Menu

Kamis, 08 November 2018, 16:46 WIB

KPA Kabupaten Sukabumi Cetak Pelajar Peduli AIDS

Suasana foto bersama disela Bimtek dan Penguatan Pelajar Peduli AIDS 2018. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukabumi kembali mencetak pelajar peduli HIV/AIDS. Belum lama ini, puluhan pelajar dari berbagai SMA dan SMK se-Kabupaten Sukabumi diberikan pembekalan mengenai HIV/AIDS dalam giat Bimtek dan Penguatan Pelajar Peduli AIDS 2018 di Pondok Saung Geulis, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Pengelola Program KPA Kabupaten Sukabumi, Dian Hendayana Saputra menjelaskan, Pelajar Peduli AIDS (PPA) Kabupaten Sukabumi bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku positif pelajar dalam mendukung upaya peningkatan kualitas pelajar di usia produktif. Sehingga terhindar dari perilaku berisiko, seperti seks bebas, Napza dan HIV/AIDS.

"Kasus HIV/AIDS di Indonesia jumlahnya cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Sebagian besar terdapat pada kelompok usia produktif (15-49 tahun). Di Kabupaten Sukabumi saja, kelompok usia produktif masih mendominasi di angka 70 persen. Untuk mengantisipasi dampak negatif dari kasus HIV/ AIDS diperlukan upaya pencegahan dan penanggulangan yang optimal," ungkap Dian saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Kamis (8/11/2018) di ruang kerjanya.

BACA JUGA: Cegah HIV/AIDS, KPA Kabupaten Sukabumi Sosialisasi di Desa Limbangan

Oleh karenanya, masih kata Dian, para pelajar yang tergabung dalam PPA di sekolahnya masing-masing akan bertugas mengidentifikasi potensi risiko penularan HIV/AIDS, memfasilitasi, dan mengedukasi teman pelajarnya untuk memperoleh informasi, dukungan, pencegahan, test HIV,  test IMS, dan sebagainya melalui dialog atau diskusi. Serta yang paling penting, tidak ada stigma dan diskriminasi bagi siapapun.

"Penanggulangan HIV/AIDS bisa berjalan secara efektif dan berkelanjutan di kalangan pelajar, jika melibatkan pelajar secara penuh dalam program penanggulangan. Kebutuhan ini diakomodir dengan adanya PPA. Melalui PPA ini, keterlibatan pelajar secara penuh hanya bisa terwujud, karena memberikan ruang untuk berinteraksi antar pelajar," tandas Dian.

Reporter : HERLAN HERYADIE
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERKAIT

SUKABUMIUPDATE.com - Pihak keluarga masih berharap ada kabar baik ditengah ketidakpastian mengenai kabar Firmansyah Akbar, korban kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 asal Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Pihak keluarga sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki musim hujan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi terjunkan puluhan orang petugas Juru Malaria Desa (JMD). Pengerahan JMD tersebut untuk mengantisipasi penyebaran penyakit malaria. "Puluhan petugas JMD kami...

SUKABUMIUPDATE.com - Pupun (50 tahun), seorang janda tiga anak di Kampung Cikiwultonggoh RT 01/01 Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, sudah belasan tahun tinggal di rumah reyot tidak layak...

SUKABUMIUPDATE.com - Alat peraga Kampanye (APK) berupa pamlet dan banner caleg dipasang dengan cara dipaku pada pohon sepanjang jalan di daerah Palabuhanratu. Pemasangan APK caleg yang dipaku pada pohon ini seperti...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya