Manfaat Super Lentil Hitam, Jaga Kesehatan Tulang sampai Otak

Selasa 11 Desember 2018, 00:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gram hitam, juga dikenal sebagai urad dal, lentil hitam, yang memiliki bahasa latin Vigna mungo. Gram hitam, adalah salah satu lentil yang paling sering ditemukan di setiap dapur orang India.

Kacang berwarna hitam ini digunakan dalam berbagai resep kuliner. Lentil hitam memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari memperbaiki pencernaan hingga mengatur kadar gula darah dan juga pengobatan Ayurveda.

Lentil hitam juga dikenal dengan nama seperti kacang hitam dan kacang matpe. Lentil ini sangat populer sehingga membentuk bagian yang sangat penting dari masakan eksotis dan jika dikonsumsi setiap hari memiliki dampak positif pada kesehatan.

Dalam 100 gram lentil hitam mengandung 343 kkal energi, 22,86 gram protein, 60 gram karbohidrat, 1,43 gram lemak total, 28,6 gram serat makanan total, 2,86 gram gula, 171 miligram kalsium, 7,71 miligram besi, dan 43 miligram sodium.  Dengan berbagai kandungan zat nutrisi tersebut, berikut manfaat lentil hitam untuk kesehatan, dikutip dari www.boldsky.com.

#Meningkatkan energi
Lentil hitam yang kaya zat besi dan protein bertindak sebagai pendorong energi yang sangat baik dan membuat tubuh aktif. Zat besi adalah mineral utama yang membantu produksi sel darah merah yang selanjutnya meningkatkan aliran oksigen ke berbagai organ tubuh, sehingga meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan

#Meningkatkan kesehatan jantung
Lentil hitam membantu dalam mempromosikan kesehatan jantung karena adanya magnesium, serat, folat dan kalium. Serat makanan adalah cara yang efektif untuk mengontrol kadar kolesterol dan mencegah aterosklerosis. Magnesium membantu sirkulasi darah dan kalium bertindak sebagai vasodilator dengan menurunkan ketegangan di pembuluh darah dan arteri. Selain itu, folat terkait untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

#Memperbaiki pencernaan
Lentil hitam mengandung serat makanan yang baik, yang dapat meningkatkan pencernaan dan membantu melancarkan tinja sehingga mencegah konstipasi. Jika Anda menderita masalah terkait perut, seperti sembelit, diare, kram, atau kembung, masukkan gram hitam ke dalam pola makan.

#Memperbaiki kesehatan kulit
Lentil hitam dianggap sebagai makanan antipenuaan karena sangat kaya akan mineral yang dapat mencegah penuaan kulit. Karena kaya zat besi, lentil hitam akan membantu meningkatkan aliran oksigen ke sel sehingga memberikan kulit yang bercahaya dan membuat kulit bebas noda dan mengurangi gejala jerawat.

#Memperbaiki pertumbuhan rambut
Lentil hitam kaya akan mineral yang dapat membantu mengatasi rambut kering dan rapuh dan mengembalikan kilau rambut karena berfungsi sebagai kondisioner yang bagus untuk rambut dan memberikan penampilan yang berkilau. Oleskan pasta gram hitam pada rambut.

#Mencegah diabetes 
Karena lentil hitam kaya serat makanan maka bermanfaat dalam mengatur jumlah nutrisi yang diserap oleh saluran pencernaan. Efeknya, membantu  menjaga kadar gula darah dan glukosa sehingga membuat mencegah diabetes. Jika Anda seorang penderita diabetes, masukkan lentil hitam ke diet untuk mencegah lonjakan kadar gula darah.

#Meningkatkan kesehatan tulang
Lentil hitam merupakan sumber kalsium yang sangat baik yang berkontribusi terhadap kepadatan mineral tulang. Kalsium adalah mineral penting yang membuat tulang  kuat dan mencegah pengeroposan. Mengonsumsi  kalsium setiap hari akan mencegah masalah-masalah yang berkaitan dengan tulang, termasuk osteoporosis, dan membantu menjaga kesehatan tulang.
 
#Memperkuat sistem saraf 
Lentil hitam dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan memperkuat sistem saraf serta membantu mengatasi masalah yang berhubungan dengan saraf, seperti histeria, skizofrenia, dan lemah ingatan.  
Lentil hitam telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk mengobati kelumpuhan parsial, kelumpuhan wajah, dan kelemahan saraf.

#Memperkuat otot
Protein pada lentil hitam diketahui dapat meningkatkan kesehatan otot dengan mengembangkan dan memperkuat jaringan otot tubuh. Baik pria maupun wanita yang mencoba membangun otot harus mengonsumsi gram hitam setiap hari untuk pertumbuhan otot dan mendapatkan kekuatan.
 
#Baik untuk ibu hamil  
Lentil hitam bermanfaat untuk ibu hamil karena nilai gizinya yang tinggi, seperti zat besi yang membantu produksi hemoglobin yang mencegah cacat lahir pada janin dan asam lemak esensial meningkatkan perkembangan otak janin. Meskipun lentil hitam baik untuk kesehatan, bila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan asam urat yang tidak baik untuk orang yang menderita batu empedu atau asam urat, juga bisa menyebabkan perut kembung dan penderita penyakit rematik harus menghindarinya.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi