa salmonella, yaitu bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menghindari sakit adalah dengan memastikan telur dimasak sampai bagian putih dan kuningnya mengeras atau matang sempurna.

4. Kacang merah

Makan kacang merah mentah bisa membuat Anda sangat sakit, meskipun hanya empat atau lima butir. Ini disebabkan oleh protein yang disebut kacang lektin atau PHA. Protein ini biasanya akan hancur saat dimasak. Oleh karena itu sebaiknya kacang merah dimasak terlebih dahulu. Rendam kacang merah mentah setidaknya selama 5 jam, tiriskan, lalu rebus setidaknya selama 30 menit. Jangan gunakan slow cooker karena suhunya tidak akan cukup panas untuk menghilangkan zat berbahaya pada kacang.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Tanggal kedaluwarsa yang tertera di beberapa produk makanan dalam kemasan bukan merujuk pada keamanan produk, melainkan kualitasnya. Bila mencapai tanggal tersebut, kualitas produk menurun, tetapi masih aman...

SUKABUMIUPDATE.com - Hidangan penutup atau dessert yang manis dan mengandung gula dianggap berbahaya untuk kesehatan. Makanan ini sering dihubungkan dengan penambahan berat badan dan penyakit kronis mulai dari diabetes tipe 2 hingga kanker. Sebagian...

SUKABUMIUPDATE.com - Depresi dan gangguan kesehatan mental lain, seperti stres dan kecemasan berlebihan, bisa dipicu oleh banyak hal, mulai dari urusan pekerjaan, problem rumah tangga, hingga masalah keuangan. Itu sebabnya, sering...

SUKABUMIUPDATE.com - Bebebrapa dekade lalu, para ahli merekomendasikan agar orang tua menunda pemberian kacang-kacangan pada makanan pendamping ASI atau MPASI hingga usia tiga tahun. Penundaan itu dilakukan untuk menghindari...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya