Menu

Kamis, 10 Januari 2019, 08:00 WIB

Menyingkap Manfaat Kesehatan Buah Longan

Buah longan. | Sumber Foto:Hello Sehat

SUKABUMIUPDATE.com - Buah longan berasal dari Cina Selatan dan bentuknya seperti duku atau leci. Kulitnya kecoklatan, tipis, dan lebih kasar dari leci, serta mudah dikupas. Buahnya berwarna putih, transparan, dan manis.

Longan berarti mata naga dalam Bahasa Cina. Dinamai demikian karena bentuk buahnya setelah dikupas yang mirip bola mata naga. Bijinya yang bulat dan hitam mengkilat, serta terlihat di balik daging buah yang transparan, benar-benar membuat longan seperti mata.

Longan mengandung kalsium, zat besi, fosfor, niacin, protein, vitamin A, B, dan C. Berikut beberapa manfaat longan bagi tubuh, seperti dilansir Vegetafruit.com.

#Baik untuk sistem saraf dan sangat direkomendasikan sebagai antidepresan karena memiliki efek menenangkan, memperbaiki fungsi saraf, meredakan rasa marah, dan mengurangi kelelahan. Longan juga baik buat penderita insomnia dan masalah tidur lain.

#Baik buat jantung karena kemampuannya meredakan stres sehingga kerja jantung pun lebih ringan. Longan juga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

#Kandungan polifenol membuat longan mampu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel-sel, serta menurunkan risiko serangan beberapa jenis kanker.

#Kandungan zat besi sangat baik buat penderita anemia. Longan juga mampu mengontrol zat besi dalam tubuh.

#Longan rendah lemak dan kalori sehingga baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet. Meski demikian, longan kaya karbohidrat kompleks yang baik sebagai sumber energi dan meningkatkan stamina.

#Kandungan vitamin C membantu melindungi tubuh dari flu dan baik untuk kulit.

#Konon biji longan bisa membantu menyembuhkan luka akibat gigitan ular. Caranya, gosok-gosokkan biji tersebut pada area yang digigit ular dan racun akan terserap ke dalamnya. Selain itu, kandungan saponin dalam biji longan adalah bahan dasar sampo dan mampu memperindah rambut.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Konon, semakin tua usia seorang pecandu alkohol akan semakin lebih sulit dia melepaskan diri dari pengaruh minuman tersebut. "Seiring bertambahnya usia, dibutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk memecah alkohol....

SUKABUMIUPDATE.com - Bukan cuma perempuan yang susah move on saat putus dari pacar. Laki-laki juga bisa mengalaminya, bahkan lebih parah. Tapi, biasanya mereka pintar menyembunyikan perasaan di depan teman-teman, jadi...

SUKABUMIUPDATE.com - Es krim yang manis, dingin, dan menyegarkan, mengandung protein, kalsium, dan sejumlah besar lemak dan gula, dengan jumlah kalori yang tak sedikit. Karena itu, seperti dilansir dari Livestrong, es...

SUKABUMIUPDATE.com - Anda termasuk orang yang sulit berkonsentrasi pada pekerjaan? Tak usah cemas, yang Anda butuhkan hanyalah memilih makanan yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan tetap fokus. Kopi salah satunya. Memilih makanan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya