Menu

Senin, 05 November 2018, 07:00 WIB

Kaki Bengkak saat Hamil, Atasi dengan Tips Berikut

Ilustrasi kaki bengkak saat hamil. | Sumber Foto:shutterstock.com

SUKABUMIUPDATE.com - Wanita hamil biasanya mengalami pembengkakan pada beberapa tubuh, seperti pada wajah, tangan, atau kaki. Kondisi ini merupakan hal yang wajar karena perubahan kadar hormon.

Ketika memasuki trimester ketiga, ibu hamil seringkali mengalami kaki bengkak. Hal ini disebabkan berat badan yang bertambah sehingga beban kaki semakin berat.

Edema adalah istilah untuk kaki bengkak pada masa kehamilan. Edema artinya penimbunan cairan. Metabolisme tubuh yang berubah terjadi akibat perubahan keseimbangan volume cairan tubuh.

Ibu hamil disarankan minum enam sampai delapan gelas per hari untuk membuang racun yang ada di tubuh dan juga dipercaya dapat mengurangi bengkak pada kaki. Berikut cara untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil, seperti dilansir Parentheald.

-Kurangi konsumsi garam. Konsumsi garam pada masa kehamilan menjadi salah satu penyebab kaki bengkak.

-Hindari duduk atau berdiri terlalu lama. Hal ini memungkinkan cairan menetap di salah satu bagian tubuh yang mengakibatkan terjadinya pembengkakan.

-Hindari pemakaian sepatu yang mengikat kaki atau sepatu yang ketat karena akan menghambat peredaran darah anda.

-Tidur dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala dan jantung. Tujuannya untuk memperbaiki sirkulasi darah.

-Hindari suhu panas, baik itu mandi dengan air panas, atau terpapar sinar matahari yang terik.

-Tidur miring ke arah kiri. Hal ini membantu aliran darah kembali ke jantung.

-Rutin berolahraga. Ibu hamil disarankan untuk rutin berolahraga ringan seperti berenang atau berjalan kaki di air.

-Konsumsi kalium. Buah yang banyak mengandung kalium yaitu pisang. Kalium mampu menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Viral di jagad media sosial Facebook aparat Satuan Samapta Bhayangkara (Sabhara) Polres Sukabumi Kota melakukan penangkapan terhadap sejumlah orang belum lama ini. Penangkapan diunggah di akun Facebook...

SUKABUMIUPDATE.com - Kejadian tragis terjadi di Kelurahan Tonrorita Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, setelah salah seorang warga beranama Sampara ditemukan tewas dengan kepala terpenggal, Senin (11/11/2019). Kepala mayat itu,...

  SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor dibuat geger dengan penemuan sesosok mayat di dalam koper berwarna biru tua, Minggu (10/11/2019) kemarin. Mayat itu tepatnya ditemukan warga di semak-semak pinggir...

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang profesor asal Rusia Oleg Sokolov (63) diringkus pihak kepolisian atas tuduhan membunuh dan memutilasi pacarnya sendiri. Kepolisian setempat, menarik tubuh pria itu dari sungai yang dingin dan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya