Tak Semua Permen Buruk, 3 Permen Tradisional Ini Contohnya

Jumat 13 Juli 2018, 11:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Permen dikenal hampir oleh semua orang sebagai makanan manis yang praktis dikonsumsi kapan saja. Konon, dengan memakan permen, seseorang bisa lebih berkonsentrasi karena gerakan mengunyah yang dilakukan mulut. Kalau sedang mengantuk, makan permen kopi juga bisa membantu membuat kita merasa lebih segar.

Tak hanya permen modern buatan pabrik besar. Permen tradisional Indonesia juga punya manfaat yang tak main-main. Rasanya pun tidak kalah nikmat dengan permen-permen produksi massal.

#Permen jahe
Permen ini biasanya bertekstur empuk dan sedikit lengket, berwarna coklat, dengan baluran gula pasir. Rasanya yang manis dan hangat bermanfaat untuk mengatasi mual atau mabuk kendaraan.

Selain itu, permen ini juga nikmat dikonsumsi saat sedang flu, batuk, dan radang tenggorokan. Jahe juga mengandung banyak nutrisi, antara lain magnesium, tembaga, kalium, vitamin C, dan antioksidan alam yang menyehatkan tubuh.

#Permen asam Jawa
Sekilas, permen asam terlihat mirip dengan permen jahe. Biasanya permen asam berbentuk lebih bulat dan berwarna coklat tua. Permen ini teksturnya tidak terlalu lengket dan memiliki rasa manis asam yang segar. Permen asam mengandung banyak vitamin C, A, dan B1, serta kalsium, zat besi, dan fosfor yang bermanfaat untuk mengatasi batuk, sariawan, bahkan demam.

#Permen susu
Kalau lagi liburan ke Bandung, tepatnya di daerah Lembang, kita akan mudah menemukan permen empuk berbentuk kotak kecil dan berwarna kecoklatan yang terbuat dari susu segar. Karena bahan utamanya adalah susu, permen ini mengandung kalsium yang tinggi dan penting untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Sumber: Tempo

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Tags :
Berita Terkini
Life01 Juli 2024, 11:30 WIB

Tantrum! 10 Sikap Anak yang Sulit Diatur Orang Tua dan Solusi Cara Mengatasinya

Konsistensi dalam aturan dan konsekuensi membantu anak yang tidak mau diatur memahami batasan yang jelas.
Ilustrasi. Kenali cara menghadapi anak sulit diatur. (Sumber : Freepik/@freepik)
Aplikasi01 Juli 2024, 11:20 WIB

Pengembangan Teknologi Informasi, Mengolah dan Monitoring Irigasi dengan Sistem IOT

Bentuk inovasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini, yaitu sebuah rancangan teknologi yang disebut Smart Irigasi.
Ilustrasi. Rancangan teknologi Smart Irigasi, dapat menjawab tantangan masa kini yang dapat menjadi solusi praktis. (Sumber: istimea)
Sukabumi01 Juli 2024, 11:10 WIB

13 Aduan Diterima Pemkot Sukabumi Lewat E-Lapor Selama Juni 2024

Aduan paling banyak disampaikan untuk DPUTR Kota Sukabumi.
Tampilan sistem layanan aduan Pemkot Sukabumi yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika. | Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika
Life01 Juli 2024, 11:00 WIB

Libur Sekolah di Rumah Aja? Gak Usah Bingung, Lakukan 10 Ide Kegiatan Ini!

Di Sukabumi sendiri, rata-rata waktu liburan sekolah negeri dijadwalkan mulai 1-14 Juli 2024. Artinya, tanggal 15 Juli 2024 anak-anak sudah harus bersekolah seperti biasa.
Ilustrasi. Nonton Film. Libur Sekolah di Rumah Aja? Gak Usah Bingung, Lakukan Ide Kegiatan Ini! (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi01 Juli 2024, 10:32 WIB

Laki-laki Ini Tewas Tergantung di Ciracap Sukabumi, Ditemukan Sang Kakak

Sekitar lima atau enam bulan lalu korban pulang ke alamat asal.
Evakuasi jenazah S (49 tahun) yang ditemukan tewas tergantung di Kampung Karyatani RT 06/02 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Senin (1/7/2024). | Foto: Istimewa
Life01 Juli 2024, 10:30 WIB

Kunci Hubungan Harmonis & Langgeng, Ini 8 Tips Membuat Pasangan Bahagia

Membangun dan menjaga hubungan yang bahagia membutuhkan komitmen, usaha, dan kesadaran dari kedua belah pihak.
Ilustrasi. pasangan yang bahagia merupakan kunci untuk hubungan yang harmonis dan langgeng. (Sumber : Pexels/AndreFurtado)
Life01 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Sikap Ini Bisa Bikin Pasangan Meninggalkanmu, Hindari Jika Tidak Ingin Menyesal!

Ada banyak faktor yang membuat pasangan meninggalkanmu, salah satunya adalah sikap dan perilaku individu.
Ilustrasi - Ada banyak faktor yang membuat pasangan meninggalkanmu, salah satunya adalah sikap dan perilaku individu.  (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Cek Fakta01 Juli 2024, 09:51 WIB

Kabar Hoaks! Ketua Umum PSSI Erick Thohir Usir Shin Tae-yong

Tidak ada pernyataan yang menyebut Erick Thohir mengusir Shin Tae-yong.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. | Foto: PSSI
Life01 Juli 2024, 09:45 WIB

6 Ciri-ciri Workaholic Si Ambil yang Gila Kerja, Kamu Termasuk?

Workaholic mengacu pada seseorang yang memiliki kecanduan bekerja, di mana pekerjaan menjadi prioritas utama dalam hidup mereka hingga mengesampingkan aspek-aspek lain seperti kesehatan, keluarga, dan kehidupan sosial.
Ilustrasi Ciri Workaholic Si Ambil yang Gila Kerja (Sumber : pixabay.com/@veve12)
Sehat01 Juli 2024, 09:30 WIB

PD! Ini 7 Cara Mencegah Perut Buncit Agar Tampil Lebih Percaya Diri

Simak Cara Mencegah Perut Buncit Agar Tampil Lebih Percaya Diri (PD) berikut dan lakukan hingga menjadi kebiasaan sehat!
Ilustrasi. Cara Mengecilkan Perut (Sumber : Pexels/KarolinaKaboompics)