Menu

Sabtu, 02 Pebruari 2019, 14:22 WIB

Kasus DBD Meningkat, Dinkes Kabupaten Sukabumi Minta Warga Waspada

Tim dari Dinkes Kabupaten saat mesosialisasikan upaya DBD. (Istimewa). | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi menyoroti peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD) belakangan ini. Masyarakat pun dihimbau untuk lebih waspada dan turut mengupayakan langkah-langkah pencegahan. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Sukabumi, Dwi Asmarajaya. Ia menyebut langkah pencegahan sangat penting untuk dilakukan bersama-sama. 

"Faktor pencegahan peran dan kesadaran masyarakat ini sangat penting untuk menjaga lingkungan yang berpotensi jadi sumber perkembangbiaknya vektor DBD. Yaitu nyamuk Aedes Aegypti," ujar Dwi kepada sukabumiupdate.com, Jumat (1/2/2019).

Sepanjang 2019 ini, lanjut Dwi, terdapat 40 warga yang positif terjangkit DBD. Disamping itu, ada pula 17 orang suspek DBD.

Dwi menegaskan, pihaknya sudah mengintruksikan para petugas di Dinkes Kabupaten Sukabumi untuk mensosialisasikan upaya menekan peningkatan potensi DBD. Yakni himbauan terkait terkait menutup tempat penampungan air, menguras tempat penampungan air secara rutin minimal seminggu sekali, mengubur tempat penampungan air yang tidak terpakai, dan memantau jentik nyamuk seminggu sekali (4M).

BACA JUGA: Istri Meninggal Akibat DBD, Warga Nagrak Sukabumi Berburu Mesin Fogging

"Jadi peran masyarakat dan kerjasama lintas sektor antaranya kepala desa, camat, sangat penting untuk mendorong motivasi masyarakat peduli terhadap lingkungan sekitarnya," tutur Dwi. 

"Setiap Puskesmas pun sudah kami minta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap peningkatan kasus DBD ini," pungkas Dwi.

 

Reporter : NANDI/ADV
Redaktur : MULVI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Rizal (9 tahun), seorang anak di Kampung Pasirkananga RT 06/02, Desa Hegarmanah, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, mendapatkan perhatian dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi melalui Puskesmas Sagaranten....

SUKABUMIUPDATE.com - Vaksin DBD sebenarnya sudah bisa didapatkan di beberapa rumah sakit besar untuk pencegahan penyakit yang bisa menimbulkan korban jiwa tersebut bila tidak segera ditangani. Namun, efektivitas vaksin DBD belum...

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang pria yang tinggal di RT 08 RW 05 Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan menganiaya tiga juru pemantau jentik (jumantik) nyamuk. Salah seorang jumantik yang jadi korban...

SUKABUMIUPDATE.com - Festival durian durian ke 2 Cikakak yang digelar di area Objek Wisata Batu karut, Grand Inna Samudra Beach Hotel Palabuhanratu, memasuki hari kedua, Sabtu (2/2/2019). Pada hari...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya